Orang-Orang Dekat Jokowi di Bursa Pilkada 2024 - DEMOCRAZY News
POLITIK

Orang-Orang Dekat Jokowi di Bursa Pilkada 2024

DEMOCRAZY.ID
Mei 13, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Orang-Orang Dekat Jokowi di Bursa Pilkada 2024

Orang-Orang Dekat Jokowi di Bursa Pilkada 2024


DEMOCRAZY.ID - Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 yang akan digelar pada November mendatang mulai menghangat. 


Beberapa nama yang dekat dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun masuk dalam bursa Pilkada di beberapa daerah.


Sebut saja nama Bobby Nasution yang akan bertarung di Pilkada Sumatera Utara. Bobby yang semula merupakan kader PDI Perjuangan kini sudah berlabuh di Partai Golkar.


Ia mengincar kursi Gubernur Sumatera Utara lewat partai beringin. Namun pencalonan Bobby tak mulus di sini. 


Ia mendapat tentangan dari kalangan internal Partai Golkar yang berencana mengusung mantan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah sebagai calon gubernur.


Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyebut Bobby dan Musa alias Ijeck mendapat surat penugasan yang sama yaitu berlaga di Pilkada Sumatera Utara.


"Sumut tentu kemarin Mas Bobby hadir (di acara pengarahan kepala daerah kader Partai Golkar). Tentu sudah diberikan surat penugasan dan juga disana juga diberikan surat kepada Wakil Gubernur sekaligus Ketua DPD Sumut yaitu saudara Musa Rajekshah," ujar Airlangga di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Ahad, 7 April 2024.


Sebelumnya, Bobby mengaku dirinya sudah mendapat lampu hijau dari Partai Golkar. “Insya Allah (maju Pilkada Sumatera Utara)," kata dia.


Di tengah bursa persaingan Bobby dan Ijeck, Presiden Jokowi pada awal April 2024 lalu melakukan kunjungan ke Medan selama lima hari.


Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin, dalam keterangan video pada Kamis mengatakan anak cucu bahkan mantu Jokowi mungkin tidak bisa berkunjung karena kesibukan masing-masing. 


Ngabalin menegaskan, lawatan Jokowi dan Iriana ke Medan tidak ada kaitannya dengan pencalonan Bobby sebagai Calon Gubernur Sumatera Utara. 


“Ini baru ada di dua syawal. Jadi lihat situasi dengan sejuk, tenang. Ini bentuk rasa rindu eyang ke anak, cucu,” kata Ngabalin.


Namun pengamat politik Universitas Al Azhar Jakarta Ujang Komarudin menilai lawatan Jokowi ke Medan itu bukan lawatan biasa. 


Sebab, itu dilakukan di tengah persaingan menantu Jokowi, Bobby Nasution dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Sumatera Utara Partai Golkar, Musa Rajekshah alias Ijeck, untuk maju sebagai calon Gubernur Sumut di Pilkada 2024.


“Bagaimanapun kalau Bobby ingin maju, harus kondusif semua,” kata Ujang saat dihubungi Tempo pada Jumat, 12 April 2024. 


Ujang menjelaskan sebagai Presiden, Jokowi masih bisa memanggil Ijeck untuk meminta supaya maju bersama dengan Bobby di Pilgub Sumut. 


Kemungkinan Ijeck memenangkan Bobby bukan sesuatu yang mustahil. Sebab, apabila ingin menang, kata pengamat, internal Golkar di Sumatera Utara harus bersatu. 


Tak hanya Bobby Nasution, orang dekat Jokowi lain yang dikabarkan bakal ikut maju di Pilkada 2024 adalah Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi. Nama Luthfi diakui masuk dalam radar Partai Golkar untuk maju menjadi Jawa Tengah-1.


Sekretaris DPD I Golkar Jateng Juliyatmono membenarkan hal tersebut. Menurut mantan Bupati Karanganyar itu Golkar membuka lebar peluang bagi para tokoh di luar partai yang ingin maju dalam Pilkada Jateng 2024.


"Semua masih kita inventarisasi, kandidat-kandiat yang memungkinkan untuk menang, termasuk nama Pak Kapolda (Ahmad Luthfi). Kan semua ingin menang," ujar Juliyatmono kepada wartawan di Kota Solo, Senin, 6 Mei 2024. 


Dalam laporan Majalah Tempo, mengapungnya nama Lutfhi ditengarai melibatkan Presiden Jokowi. Kepada sejumlah orang dekatnya, Luthfi mengaku mendapat instruksi dari Jokowi untuk bersiap jadi calon gubernur.


Berdasarkan laporan Majalah Tempo, para narasumber yang mendengar informasi tersebut dari Luthfi mengatakan, pembicaraan itu berlangsung di Solo pada sekitar Maret 2024 atau sebelum Lebaran.


Saat itu Jokowi bertanya kepada Luthfi apakah tertarik memimpin Jawa Tengah. Presiden lantas meminta Luthfi membuka komunikasi dengan tokoh-tokoh politik untuk mendapat tiket dalam Pilkada 2024.


Namun Jokowi menyiratkan langkah Luthfi menjadi bakal calon gubernur Jawa Tengah itu tak ada kaitan dengan dia.


"Itu keinginan-keinginan pribadi tolong ditanyakan kepada partai atau kepada yg bersangkutan. Dikit-dikit urusan pilkada tanyakan ke saya, gimana?" kata Jokowi ditemui di Pasar Baru Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Rabu, 8 Mei 2024.


Adapun nama lain yang juga akan maju di Pilkada dari lingkaran Jokowi adalah Ketua Tim Asisten Pribadi Iriana, Sendi Fardiansyah.


Ia mengatakan sudah mempersiapkan diri sejak dua tahun lalu untuk maju di Pemilihan Wali Kota Bogor.


Sendi saat ini tengah menggalang dukungan partai politik di daerah Bogor sebelum pendaftaran pilkada serentak 2024 dibuka pada Agustus.


Sendi menceritakan awal mula rencana maju sebagai bakal calon wali kota didorong oleh paguyuban yang ia dirikan bernama Kawani Bogor. Kemudian, ia mengklaim sudah turun di 300 titik selama satu setengah tahun terakhir.


“Saya lahir dan besar di Bogor, sekolah di Bogor. Kota ini masih banyak tantangan,” kata Sendi ditemui di Bogor pada Kamis, 9 Mei 2024.


Interaksi dengan partai politik yang membuka pendaftaran kandidat eksternal terus dilakukan oleh Sendi dalam dua bulan ke belakang. 


Komisaris PT. Jas Organik Indonesia ini sudah mengambil formulir pendaftaran dari Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrat, Partai NasDem, hingga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).


Dari sekian parpol, Sendi menyatakan punya komunikasi yang bagus dengan Partai Gerindra. Alumni Sekolah Tinggi Sandi Negara Ini mengatakan sudah bertemu langsung dengan pengurus partai cabang di Bogor hingga Provinsi Jawa Barat. 


Ia pun mengatakan sudah menyampaikan keinginannya untuk maju dalam kontes pemilihan wali kota atau Pilwalkot Bogor kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.


“Pak Prabowo cuma bilang ‘nanti bawa hasil survei’,” kata Sendi mengingat respons Ketua Umum Gerindra pada pertemuan Agustus 2023.


Sumber: Tempo

Penulis blog