POLITIK

PAN Yakin Prabowo-Gibran Akan Bentuk Kabinet Zake, Apa Itu?

DEMOCRAZY.ID
Maret 29, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
PAN Yakin Prabowo-Gibran Akan Bentuk Kabinet Zake, Apa Itu?

PAN Yakin Prabowo-Gibran Akan Bentuk Kabinet Zake, Apa Itu?


DEMOCRAZY.ID - Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi meyakini capres dan cawapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming akan membentuk kabinet Zaken di bawah pemerintahannya.


Viva mengatakan partainya tak mau ikut campur soal kabinet yang akan dibentuk Prabowo. Menurut Viva, pembentukan kabinet sepenuhnya merupakan hak prerogatif presiden.


"Kami ikut saja apa yang menjadi kebutuhan dari presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Karena PAN yakin Pak Prabowo Mas Gibran akan membangun Zaken kabinet," kata Viva di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/3).


Zaken kabinet adalah formasi pejabat eksekutif pemerintah yang terdiri dari orang-orang ahli di bidangnya masing-masing. 


Bukan sekadar titipan partai atau kelompok tertentu yang tak miliki keahlian di lembaga yang mereka pimpin.


Viva menyebut saat ini belum ada pembahasan serius soal penyusunan kabinet. 


Menurut dia, semua partai koalisi masih fokus mengawal proses gugatan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).


"Kalau kemudian setelah hasil sidang MK, sudah selesai, dan dinyatakan Pak Prabowo terpilih menjadi presiden, terpilih dari wapres, nanti pasti ada komunikasi lebih intensif lagi soal posisi, soal komposisi," kata Viva.


Namun, Viva menilai pembentukan Zaken kabinet di bawah pemerintahan Prabowo-Gibran bukan sesuatu yang tidak mungkin, meski banyak unsur partai dan relawan yang selama pilpres lalu banyak yang terlibat.


Menurut dia, Prabowo sejak awal juga terbuka kepada kubu lawan yang ingin masuk dalam koalisi pemerintah. Viva berpendapat koalisi besar penting untuk menjaga stabilitas pemerintahan ke depan.


"Karena gini PAN senang apabila ada parpol yang pendukung 01 atau 03, yang kalah bergabung di partai pemerintah," kata Viva.


Sementara, Viva tak menjawab tegas saat ditanya apakah partainya telah menyiapkan nama yang akan diusulkan kepada Prabowo. 


Namun, nama Ketua Umum mereka, Zulkifli Hasan termasuk potensial karena memiliki kedekatan khusus dengan Prabowo.


"Bang Zulkifli Hasan Ketua PAN itu adalah soulmate-nya Pak Prabowo, dekat sama Pak Prabowo," kata Viva.


Sebelumnya, Prabowo memberikan kode bahwa PAN akan mendapat kursi menteri lebih dari satu ketika hadir dalam buka puasa bersama di DPP PAN beberapa hari lalu.


"Jadi nanti Pak Zulkifli Hasan dan Pak Hatta akan mungkin kaget, dalam menyusun atau mengajukan mungkin yang diminta x, mungkin yang dikasih bisa-bisa lebih dari x," kata Prabowo dalam pidatonya.


Di sisi lain, Gibran mengaku sudah membicarakan kabinet saat bertemu Prabowo di Jakarta pada Jumat, 22 Maret silam. 


Namun, dia belum mau bicara banyak tentang komposisi kabinet yang dibahas bersama Prabowo.


Begitupun saat ditanya soal partai di luar Koalisi Indonesia Maju yang akan bergabung dalam pemerintahan. Dia hanya menjawab singkat.


"Pembicaraan banyak. (Soal kabinet) Ya salah satunya itu," kata Gibran di Solo, Senin (25/3).


Sumber: CNN

Penulis blog