Geger Serangan JI, Singapura Imbau Warganya Hati-Hati di Malaysia - DEMOCRAZY News
AGAMA GLOBAL

Geger Serangan JI, Singapura Imbau Warganya Hati-Hati di Malaysia

DEMOCRAZY.ID
Mei 18, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
GLOBAL
Geger Serangan JI, Singapura Imbau Warganya Hati-Hati di Malaysia

Geger Serangan JI, Singapura Imbau Warganya Hati-Hati di Malaysia


DEMOCRAZY.ID - Pemerintah Singapura telah mengeluarkan imbauan bagi warganya yang bepergian ke Malaysia untuk berhati-hati dan waspada. 


Imbauan ini disampaikan serangan mematikan di sebuah kantor polisi di Malaysia, yang pelakunya diduga terkait anggota kelompok Jemaah Islamiyah (JI).


Dalam pernyataan persnya, Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) mengimbau warganya untuk waspada dan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memastikan keselamatan pribadi mereka.


"Warga Singapura yang bepergian ke Malaysia harus melakukan eRegister ke MFA melalui situs web kami sehingga kami dapat menghubungi dan membantu Anda dalam keadaan darurat," demikian pernyataan MFA seperti diberitakan Malay Mail, Sabtu (18/5/2024).


"Kami juga mengimbau semua warga Singapura yang bepergian ke luar negeri untuk membeli asuransi kesehatan dan perjalanan yang komprehensif," katanya.


Pernyataan itu menambahkan bahwa Singapura mengutuk keras serangan yang dilakukan oleh anggota JI di Malaysia pada Jumat (17/5) dini hari waktu setempat.


Serangan di kantor polisi Ulu Tiram, Johor tersebut menyebabkan kematian dua polisi dan menyebabkan seorang polisi lainnya terluka parah.


Sebelumnya, Kepala Kepolisian Malaysia, Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Razarudin Husain mengatakan keamanan operasional di semua fasilitas kepolisian di seluruh negeri akan ditingkatkan menyusul serangan yang dilakukan oleh seorang pria berusia 34 tahun, yang menewaskan dua polisi dan melukai 1 polisi lainnya.


Dua polisi muda, Ahmad Azza Fahmi Azhar dan Muhamad Syafiq Ahmad Said, tewas dibunuh penyerang yang bersenjatakan parang. Polisi ketiga yang bertugas, terluka parah setelah dia berhasil menembak mati penyerang.


Razarudin mengatakan polisi telah menangkap tujuh orang, termasuk lima anggota keluarga tersangka, berusia 19 hingga 62 tahun. 


Penyelidikan awal mengungkapkan bahwa ayah tersangka adalah anggota sel JI di Ulu Tiram.


Polisi saat ini sedang mengejar 20 anggota sel JI yang tersisa di Johor. Penyerangan tersebut sedang diselidiki berdasarkan Pasal 302 KUHP tentang pembunuhan.


Kelompok teror JI, yang memiliki hubungan dengan kelompok teror al-Qaeda, diyakini terkait dengan pemboman Bali tahun 2002 di Indonesia.


Sumber: Detik

Penulis blog