DAERAH

Hanya di IKN, Tiang Listrik di Sini Dapat Berdialog dengan Warga, Begini Caranya!

DEMOCRAZY.ID
Maret 25, 2024
0 Komentar
Beranda
DAERAH
Hanya di IKN, Tiang Listrik di Sini Dapat Berdialog dengan Warga, Begini Caranya!

Hanya di IKN, Tiang Listrik di Sini Dapat Berdialog dengan Warga, Begini Caranya!


DEMOCRAZY.ID - Indonesia telah mencapai tonggak sejarah dengan menyelesaikan proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan, menggantikan status DKI Jakarta yang telah menjadi ibu kota selama puluhan tahun.


Perpindahan ini menandai awal dari era baru bagi IKN, yang diharapkan memiliki fasilitas publik yang lebih maju dan canggih daripada sebelumnya.


Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan uji coba fasilitas baru yang berteknologi tinggi di IKN.


Salah satu fasilitas unik yang ditawarkan adalah kemungkinan berdialog dengan tiang listrik yang tersebar di sekitar ibu kota baru tersebut.


"Berbagai tiang listrik ini tidak hanya sebagai penunjang energi, tetapi juga akan menjadi sumber informasi bagi masyarakat. Misalnya, jika seseorang bertanya kepada tiang listrik, 'Bagaimana cara menuju ke kafe?', maka tiang listrik akan memberikan petunjuk secara langsung," ujar Bambang dalam rapat bersama Komisi II DPR RI pada 18 Maret 2024.


Tidak hanya itu, Bambang juga mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mengembangkan fitur transportasi canggih di IKN, termasuk kendaraan tanpa awak dan bahkan mobil terbang, mirip dengan yang sering kita lihat dalam film fantasi.


"Kami sedang menyesuaikan teknologi ini dengan kondisi lapangan. Kami tengah menguji kendaraan umum tanpa awak dan mobil terbang. Semua ini merupakan langkah untuk menciptakan masa depan yang canggih dan efisien," jelas Bambang.


Dengan semangat menuju Indonesia Emas 2045, Bambang berharap bahwa teknologi transportasi canggih ini akan menjadi kenyataan sepenuhnya.


"Mobil terbang dan kendaraan tanpa supir bukanlah mimpi belaka. Saya yakin bahwa pada tahun 2045, ini akan menjadi hal yang biasa kita temui di IKN," tutupnya.


Dengan upaya yang terus menerus untuk meningkatkan infrastruktur dan fasilitas publik yang inovatif, Ibu Kota Negara Nusantara semakin menegaskan posisinya sebagai pusat kemajuan dan teknologi di Indonesia.



Sumber: AyoBandung

Penulis blog