Selain Dirty Vote, Ini 5 Film Dokumenter Karya Dandhy Laksono Yang Tak Kalah Viral - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Selain Dirty Vote, Ini 5 Film Dokumenter Karya Dandhy Laksono Yang Tak Kalah Viral

Selain Dirty Vote, Ini 5 Film Dokumenter Karya Dandhy Laksono Yang Tak Kalah Viral

Selain Dirty Vote, Ini 5 Film Dokumenter Karya Dandhy Laksono Yang Tak Kalah Viral


DEMOCRAZY.ID - Film dokumenter berjudul 'Dirty Vote' belakangan menjadi perbincangan publik. Film garapan Dandhy Laksono itu menampilkan tiga ahli yang membahas soal dugaan kecurangan Pemilu 2024. 


Diketahui Dandhy Dwi Laksono sebelumnya memang sering membuat dan mengunggah film-film dokumenter. Jurnalis senior itu membuat film tentang berbagai permasalaan di Indonesia. 


Selain Dirty Vote, berikut deretan film garapan Dandhy Laksono. 


1. Samin VS Semen (2015)


Film Samin VS Semen dinggah pada tanggal 4 Maret 2015 melalui akun YouTube @WatchdocImage. 


Film tersebut merupakan bagian dari Ekspedisi Indonesia Biru selama perjalanan di Pulau Jawa pada Januari-Februari tahun 2015.


Dokumenter produksi Whatchdoc itu menceritakan masyarakat Samin yang Pegunungan karst Kendeng, Jawa Tengah dengan sebutan Sedulur Sikep atau orang Samin.


Film ini menyoroti perjuangan suku Samin melawan PT. Semen Indonesia yang mendirikan pabrik semen di kawasan pegunungan Kendeng. 


2. Sexy Killers (2019)


Sexy Killer menjadi salah satu film yang menghebohkan publik kala itu. Film dokumenger tersebut pertama rilis pada 13 April 2019 di kanal YouTube @WatchdocImage.


Film dokumenter tersebut masih bagian dari Ekspedisi Indonesia Biru selama perjalanan pada Oktober 2015, di Borneo, Kalimantan. Bercerita tentang kehidupan tambang batu bara serta oknum-oknum oligarki yang terlibat. 


Film tersebut juga menampilkan imbas industri tambang batu bara pada perkampungan kecil di sekitarnya, salah satunya kurang akses air bersih.


3. Pulau Plastik (2021)


Film Pulau Plastik menjadi salah satu film dokumenter garapan Dandhy Laksono yang tayang di Netflix pada tahun 2021.


Film ini menceritakan tentang 3 orang dengan latar belakang musisi, biologi, dan hukum yang berjuang melawan polusi limbah plastik sekali pakai.


4. The EndGame (2021)


Dokumentari The EndGame juga merupakan film karya Dandhy Laksono yang diunggah pada 13 Juni 2021 melalui YouTube @WatchdocDocumentary.


Film dokumenter ini membahas ronde terakhir dalam melawan tindak pidana korupsi di Indonesia sejak tahun 2003 dimana KPK resmi didirikan hingga munculnya isu pelemahan KPK. 


5. Barang Panas (2023)


Film Barang Panas rilis pada 20 Desember 2023 melalui YouTube @idbaruid. Film ini menceritakan aktivitas tambang geothermal serta dampaknya bagi masyarakat sekitar. 


Sumber: Suara

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: