Media Asing Sorot Wawancara Prabowo di Al-Jazeera, Ada Apa? - DEMOCRAZY News
GLOBAL POLITIK

Media Asing Sorot Wawancara Prabowo di Al-Jazeera, Ada Apa?

DEMOCRAZY.ID
Mei 13, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
POLITIK
Media Asing Sorot Wawancara Prabowo di Al-Jazeera, Ada Apa?

Media Asing Sorot Wawancara Prabowo di Al-Jazeera, Ada Apa?


DEMOCRAZY.ID - Kebijakan Prabowo Subianto, presiden RI terpilih periode 2024-2029 jadi sorotan media asing. Kali ini terkait wawancaranya bersama media Al Jazeera.


Dua media US News dan Straits Times menuliskan artikel yang merujuk pada wawancara tersebut. 


US News dalam artikel berjudul Indonesia's Prabowo Reiterates 'Asian Way' to Defuse Tension, Al Jazeera Says.


Sementara Straits Times menayangkannya dalam artikel berjudul Indonesia's Prabowo reiterates 'Asian Way' to defuse regional tension.


Keduanya menyoroti langkah yang diambil Prabowo terkait kebijakan luar negeri saat dirinya memimpin nanti. Misalnya tidak akan menyelesaikan masalah dengan campur tangan negara lain.


Dia menjelaskan pertanyaan soal pengertian Asian Way yang dirujuknya. Prabowo kepada Al Jazeera soal cara Indonesia menyelesaikan banyak permasalahan tanpa pihak lain di Asia Tenggara.


Menurutnya, Asia Tenggara telah melalui banyak hal mulai dari perang, penjajahan, dan campur tangan dalam politik luar negeri. 


"Kami menyelesaikannya tanpa campur tangan asing, kami berbicara, bertemu," imbuh Prabowo, dikutip US News, Minggu (12/5/2024).


Bukan hanya itu, Prabowo juga memastikan menggandeng semua negara dan tidak akan berpihak. 


Termasuk memastikan terbuka pada China dan Amerika Serikat (AS) yang tengah dalam persaingan sengit.


"Kami mengundang AS, Jepang, Korea dan Eropa. Fakta kami bertemu dengan Anda tidak berarti kami tidak bisa berteman dengan China, India, Rusia," katanya.


Straits News juga mengutip bantahan Prabowo soal adanya kemunduran demokrasi. Menurut Prabowo, peralihan pemerintah terjadi secara damai selama bertahun-tahun.


Meski begitu, Indonesia tetap masih ada masalah yang perlu diatasi. Misalnya aksi korupsi yang masih terjadi hingga sekarang. 


Media itu juga mengutip pernyataan Prabowo soal pada Papua. Menurutnya kepentingan nasional bisa memandu pendekatan di wilayah tersebut.


Sumber: CNBC

Penulis blog