Elektabilitas Ganjar Terbawah di 3 dari 4 Survei, Anies dan Prabowo Potensi Besar ke Putaran 2 - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Elektabilitas Ganjar Terbawah di 3 dari 4 Survei, Anies dan Prabowo Potensi Besar ke Putaran 2

Elektabilitas Ganjar Terbawah di 3 dari 4 Survei, Anies dan Prabowo Potensi Besar ke Putaran 2

Elektabilitas Ganjar Terbawah di 3 dari 4 Survei, Anies dan Prabowo Potensi Besar ke Putaran 2


DEMOCRAZY.ID - Berikut 4 hasil survei terbaru Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada Pemilihan Presiden 2024. Dalam hasil terbaru Capres Ganjar Pranowo berada di urutan terbawah di 3 dari 4 lembaga survei.


Sementara posisi pertama selalu ditempati oleh Capres Prabowo Subianto. Namun menariknya, dari 4 hanya satu survei yang menyatakan jika Pilpres 2024 satu putaran.


Jika dalam hasil survei itu benar terjadi maka Capres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan berpeluang besar masuk ke putaran kedua.


Elektabilitas capres jelang pencoblosan


Berdasarkan beberapa survei, paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tercatat masih unggul.


Sementara itu, pasangan nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tampak bersaing ketat dengan paslon nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.


Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah survei elektabilitas capres-cawapres yang dirilis sebelum maupun pascadebat terakhir Pilpres 2024:


1. Hasil Survei Populi Center


Lembaga survei Populi Center menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran menjadi yang paling tinggi dengan angka 52,5 persen.


SementaraAnies Baswedan -Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, masing-masing berada di posisi kedua dengan perolehan 22,1 persen serta 16,9 persen.


"Adapun yang belum memutuskan sebesar 6,3 persen, dan menolak menjawab sebesar 2,2 persen," tulis Populi dalam keterangannya, dikutip dari Kompas.com, Rabu (7/2/2024).


Survei nasional Populi digelar pada 27 Januari-3 Februari 2024 dengan 1.500 responden dari 38 provinsi berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT).


Metode penentuan responden dilakukan acak bertingkat, melalui wawancara secara tatap muka.


Dengan margin of error di angka kurang lebih 2,53 persen, survei Berikut elektabilitas capres-cawapres menurut Populi Center:


Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 52,5 persen

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 22,1 persen

Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 16,9 persen.


2.  Hasil survei Poltracking di Jatim


Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait dukungan tiga capres dan cawapres di Jawa Timur (Jatim).


Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi menyebutkan, dukungan pada paslon nomor urut 02, Prabowo-Gibran unggul sebesar 60,9 persen.


Ganjar-Mahfud menduduki peringkat kedua dengan perolehan 16,3 persen, sedangkan pasangan Anies-Muhaimin Iskandar di posisi ketiga sebesar 15,3 persen.


Poltracking menunjukkan, sebagian pemilih di Jawa Timur yang merasa dekat dengan organisasi seperti Nahdlatul Ulama (NU) condong memilih pasangan Prabowo-Gibran.


"Sisanya tersebar, baik ke Anies-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud. Meskipun secara basis identitasnya Muhaimin maupun Mahfud sama-sama secara eksplisit berada dari kelompok Nahdlatul Ulama," kata Arya, dilansir dari Kompas.com, Selasa (6/2/2024).


Survei Poltracking Indonesia diambil dalam kurun waktu 25-31 Januari 2024 menggunakan metode stratified multistage random sampling.


Dengan margin of error lebih kurang 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, berikut elektabilitas capres-cawapres di Jawa Timur menurut Poltracking:


Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 60,9 persen

Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 16,3 persen

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 15,3 persen.


Sebelumnya, Poltracking sempat menggelar survei secara nasional melalui wawancara tatap muka pada 1-7 Januari 2024.


Survei tersebut mengambil sampel 1.220 responden dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Berikut elektabilitas capres-cawapres secara nasional menurut Poltracking:


Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 46,7 persen

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 26,9 persen

Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 20,6 persen.


3. Hasil survei Charta Politika


Survei Charta Politika memperlihatkan elektabilitas atau tingkat keterpilihan pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran berada di posisi teratas, dengan angka 42,2 persen.


Dikutip dari Kompas.com, Senin (22/1/2024), survei nasional yang berlangsung pada 4-11 Januari 2024 ini menempatkan Ganjar-Mahfud di urutan kedua dengan elektabilitas sebesar 28 persen.


Sementara itu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berada di urutan terakhir dengan angka 26,7 persen.


Survei ini digelar dengan metode multistage random sampling terhadap 1.220 responden di seluruh Indonesia.


Dengan margin of error di angka 2,82 persen, berikut elektabilitas capres-cawapres menurut Charta Politika:


Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 42,2 persen

Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 28 persen

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 26,7 persen.


4. Hasil survei LSI


Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan, elektabilitas paslon Prabowo-Gibran unggul dibandingkan dua pasangan lainnya.


Tingkat elektoral Prabowo-Gibran pada Januari mencapai 47,0 persen, tercatat naik sekitar 1 persen daripada survei periode sebelumnya pada Desember 2023.


Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (20/1/2024), urutan kedua ada pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin, mengekor dengan elektabilitas 23,2 persen.


Sementara di urutan ketiga, ada pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, yang elektabilitasnya sebesar 21,7 persen.


Melibatkan 1.206 responden yang dipilih secara acak melalui metode double sampling, jajak pendapat dilakukan melalui telepon pada 10-11 Januari 2024.


Dengan metode tersebut, margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.


Berikut elektabilitas capres-cawapres menurut LSI:


Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 47,0 persen

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 23,2 persen

Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 21,7 persen.


Sumber: Tribun

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: