Survei Terbaru Asing Siapa Pemenang Pilpres RI, Anies-Prabowo-Ganjar? - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Survei Terbaru Asing Siapa Pemenang Pilpres RI, Anies-Prabowo-Ganjar?

Survei Terbaru Asing Siapa Pemenang Pilpres RI, Anies-Prabowo-Ganjar?

Survei Terbaru Asing Siapa Pemenang Pilpres RI, Anies-Prabowo-Ganjar?


DEMOCRAZY.ID - Dinamika yang mewarnai pemilihan presiden (pilpres) 14 Februari mendatang terus menjadi sorotan dunia. 


Bahkan, lembaga survei asing pun ikut meramaikan dengan mengadakan penelitian terkait siapa figur calon presiden (capres) dengan angka keterpilihan paling tinggi.


Lembaga survei asal Australia, Roy Morgan, misalnya, telah merilis penelitian terakhir mereka pada Jumat. 


Survei yang diadakan pada Januari 2024 itu mengungkap calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, masih berada di posisi teratas.


Dalam laporannya dikutip Senin (12/2/2024), Prabowo berada di posisi 46%. Naik ke posisi kedua adalah Anies Baswedan.


Anies disebut mendapat dukungan 31%, di mana saat ini ia kini difavoritkan untuk maju ke putaran kedua jika Prabowo gagal mencapai mayoritas 50% plus satu. 


Di sisi lain, peluang calon PDI-P, Ganjar Pranowo, berada di posisi terbawah dengan perolehan 23%.


Direktur Roy Morgan Indonesia, Ira Soekirman, mengatakan Prabowo hampir mengamankan kursi kepresidenan pada putaran pertama pemilu minggu depan.


Ini terlihat dari tren dukungannya yang naik, di mana angka bulan Januari menunjukan kenaikan 3% bila dibandingkan dengan Desember.


"Lonjakan suara yang diraih Prabowo selama beberapa bulan terakhir berarti ia sudah semakin dekat untuk meraih kemenangan pada putaran pertama," paparnya dilihat di website lembaga tersebut.


Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa keputusan Prabowo untuk memilih putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, sebagai pasangan wakil presidennya pada akhir bulan Oktober adalah keputusan tepat. Ia mendapat lonjakan dukungan yang signifikan.


"Lonjakan dukungan terhadap Prabowo telah menunjukkan keunggulan partai-partai dalam 'Koalisi Indonesia Maju' yang terdiri dari delapan partai dengan posisi 48% dan mendekati mayoritas. Koalisi ini dipimpin oleh Partai Gerindra yang mengusung Prabowo dan diikuti oleh Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Garuda dan Gelora," tambahnya.


Sementara itu, dari pemilihan anggota parlemen, Roy Morgan menemukan bahwa Partai Gerindra berada dalam bayang-bayang kemenangan dengan 28% suara. 


Partai yang diketuai Prabowo itu unggul dari penguasa saat ini, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, yang diramal akan mendapatkan 22% kursi parlemen dalam pemilu mendatang.


"Di peringkat ketiga ada PKS dengan 14%, disusul NasDem dengan 8%, Partai Demokrat dengan 7%, dan Golkar 6%," tambah riset itu.


"Partai lain yang menarik 5% atau kurang antara lain PKB sebesar 5%, Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 4%, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebesar 3%, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 1%, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan 1%, dan sejumlah partai kecil lainnya dengan dukungan kurang dari 0,5%," jelasnya.


Sumber: CNBC

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: