Militer Israel Terkaget-Kaget dengan Metode Baru Serangan Hizbullah - DEMOCRAZY News
GLOBAL

Militer Israel Terkaget-Kaget dengan Metode Baru Serangan Hizbullah

DEMOCRAZY.ID
Mei 19, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
Militer Israel Terkaget-Kaget dengan Metode Baru Serangan Hizbullah

Militer Israel Terkaget-Kaget dengan Metode Baru Serangan Hizbullah


DEMOCRAZY.ID - Berbagai media Israel melaporkan kemampuan baru militer Hizbullah, menyusul serangkaian serangan tingkat atas yang menargetkan sistem pengawasan dan radar Israel yang sangat berharga. 


Militan ini memperkenalkan metode serangan baru yang membuat militer Israel terkaget-kaget. 


Situs berita Ynet mengatakan bahwa perwira Israel yang bertugas di front utara telah mengeluarkan peringatan mengenai fakta bahwa Hizbullah dapat melancarkan serangan terhadap tentara Israel di dekat perbatasan Palestina-Lebanon 30 detik setelah menemukan mereka. 


Kemampuan tersebut telah dipamerkan dalam beberapa video yang diterbitkan unit Media Militer kelompok tersebut, di mana Hizbullah menggunakan drone bunuh diri, peluru kendali anti-tank, atau berbagai jenis senjata artileri untuk menargetkan kelompok Israel dan tentara individu. 


Selain itu, koresponden militer untuk Radio Angkatan Darat Israel mengatakan bahwa Hizbullah telah melakukan sejumlah serangan berkualitas tinggi terhadap sasaran yang lebih jauh, dengan menggunakan senjata militer yang lebih canggih. Kemampuan luar biasa Hizbullah terlihat dalam serangan udara pertamanya.


Pada hari Kamis (16/5/2024), Hizbullah melancarkan serangan udara melalui drone Ababil-T yang dipersenjatai dua roket S-5 era Soviet terhadap sekelompok tentara Israel di Metulla. 


Aksi Hizbullah tersebut menandai serangan udara pertama yang diluncurkan terhadap posisi Israel oleh entitas Lebanon dan serangan Arab pertama terhadap posisi Israel sejak 1973. 


Mengutip Al Mayadeen, koresponden Radio Angkatan Darat Israel mengatakan bahwa Hizbullah menjadikan peluncuran puluhan roket dan rudal ke pangkalan militer Kontrol Lalu Lintas Udara Meron, salah satu situs militer strategis pendudukan, yang digunakan untuk mengoordinasikan operasi ofensif dan melacak serta mengidentifikasi ancaman udara. 


Koresponden radio itu menunjuk pada serangan yang dilakukan melalui beberapa drone bunuh diri yang menargetkan kamp akomodasi perwira dan tentara Israel di Ga'aton. 


Sementara koresponden saluran Israel Channel 14 mengatakan bahwa serangan pesawat tak berawak menempatkan ratusan ribu warga Israel di tempat perlindungan dan bunker setelah sirene berbunyi di Ben Ami, Gesher HaZiv, Evron, Nahariya, Sa'ar, Shlomi, Metzuba, Betzet, Kawasan Industri Achziv Miluot, Liman, Rosh HaNikra, Avdon, Neveh Ziv, Manot, Ga'aton, Yechiam, Cabri, dan Ein Yacov selama 14 menit. 


Channel 14 juga melaporkan bahwa para pejabat Israel selalu memperkirakan bahwa Hizbullah memiliki kemampuan luar biasa yang akan mengejutkan semua orang.


Penyiar itu juga mengatakan bahwa serangan Hizbullah terhadap fasilitas Tel Shamayim yang sangat sensitif mencengangkan para petugas keamanan Israel, Komando Militer Utara, dan para pemimpin politik Israel. 


Lokasi tersebut, yang terletak 35 km dari perbatasan, diserang oleh dua drone bunuh diri, yang lolos dari sistem pertahanan anti-udara yang kompleks dan berlapis sebelum mengenai sasarannya.


Perlu dicatat bahwa Sky Dew High Availability Aerostat System (HAAS) yang dimaksud memiliki peralatan pengawasan berteknologi tinggi, sistem deteksi dini, dan radar AESA. 


Hizbullah perlahan-lahan membongkar sistem pengawasan dan radar Israel di seluruh wilayah pendudukan, dengan menargetkan spyware yang dipasang di lokasi garis depan, menyerang Pangkalan Kontrol Lalu Lintas Udara Meron, melakukan operasi serangan radar, menjatuhkan balon pengintai, dan meruntuhkan Sky Dew HAAS.


Metode Baru Serangan Hizbullah


The Independent yang berbasis di Inggris mencatat Hizbullah telah menyesuaikan serangannya dalam beberapa pekan terakhir, dan berhasil mengurangi jumlah pejuang yang hilang dalam konfrontasi. 


Pada saat yang sama, Hizbullah telah memperkenalkan metode baru dalam serangannya, mempertahankan hasil operasi yang tinggi, termasuk serangan yang kompleks dan gabungan. 


Situs berita Israel, Intelli Times, mengatakan bahwa "Hizbullah berhasil memanfaatkan drone bunuh diri dan senjata presisi yang dipandu televisi," sementara pasukan Israel tidak memiliki kemampuan untuk mencegatnya. 


Menurut situs tersebut, kejadian ini mencengangkan dan menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan peperangan elektronik Hizbullah dan kemungkinan penggunaan sistem navigasi satelit Rusia. 


Media tersebut menyebut operasi seperti itu mengkhawatirkan dan menekankan bahwa Hizbullah akan melakukan apa saja untuk melumpuhkan sebanyak mungkin sistem Israel.  


“[Israel] menembakkan 5 rudal Iron Dome ke 3 drone [dan mungkin lebih] dan hanya menembak jatuh satu. Apa yang kita lakukan ketika 100 atau 200 drone tiba?”


Intelli Times mengklaim bahwa Hizbullah tidak meluncurkan drone-nya untuk menyerang Israel tetapi untuk mensurvei dan memindai kesiapan sistem anti-udara Israel dan mencari titik-titik buta. 


"Inilah yang perlu diketahui masyarakat. Ini mungkin merupakan gambaran yang menakutkan tetapi akan menjadi kenyataan," tambah situs tersebut.


Para Pemukim Gagal Atasi Operasi Hizbullah


Sementara itu, Ketua Dewan Pemukiman Merom HaGalil, Amit Sofer, mengatakan dalam sebuah wawancara untuk Channel 12, "Kami berdiri di sini di hadapan warga dan orang-orang yang tidak tahu sejauh mana mereka bisa tetap kuat dan tabah," katanya. 


Sofer mencatat bahwa setiap pembunuhan Israel terhadap seorang perwira Hizbullah telah menyebabkan serangan besar-besaran terhadap Meron. “Setelah setiap respons, kita mengalami ketegangan yang tiada akhir, dan kita harus menghentikannya sepenuhnya dan pasti,” tambahnya. 


Sofer meminta pihak berwenang Israel untuk mengupayakan penyelesaian atas konfrontasi tersebut, dengan mengatakan bahwa keterlibatan yang sedang berlangsung merupakan ancaman ekonomi yang meningkat dari bulan ke bulan. 


Muak dengan keadaan saat ini, Sofer meminta militer Israel untuk menunjukkan kepada [Hizbullah] bahwa pemilik rumah sudah gila. 


“Situasi di sini pada akhirnya tidak tertahankan. Orang-orang di sini semakin hari semakin terpuruk,” tegas Sofer. 


Roket Jihad Mughniyeh


Pekan lalu, Hizbullah di Lebanon mengumumkan bahwa mereka telah menargetkan beberapa situs pendudukan Israel di sepanjang perbatasan dengan Palestina yang diduduki. 


Mereka mengumumkan penggunaan roket berat baru untuk pertama kalinya sebagai bagian dari operasinya yang diberi nama "Jihad Mughniyeh", sebagai penghormatan kepada syahid Jihad Mughniyeh, putra pemimpin syahid terkenal Imad Mughniyeh.


Mereka menargetkan peralatan pengintaian di lokasi al-Malikiyah dengan peluru kendali anti-tank. Koresponden Al Mayadeen di Lebanon Selatan melaporkan terjadi tembakan langsung dari Lebanon menuju lokasi sasaran.


Dalam sebuah pernyataan, Perlawanan Islam mengumumkan bahwa para pejuangnya menargetkan sebuah pertemuan militer Israel di dekat lokasi Zebdine di Peternakan Shebaa Lebanon yang diduduki dengan beberapa roket ‘Jihad Mughniyeh’, dan menghasilkan serangan langsung.


Mereka juga menargetkan sebuah kendaraan militer yang membawa peralatan pengawasan, serta peralatan teknis lainnya di barak Hounin (Ramim) dengan menggunakan peluru kendali, yang memastikan hancurnya kendaraan dan peralatan tersebut.


Sumber: Inilah

Penulis blog