POLITIK

Diundang Xi Jinping, Prabowo Akan ke China 31 Maret - 2 April, Bahas Apa?

DEMOCRAZY.ID
Maret 30, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Diundang Xi Jinping, Prabowo Akan ke China 31 Maret - 2 April, Bahas Apa?

Diundang Xi Jinping, Prabowo Akan ke China 31 Maret - 2 April, Bahas Apa?


DEMOCRAZY.ID - Pemerintah China mengumumkan, presiden terpilih Indonesia sekaligus Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto akan melakukan kunjungan ke negeri Tirai Bambu tersebut pada 31 Maret-2 April 2024. 


Kunjungan Prabowo dilakukan atas undangan Presiden China Xi Jinping.


Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China, Lin Jian mengatakan, Presiden Xi Jinping dan Prabowo akan mengadakan pembicaraan khusus. 


"Prabowo juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang. Mereka akan bertukar pandangan mengenai hubungan bilateral dan isu-isu yang menjadi kepentingan bersama," katanya di Beijing, Jumat (29/3/2024).


Lin Jian menjelaskan, China dan Indonesia adalah dua negara berkembang yang penting. 


"Kami berbagi persahabatan tradisional yang mendalam dan kerja sama yang erat dan kuat," katanya.


Siaran pers itu menyebutkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Presiden Xi dan Presiden Joko Widodo, hubungan bilateral kedua negara telah mempertahankan momentum pertumbuhan yang kuat. 


Pun China dan RI memasuki tahap baru dalam membangun komunitas demi masa depan bersama.


Menurut Lin Jian, kedatangan Prabowo ke China akan menjadi kunjungan luar negeri pertamanya sebagai presiden terpilih. 


Dia menyebut, hal itu menunjukkan kuatnya hubungan China dan Indonesia.


"Kunjungan tersebut merupakan peluang besar untuk terus meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama strategis yang komprehensif, dan menyinergikan strategi pembangunan dengan lebih baik guna memberikan contoh yang baik tentang negara-negara berkembang yang merangkul masa depan bersama," katanya.


Terungkap Isi Surat Resmi Xi Jinping ke Prabowo, Beri Selamat dan....


Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto setelah ditetapkan ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang dalam pemilihan presiden (Pilpres) yang digelar 14 Februari 2024 lalu.


Ucapan selamat dari Xi disampaikan melalui surat resmi yang diantar langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang saat menemui Prabowo di Kementerian Pertahanan pada Kamis (21/3/2024).


"Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia," kata Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu.


Xi mengatakan China dan Indonesia adalah negara tetangga yang memiliki upaya bersama untuk mempercepat perkembangan hubungan bilateral, dengan prinsip saling percaya dan menguntungkan.


"Hubungan China dan Indonesia sangat penting. Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar," ujar Xi.


"Saya berharap dapat bertemu dengan Anda secepatnya," lanjutnya.


Xi pun mendoakan agar pada pemerintahan Prabowo nantinya Indonesia dapat senantiasa makmur dan berbahagia. 


"Semoga negaramu menikmati kemakmuran dan rakyatnya berbahagia," tutup Xi.


Kemenangan Prabowo telah direspon para kepala negara, termasuk Xi. Jika digabungkan antara ketika perhitungan belum final dan sesudah keputusan resmi KPU, total presiden, perdana menteri (PM) dan raja yang memberi selamat sudah mencapai 26 orang pemimpin.


Berikut isi lengkapnya:



Sumber: Kumparan

Penulis blog