Inilah Ciri-Ciri 3 DPO Pembunuh Vina Cirebon: Mulai dari Rambut, Warna Kulit hingga Tempat Tinggalnya - DEMOCRAZY News
HUKUM KRIMINAL

Inilah Ciri-Ciri 3 DPO Pembunuh Vina Cirebon: Mulai dari Rambut, Warna Kulit hingga Tempat Tinggalnya

DEMOCRAZY.ID
Mei 15, 2024
0 Komentar
Beranda
HUKUM
KRIMINAL
Inilah Ciri-Ciri 3 DPO Pembunuh Vina Cirebon: Mulai dari Rambut, Warna Kulit hingga Tempat Tinggalnya

Inilah Ciri-Ciri 3 DPO Pembunuh Vina Cirebon: Mulai dari Rambut, Warna Kulit hingga Tempat Tinggalnya


DEMOCRAZY.ID - Tiga orang tersangka pembunuhan Vina Cirebon pada 2016 silam, masih belum juga tertangkap. Ketiganya telah masuk daftar pencarian orang (DPO).


"Bagi masyarakat yang mengetahui, informasikan kepada kami, agar bisa diproses dan mengungkap kasus ini seterang-terangnya," ungkap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast, Rabu (15/5).


Berikut ciri-ciri ketiga DPO sebagai berikut: 


1. Pegi alias Perong


Usia: 30 Tahun

Jenis Kelamin: Laki-laki

Perawakan : Tinggi 160 CM, Berbadan Kecil, Rambut Keriting, dan Kulit Hitam

Tempat Tinggal Terakhir: Desa Banjarwangun Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon


2. Andi


Usia: 31 Tahun

Jenis Kelamin: Laki-laki

Perawakan: Tinggi 165 CM, Berbadan Kecil, Rambut Lurus, Kulit Hitam

Tempat Tinggal Terakhir: Desa Banjarwangun Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon


3. Dani


Usia: 28 Tahun

Jenis Kelamin: Laki-laki

Perawakan: Tinggi 170 CM, Badan Sedang, Rambut Keriting, Kulit Sawo Matang

Tempat Tinggal Terakhir: Desa Banjarwangun Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon


Jules meminta setiap pihak yang mengetahui informasi dan keberadaan pelaku dapat langsung melapor ke pihak kepolisian.


"Bagi masyarakat yang mengetahui keberadaan ketiga pelaku, diharapkan untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat," katanya.


Kronologi Kasus Vina Cirebon 2016


Ditreskrimum Polda Jabar terus melakukan penyelidikan dan perburuan terhadap tiga pelaku pembunuhan dan pemerkosaan Vina Dewi Arsita di Cirebon pada tahun 2016.


Polisi berjanji akan melakukan segala upaya untuk menangkap tiga buron, dan menghukumnya dengan hukuman setimpal perbuatan kejinya.


Kasus Vina Cirebon kembali menjadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul "Vina: Sebelum 7 Hari, A True Story Revealed by Vina's Spirit".


Dikutip dari Tribun Toraja, kasus terjadi pada Sabtu 27 Agustus 2016 dini hari silam.


Vina dan kekasihnya Muhammad Risky Rudiana alias Eki, tewas akibat dikeroyok anggota geng motor di Jalan Perjuangan depan SMP 11 Kali Tanjung Cirebon.


Sebelum dihabisi secara brutal dan keji, Vina Cirebon diperkosa oleh para pelaku yang berjumlah 11 orang.


Jasad korban Vina Cirebon, warga Kampung Samadikun, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon dan kekasihnya Eki, ditemukan pada Minggu 28 Agustus 2016 pagi.


Kasus pembunuhan dan pemerkosaan ini ditangani oleh Polres Cirebon Kota.


Setelah melakukan serangkaian penyelidikan intensif, polisi berhasil menangkap 8 dari 11 pelaku. Kedelapan pelaku pun sudah diadili dan dijatuhi hukuman.


Mereka antara lain, Jaya, Supriyanto, Eka Sandi, Hadi Saputra, Eko Ramadhani, Sudirman, Rivaldi Aditya Wardana, dan Saka Tatal.


Sedangkan tiga pelaku yang hingga kini masih buron, yaitu, Andi, Dani dan Pegi alias Perong. Sampai saat ini ketiga pelaku masih bebas berkeliaran.


Kasus pembunuhan ini kembali mencuat setelah beredar rekaman suara Vina yang merasuki sahabatnya, Linda dan menceritakan kronologi pembunuhannya. Vina saat itu berusia 16 tahun. Ia hendak menikah dengan Eky.


Sebelum itu, Vina Cirebon pernah menolak cinta Egi yang tak lain sahabat Eky. Vina Cirebon dikabarkan meludahi Egi hingga membuat Egi kesal.


Vina Cirebon pun dikabarkan diperkosa oleh genk motor Egi dan dibunuh di depan Eky. Kaki VinaCirebon dilindas. Setelah itu, Eky juga dibunuh.


"Salah satunya ada yang suka Vina, temen Eky, namanya Egi. Terus Vina ngeludahin. Dia dendam sama Vina. Terakhir Vina jalan-jalan dari Taman Sumber, terus ada yang ngehajar Eky dari belakang. Motornya jatuh, terus Vina pingsan. Bangun-bangun mata Vina ditutup terus Vina lagi diperkosa,” kata rekaman viral diduga arwah Vina tersebut, yang dilansir dari akun TikTok @adityaseptyan, pada Selasa (14/5/2024).


"Tangannya dipukul pakai balok, balok gede. Dipukul, tangan Vina patah. Bukan diseret pake motor. Dipukul tangan Vina. Kakinya dilindas. Pertamanya tuh maunya perkosa aja, tapi karena takut ketahuan jadi kita dibunuh," tutupnya.


Sumber: CNN

Penulis blog