Panas! 3 Jenderalnya Dibunuh Israel, Iran Bersumpah Balas Dendam - DEMOCRAZY News
GLOBAL

Panas! 3 Jenderalnya Dibunuh Israel, Iran Bersumpah Balas Dendam

DEMOCRAZY.ID
April 02, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
Panas! 3 Jenderalnya Dibunuh Israel, Iran Bersumpah Balas Dendam

Panas! 3 Jenderalnya Dibunuh Israel, Iran Bersumpah Balas Dendam


DEMOCRAZY.ID - Iran bersumpah akan membalas dendam setelah serangan Israel menghancurkan konsulat Iran di Damaskus, Suriah, menewaskan sedikitnya 11 orang, termasuk seorang komandan senior pasukan al-Quds dari Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC).


Para pemimpin Iran di Teheran menggambarkan penargetan misi diplomatik pada Senin (1/4/2024) malam sebagai hal yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menjanjikan tanggapan yang keras.


Iran mengatakan bahwa beberapa diplomat lama tewas bersama Brigjen Mohammad Reza Zahedi dan wakil Zahedi, Jenderal Haji Rahimi. 


Dilaporkan juga bahwa Brigjen Hossein Amirollah, kepala staf umum pasukan al-Quds di Suriah dan Lebanon, termasuk di antara korban.


Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan 11 orang tewas dalam serangan itu.


Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian mengatakan pihaknya menganggap agresi ini telah melanggar semua norma diplomatik dan perjanjian internasional.


"Benjamin Netanyahu benar-benar kehilangan keseimbangan mental karena kegagalan berturut-turut di Gaza dan kegagalannya mencapai tujuan Zionisnya," katanya, dilansir The Guardian.


Duta Besar Iran untuk Suriah, Hossein Akbari, mengatakan tanggapan Iran terhadap serangan tersebut akan "sama besarnya dan kerasnya."


Dia mengatakan konsulat di ibu kota Suriah telah terkena enam rudal yang diluncurkan oleh jet F-35. Mayat masih diidentifikasi di reruntuhan.


Akbari, yang pernah bekerja di kedutaan terdekat, bersumpah Iran akan terus mendukung warga Palestina di Gaza, dan tidak takut terhadap pemerintah Israel. 


Namun serangan tersebut merupakan sebuah ujian bagi Iran, yang akan merasa perlu untuk memberikan tanggapan, namun tetap berusaha untuk tidak menyeret dirinya ke dalam konflik terbuka dengan Israel.


Video yang disiarkan di TV pemerintah Iran menunjukkan asap mengepul dari puing-puing sebuah bangunan yang telah rata seluruhnya.


Sebuah bendera Iran digantung di tiang di depan puing-puing. Mobil-mobil di dekatnya rusak akibat batu yang berjatuhan.


Israel telah melancarkan serangan berturut-turut terhadap para pemimpin militer Iran dan Suriah di Lebanon dan Suriah sejak sebelum konflik terbaru di Gaza, namun ini adalah salah satu serangan yang paling berani.


Bunuh Sosok Penting

Serangan Senin sore itu menyingkirkan tokoh penting dalam hierarki militer Iran. Zahedi memimpin unit-unit pasukan al-Quds - sayap paramiliter dan intelijen asing rahasia Garda Revolusi - di Lebanon dan Suriah dan merupakan tokoh penting dalam hubungan Teheran dengan Hizbullah dan presiden Suriah, Bashar al-Assad.


Zahedi akan menjadi jantung pasokan rudal buatan Iran ke Hizbullah, dan telah dikenakan sanksi oleh AS sejak tahun 2010.


Sebelumnya, ia pernah menjadi panglima angkatan udara dan darat Iran, serta berperan dalam menumpas protes di Iran pada tahun 2019.


Menteri Luar Negeri Suriah, Faisal Mekdad, mengunjungi lokasi serangan dan bersumpah bahwa pasukan Israel tidak akan dapat merusak hubungan antara Iran dan Suriah.


Serangan tersebut menyusul peningkatan kekerasan antara Israel dan Hizbullah di perbatasan Israel-Lebanon sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, serta serangkaian serangan kekerasan yang dilakukan oleh milisi yang didukung Iran terhadap posisi AS dan Israel di Irak.


Jumat lalu, serangan Israel di Suriah menewaskan 53 orang, termasuk 38 tentara dan tujuh anggota Hizbullah, menurut laporan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. 


Jumlah tersebut merupakan jumlah tertinggi korban tentara Suriah dalam serangan Israel sejak perang Israel-Hamas dimulai pada bulan Oktober, kata pemantau tersebut.


Beberapa orang melihat serangan itu sebagai respons terhadap pesawat tak berawak, yang tampaknya diluncurkan dari Irak, yang menghantam sebuah bangunan di pangkalan angkatan laut di kota Eilat, paling selatan Israel, pada Senin pagi. Namun Zahedi sudah lama masuk dalam daftar pembunuhan Israel.


Israel pada umumnya tidak mengomentari serangan pembunuhan yang dilakukannya, namun media Iran tidak berusaha menyembunyikan hilangnya tokoh senior tersebut.


Tahun lalu, Israel membunuh Sayed Reza Musawi, kepala logistik IGRC di Levant.


Sikap AS

AS mengatakan pihaknya mengetahui laporan serangan terhadap misi diplomatik Iran tetapi tidak memberikan komentar. 


PBB mengatakan mereka sangat prihatin dengan laporan tersebut namun akan memberikan komentar lengkapnya nanti.


Ali Vaez, penasihat senior di International Crisis Group, mengatakan di Suriah, Israel telah melakukan banyak serangan, dengan fokus terutama pada transfer senjata.


"Penargetan langsung terhadap personel IRGC memang terjadi, namun ini lebih merupakan pengecualian daripada aturan. Serangan hari ini sangat penting bagi korban tewas dan lokasinya."


Signifikansi jangka panjang dari insiden ini mungkin terletak pada Iran yang menganggap serangan udara tersebut sebagai serangan terhadap wilayah Iran, yang berarti peningkatan eskalasi.


Teheran kemungkinan akan memantau dengan cermat respons AS dan tanda-tanda apa pun yang disetujui Presiden Joe Biden atas serangan tersebut - atau apakah ia hanya diberi tahu kapan serangan itu dimulai. 


AS telah mengklasifikasikan pasukan al-Quds sebagai kekuatan teroris, namun para diplomat AS telah bekerja keras untuk menghindari perang Gaza meningkat menjadi konflik yang lebih luas langsung antara Iran dan Israel.


Sumber: CNBC

Penulis blog