HUKUM

DPR Ucap Ada Mafia Besar di Balik Kasus Korupsi Timah, Sebut Nama Ini!

DEMOCRAZY.ID
April 01, 2024
0 Komentar
Beranda
HUKUM
DPR Ucap Ada Mafia Besar di Balik Kasus Korupsi Timah, Sebut Nama Ini!

DPR Ucap Ada Mafia Besar di Balik Kasus Korupsi Timah, Sebut Nama Ini!


DEMOCRAZY.ID - Komisi VI DPR buka suara perihal kasus korupsi yang sedang heboh yakni korupsi tata niaga timah di PT Timah Tbk (TINS). Disebut-sebut bahwa di balik kasus korupsi tersebut ada 'mafia besar'.


Anggota Komisi VI Mufti Aimah Nurul Anam menegaskan bahwa skandal tambang timah yang melibatkan suami artis Sandra Dewi yakni Harvey Moeis ternyata ada seorang mafia besar di belakangnya.


"Ada seorang mafia besar yaitu kami dapat infonya itu Robert Bono Sosatyo," terang Mufti dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Investasi / Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Senin (1/4/2024).


Mufti juga menegaskan bahwa nilai kerugian negara Rp271 triliun merupakan nilai yang sangat besar dan tidak sedikit


"Maka kami tanya di sini jujur suasana batin kami terganggu ke mana kementerian Investasi kok tidak ada tanggung jawab publik, kok tidak ada jajaran di bawah pak menteri untuk turut menyelesaikan persoalan ini," ungkap dia.


Oleh karena itu, ia meminta semua usaha yang terafiliasi dengan Harvey Moeis dan Helena Lim serta RBS ini ditelusuri sampai benar-benar tuntas. 


"Pak menteri kenal dia mafia tambang besar di negara kita. Kami minta semua tambang terkait dengan mereka dicabut atau dihentikan sampai urusan ini benar-benar tuntas," tandas dia.


Direktur Penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi menyatakan bahwa sebagai tindak lanjut dari serangkaian pemerikaan para tersangka, pada hari ini Senin (1/4/2024) Kejagung memerikan saudara RBS selaku saksi.


"Kita harapkan keterangan-keterangan itu akan membuat terang peristiwa pidana yang sedang terjadi dalam tindak pidana tata kelola timah di IUP wilayah PT Timah," ungkap Kuntadi.


Terkuak! Ini Dia Pemilik Tambang Timah RBT yang Menyeret Harvey Moeis


Kejaksaan Agung (Kejagung) RI setidaknya sudah merilis 16 nama tersangka kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk (TINS) pada tahun 2015-2022.


Dari 16 nama tersangka itu, setidaknya terdapat satu nama yang membuat heboh. Yakni Harvey Moeis yang merupakan suami dari artis Sandra Dewi.


Dalam catatan Kejagung, Harvey Moeis sebagai perwakilan dari PT Refined Bangka Tin (RBT). 


Di mana, rentang waktu 2018-2019 Harvey Moeis menghubungi Mochtar Riza Pahlevi Tabrani yang pada saat itu sebagai Direktur Utama PT Timah. Riza saat ini telah ditetapkan menjadi tersangka lebih dahulu oleh Kejagung.


Dalam uraian Kejagung, Harvey Moeis meminta Riza mengakomodasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah. 


Setelah beberapa kali pertemuan, disepakati kerja sewa-menyewa peralatan processing peleburan timah di wilayah IUP PT Timah Tbk.


Lalu milik siapa PT RBT itu? Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia dalam MODI Kementerian ESDM, bahwa pemilik atau pemegang saham PT RBT 75%-nya dipegang oleh Suparta. 


Kemudian 17%-nya dipegang oleh Surianto dan 10%-nya lagi milik Frans Muller.


Suparta sebagai pemegang saham tertinggi juga menjadi Direktur Utama (Dirut) di PT RBT tersebut. 


Adapun Suparta juga masuk ke dalam daftar 16 orang yang sudah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus korupsi tata niaga timah di PT Timah itu.


Dalam catatan, MODI Kementerian ESDM, tambang milik PT RBT seluas 150 hektare (Ha) dengan tahap kegiatan IUP Operasi Produksi. 


Adapun tambang milik PT RBT ini mempunyai izin IUP OP hingga Agustus tahun 2031 di Kabupaten Bangka.


Sumber: CNBC

Penulis blog