Jokowi Dikabarkan Akan 'Reshuffle' Kabinet Transisi yang Dilanjutkan Langsung Prabowo - DEMOCRAZY News
POLITIK

Jokowi Dikabarkan Akan 'Reshuffle' Kabinet Transisi yang Dilanjutkan Langsung Prabowo

DEMOCRAZY.ID
April 03, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Jokowi Dikabarkan Akan 'Reshuffle' Kabinet Transisi yang Dilanjutkan Langsung Prabowo

Jokowi Dikabarkan Akan 'Reshuffle' Kabinet Transisi yang Dilanjutkan Langsung Prabowo


DEMOCRAZY.ID - Jurnalis senior Hersubeno Arief mengungkapkan kabar yang beredar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan me-reshuffle kabinet transisi yang dilanjutkan langsung Presiden terpilih Prabowo Subianto saat resmi menjabat.


Sehingga kontrol kabinet Prabowo Subianto akan tetap di tangan Jokowi tanpa harus cawe-cawe dalam pembentukan, dan menurut Hersubeno, rumor tersebut cukup masuk akal dengan Partai NasDem yang ingin kembali ditarik ke dalam pemerintah.


"Kabarnya dalam rangka menyiapkan tadi tetap di bawah kontrol kabinet itu kontrolnya Pak Jokowi itu, bukan berarti Pak Jokowi yang kemudian ikut cawe-cawe membentuk kabinet, tapi Pak Jokowi mungkin akan reshuffle kabinet transisi," ungkapnya, dikutip dari YouTube Rocky Gerung Official, Rabu (3/4).


"Jadi nanti mereka-mereka ini betul-betul kabinet transisi ini nanti akan dilanjutkan langsung oleh Prabowo, kabarnya seperti itu, dan itu kan saya kira cukup masuk akal rumor ini karena kan sekarang misalnya NasDem juga mau ditarik kembali kan, tinggal nambah nambah Demokrat saja di situ," imbuhnya.


Sementara sebelumnya, Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dradjad Wibowo mengatakan Jokowi akan dilibatkan dalam mementukan arah kebijakan pemerintahan selanjutnya, selain ikut berperan pada penyusunan kabinet.


Signifikannya peran Jokowi dalam pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang menurut Drajad disebabkan karena faktor popularitas.


"Jadi dengan peranan yang sebegitu besar, apalagi Mas Gibran juga menjadi Wapresnya, saya rasa wajar kalau Beliau mempunyai peranan yang signifikan nanti di dalam pembentukan pemerintahan maupun kebijakan yang akan datang," ujar Dradjad dalam Kompas Petang, dikutip dari Kompas TV.


Selain itu, ia menyebut peran Jokowi tidak hanya sebatas sampai masa transisi pemerintahan baru saja, karena Prabowo-Gibran mengusung keberlanjutan dari pemerintahan sebelumnya.


"Saya rasa tidak ya (sampai di masa transisi), seperti yang saya sampaikan, kita melanjutkan pondasi dari capaian Pak Jokowi. Kemudian kami juga akan melanjutkan IKN, melanjutkan hilirisasi, dan sebagainya," ujar Dradjad.


Sumber: Populis

Penulis blog