5 Negara Tujuan Pengungsi Palestina Terbesar - DEMOCRAZY News
GLOBAL

5 Negara Tujuan Pengungsi Palestina Terbesar

DEMOCRAZY.ID
Mei 31, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
5 Negara Tujuan Pengungsi Palestina Terbesar

5 Negara Tujuan Pengungsi Palestina Terbesar


DEMOCRAZY.ID - Banyak warga Palestina yang terpaksa meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke wilayah atau negara yang lebih aman sejak perang Israel-Hamas dimulai pada 7 Oktober di Jalur Gaza. 


Jumlah warga Palestina yang tewas akibat perang tersebut sudah lebih dari 30.000 orang.


Namun, pengungsian seakan sudah menjadi hal biasa bagi warga Palestina, mengingat fenomena Nakba atau bencana pada 1948. 


Saat itu, warga Palestina harus meninggalkan rumah mereka dalam migrasi paksa akibat perang Arab-Israel di tahun tersebut.


Melansir U.S. News & World Report, Jumat (31/5/2024), saat ini terdapat sekitar 6 juta pengungsi Palestina yang tersebar di tiga negara, Tepi Barat dan Jalur Gaza yang terkepung.


Para pengungsi Palestina ini banyak dilayani oleh United Nations Relief and Works Agency (UNRWA) sejak terjadinya pengungsian secara paksa tahun 1948. 


Adapun UNRWA mendefinisikan pengungsi Palestina sebagai orang-orang ‘yang tempat tinggal normalnya di Palestina selama periode 1 Juni 1946 dan 15 Mei 1948, dan yang kehilangan rumah dan mata pencaharian akibat dari konflik tahun 1948.


Pastinya karena tingginya aktivitas migrasi paksa para pengungsi Palestina, ada beberapa negara tetangga yang terdampak. Berikut 5 negara tujuan pengungsi Palestina yang paling banyak.


1. Turki


Melansir Balkan Insight, terdapat 18.113 warga Palestina yang terdaftar sebagai migran gelap di Turki pada 2023. 


Pada awal Januari 2024, sebanyak 515 warga Palestina yang terdaftar sebagai migran gelap. Nasib pengungsi Palestina di Turki tidak terlalu terjamin. Mengutip Middle East Monitor, pengungsi Palestina di Turki merupakan tanggung jawab UNRWA. 


Namun UNRWA tidak dapat membantu para pengungsi di Turki karena berada di luar wilayah operasi yang telah ditentukan, yaitu di wilayah Palestina yang diduduki (Tepi Barat dan Jalur Gaza).


2. Lebanon


Melansir U.S. News & World Report, sebanyak 490.687 pengungsi Palestina yang terdaftar di Lebanon.


3. Suriah


Di urutan ketiga ada Suriah yang menampung sebanyak 584.140 pengungsi Palestina.


4. Tepi Barat


Tepi Barat menduduki peringkat kedua sebagai negara yang paling banyak menerima pengungsi Palestina. 


Berdasarkan data UNRWA tahun 2023, pengungsi Palestina yang terdaftar di Tepi Barat sebanyak 904.756 orang.


5. Yordania


Yordania merupakan negara di Timur Tengah yang paling banyak menampung pengungsi Palestina. 


Jumlah pengungsi Palestina yang terdaftar di Yordania yaitu sebanyak 2.379.681 orang – menjadikan Yordania sebagai rumah bagi sebagian besar pengungsi Palestina.


Sumber: Okezone

Penulis blog