POLITIK

Tak Disangka! Hasto Ungkap Peluang PDIP Koalisi dengan Partai Pendukung Prabowo Gibran

DEMOCRAZY.ID
April 02, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Tak Disangka! Hasto Ungkap Peluang PDIP Koalisi dengan Partai Pendukung Prabowo Gibran

Tak Disangka! Hasto Ungkap Peluang PDIP Koalisi dengan Partai Pendukung Prabowo Gibran


DEMOCRAZY.ID - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap partainya membuka peluang koalisi dengan partai pengusung Prabowo Gibran di Pilkada 2024.


Pasalnya, syarat parpol atau gabungan parpol untuk bisa mengusung paslon kepala daerah, yaitu harus mempunyai minimal 20 persen dari jumlah kursi DPRD.


Dia menjelaskan dinamika politik di tingkat nasional dan di tingkat provinsi, kabupaten/kota itu berbeda. Oleh karena itu, koalisi Pilpres 2024 tak akan berpengaruh kepada koalisi Pilkada.


“Sehingga kerja sama memang dimungkinkan dengan Gerindra, Golkar, PPP, Perindo, Hanura, karena jangan lupa PPP, Perindo, Hanura banyak kursi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” beber Hasto di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).


Menurut Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga sudah memberikan arahan terkait Pilkada. 


Dia menyebut konsolidasi Pilkada baru akan dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri 2024 atau lebaran.


“Bahkan kita sudah menyusun jadwal-jadwal agenda-agenda strategis terkait dengan pilkada. Dalam waktu dekat setelah lebaran, nanti akan langsung dilakukan konsolidasi,” tuturnya.


Hasto menambahkan perolehan suara PDIP di Pileg 2024, baik tingkat pusat maupun tingkat kabupaten/kota mengalami peningkatan dibanding Pileg 2019.


“Ini menjadi modal politik yang sangat baik. Bahkan calon kepala daerah yang berasal dari internal PDI Perjuangan yang incumbent, setidaknya ada 171 yang siap untuk running (maju) kembali,” jelas dia.


Sebelumnya, Hasto juga membenarkan kabar bahwa PDIP Jawa Timur (Jatim) membahas Pilkada 2024 dengan mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Adapun Khofifah merupakan pendukung Prabowo Gibran pada Pilpres 2024.


Dia menyebut partainya terus melakukan komunikasi politik dengan berbagai pihak untuk menghasilkan calon kepala daerah terbaik.


“Karena beda ruang lingkupnya antara Pilpres dengan Pilkada, sehingga komunikasi-komunikasi politik memang dilakukan untuk menghasilkan calon-calon pemimpin yang terbaik, termasuk di Jatim, berkomunikasi dengan Mbak Khofifah. Apapun beliau, seorang (mantan) gubernur Jatim,” jelas Hasti di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).


Dia mengatakan partainya juga melakukan pemataan secara menyeluruh di setiap daerah di Indonesia untuk Pilkada 2024.


Sumber: TvOne

Penulis blog