GLOBAL PERISTIWA

Apa Itu ISIS-K, Kelompok yang Membantai 143 Orang di Gedung Konser Balai Kota Crocus Moskow?

DEMOCRAZY.ID
Maret 25, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
PERISTIWA
Apa Itu ISIS-K, Kelompok yang Membantai 143 Orang di Gedung Konser Balai Kota Crocus Moskow?

Apa itu ISIS-K, Kelompok yang Membantai 143 Orang di Gedung Konser Balai Kota Crocus Moskow?


DEMOCRAZY.ID - Amerika Serikat memiliki informasi intelijen yang mengonfirmasi, klaim ISIS bertanggung jawab atas serangan pembantaian yang mematikan di sebuah Konser Balai Kota Crocus Moskow, pada Jumat, 22 Maret 2024, kata seorang pejabat AS kepada Reuters.


Berikut informasi mengenai cabang ISIS di Afghanistan yang dikenal dengan nama ISIS-K, dan motif mereka menyerang Rusia.


Apa itu ISIS-K?


Negara Islam Khorasan (ISIS-K), yang namanya diambil dari istilah lama untuk wilayah yang mencakup sebagian Iran, Turkmenistan, dan Afghanistan, muncul di Afghanistan timur pada akhir tahun 2014 dan dengan cepat mendapatkan reputasi atas kebrutalan ekstremnya.


Salah satu afiliasi regional paling aktif dari kelompok militan ISIS, ISIS-K, mengalami penurunan keanggotaannya sejak mencapai puncaknya sekitar tahun 2018. Pasukan Taliban dan AS menimbulkan kerugian besar.


Namun Amerika Serikat melihat kelompok ini sebagai ancaman yang berkelanjutan. Jenderal Michael Kurilla, komandan Komando Pusat AS, mengatakan kepada Kongres pada Maret lalu bahwa ISIS-K dengan cepat mengembangkan kemampuan untuk melakukan “operasi eksternal” di Eropa dan Asia. 


Dia meramalkan bahwa mereka akan mampu menyerang kepentingan AS dan Barat di luar Afghanistan “dalam waktu enam bulan dan tanpa peringatan.”


Serangan di AS sendiri lebih kecil kemungkinannya, katanya.


Amerika Serikat mengatakan kemampuannya untuk mengembangkan intelijen terhadap kelompok ekstremis di Afghanistan seperti ISIS-K telah berkurang sejak penarikan pasukan AS dari negara tersebut pada tahun 2021. 


Militer AS mengatakan mereka dapat melihat “kontur luas” dari sebuah negara. serangan yang akan datang, tetapi tidak memiliki detail spesifik seperti sebelumnya.


Serangan Apa yang Dilakukan 


ISIS-K memiliki sejarah serangan, termasuk terhadap masjid, di dalam dan di luar Afghanistan.


Awal tahun ini, AS menyadap komunikasi yang mengonfirmasi bahwa kelompok tersebut melakukan dua pemboman di Iran yang menewaskan hampir 100 orang.


Pada September 2022, militan ISIS-K mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri yang mematikan di kedutaan Rusia di Kabul.


Kelompok ini juga bertanggung jawab atas serangan terhadap bandara internasional Kabul pada tahun 2021 yang menewaskan 13 tentara AS dan sejumlah warga sipil selama evakuasi AS yang kacau dari negara tersebut.


Menurut laporan PBB pada bulan Januari, upaya Taliban untuk mengalahkan kelompok tersebut telah menyebabkan penurunan jumlah serangan di Afghanistan. Namun pengeboman belum berhenti.


Pada hari Kamis, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di depan sebuah bank di kota Kandahar, Afghanistan, yang menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai 12 lainnya, kata polisi setempat.


Mengapa Mereka Menyerang Rusia


Meskipun serangan ISIS-K di Rusia pada hari Jumat merupakan peningkatan yang dramatis, para ahli mengatakan kelompok tersebut telah menentang Presiden Rusia Vladimir Putin dalam beberapa tahun terakhir.


“ISIS-K telah terpaku pada Rusia selama dua tahun terakhir, sering kali mengkritik Putin dalam propagandanya,” kata Colin Clarke dari Soufan Center, sebuah kelompok penelitian yang berbasis di New York.


Michael Kugelman dari Wilson Center yang berbasis di Washington mengatakan ISIS-K “melihat Rusia terlibat dalam kegiatan yang sering menindas umat Islam.”


Dia menambahkan bahwa kelompok tersebut juga termasuk sejumlah militan Asia Tengah yang memiliki keluhan mereka sendiri terhadap Moskow.


Sumber: Disway

Penulis blog