Erdogan Kecam Netanyahu: Genosida Gaza Bikin Iri Hitler! - DEMOCRAZY News
GLOBAL

Erdogan Kecam Netanyahu: Genosida Gaza Bikin Iri Hitler!

DEMOCRAZY.ID
Mei 13, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
Erdogan Kecam Netanyahu: Genosida Gaza Bikin Iri Hitler!

Erdogan Kecam Netanyahu: Genosida Gaza Bikin Iri Hitler!


DEMOCRAZY.ID - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan metode genosida yang dilakukan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Gaza telah mencapai titik di mana hal itu akan membuat Adolf Hitler iri. 


Hal ini disampaikan Erdogan dalam sebuah wawancara kepada surat kabar Kathimerini Yunani pada Minggu waktu setempat.


"Netanyahu telah mencapai tingkat yang membuat Hitler iri dengan metode genosidanya. Kita berbicara tentang Israel; yang menyasar ambulans, menyerang titik distribusi makanan, dan menembaki konvoi bantuan," kata Erdogan, seperti dikutip Anadolu Agency (AA), Senin (13/4/2024).


"Apakah mungkin untuk melihat apa yang telah dilakukan Israel terhadap rakyat Gaza selama berbulan-bulan dan melihat sahnya Israel untuk membom rumah sakit, membunuh anak-anak, menindas warga sipil, dan membuat orang-orang yang tidak bersalah kelaparan, kehausan, dan kekurangan obat-obatan dalam berbagai bentuk. alasan? Apa yang dilakukan Hitler di masa lalu? Dia menindas dan membunuh orang-orang di kamp konsentrasi," jelas Erdogan.


Erdogan menyebut Gaza sudah berubah menjadi penjara terbuka tidak hanya setelah 7 Oktober. Tapi, tegasnya, ini telah berlaku bertahun-tahun sebelumnya.


"Bukankah orang-orang di sana dikurung dalam sumber daya yang terbatas selama bertahun-tahun, hampir seperti kamp konsentrasi? Siapa yang bertanggung jawab atas pembunuhan massal paling brutal dan sistematis di Gaza setelah 7 Oktober?" tandasnya.


Erdogan mengatakan hak dan kebebasan masyarakat Gaza. Terutama hak untuk hidup yang telah dilanggar.


"Kami membela hak-hak mereka. Kami membela perdamaian. Israel, sebaliknya, terus melanggar resolusi PBB, hukum internasional, dan hak asasi manusia secara sembrono," ujarnya.


"Perlawanan Palestina tidak akan diperlukan jika terdapat negara Palestina yang berdaulat, merdeka, dan terintegrasi secara geografis, sesuai dengan perbatasan tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya," katanya.


"Hamas juga telah menyatakan bahwa jika ini terjadi, mereka akan membubarkan sayap bersenjatanya dan melanjutkan partai politiknya. Solusi berdasarkan dua negara adalah cara yang efektif untuk menjamin perdamaian abadi dan berkelanjutan," lanjut Erdogan.


Ia menambahkan bahwa kelompok Palestina menyetujui perjanjian gencatan senjata. 


Namun Israel "tidak menginginkan" gencatan senjata karena ingin "menduduki wilayah seluruh wilayah Gaza.


Israel telah membunuh hampir 35.000 warga Palestina sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023 yang merenggut 1.200 nyawa. 


Serangan gencar tersebut telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza, selain menyebabkan kelaparan dan penyakit yang meluas di wilayah kantong yang diblokade tersebut sejak tahun 2007.


Mahkamah Internasional pada Januari menyatakan "masuk akal" bahwa Israel melakukan tindakan yang melanggar Konvensi Genosida 1948. 


Dalam perintah sementara, disebutkan bahwa Israel harus memastikan bahwa pasukannya tidak melakukan tindakan apa pun yang dilarang oleh konvensi tersebut. Kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan ini sedang berlangsung di Den Haag.


Sementara Hamas pekan ini menyetujui usulan mediator Qatar dan Mesir untuk menghentikan perang yang telah berlangsung selama tujuh bulan. 


Namun Israel menolaknya dan melancarkan operasi di Rafah, tempat 1,4 juta warga Palestina mengungsi.


Sumber: CNBC

Penulis blog