Jokowi Disebut Minta Difasilitasi Sosok Berpengaruh Ini Untuk Bertemu Megawati - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Jokowi Disebut Minta Difasilitasi Sosok Berpengaruh Ini Untuk Bertemu Megawati

Jokowi Disebut Minta Difasilitasi Sosok Berpengaruh Ini Untuk Bertemu Megawati

Jokowi Disebut Minta Difasilitasi Sosok Berpengaruh Ini Untuk Bertemu Megawati


DEMOCRAZY.ID - Pengamat Militer, Connie Rahakundini Bakrie, mengatakan dirinya telah bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono atau Sultan HB X di Jakarta pada Selasa, 6 Februari 2024. 


Pada pertemuan itu, Connie mengatakan Sultan bercerita kalau diminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk memfasilitasi bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri. 


“Apakah berkenan memfasilitasi pertemuan dengan Megawati?” kata Connie kepada Tempo. Sultan juga menyebut Jokowi sekarang dalam situasi panik. 


Selain itu, Connie bercerita kalau Sultan juga menasihati Jokowi untuk tidak menyakiti Megawati dengan sikap politiknya. 


Menurut Connie, Sultan beralasan karena Megawati sebagai putri Proklamator Soekarno. 


“Sultan ingatkan tiga kali, jangan sakiti Bu Mega,” kata Connie. 


Diminta konfirmasi atas informasi tersebut, Politikus PDIP Ahmad Basarah tidak banyak bicara. Basarah mengatakan dirinya tidak tahu-menahu soal informasi itu. 


“Kalau itu, tanyakan ke Mbak Puan saja,” kata Basarah saat ditemui di Banyuwangi, pada Kamis, 8 Februari 2024. 


Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Raja Keraton yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X di kediamannya di Keraton Kilen, Ahad siang, 28 Januari kemarin.


Pertemuan Jokowi dan Sultan HB X selama kurang lebih satu jam sejak pukul 10.30 WIB itu berlangsung tertutup dari awal hingga selesai. Awak media tidak dapat kesempatan mewawancarai keduanya ihwal pertemuan itu.


Hanya perwakilan Keraton Yogyakarta yang juga menantu Sultan HB X, yakni Kanjeng Pangeran Hario (KPH) Notonegoro, yang memberikan keterangan ihwal kunjungan Jokowi itu.


"Tadi kurang lebih bertemu selama 1 jam, pertemuannya juga tertutup. Jadi saya kalau ditanya ngobrolin apa, saya juga tidak tahu," kata Notonegoro.


Notonegoro menambahkan sudah hal yang biasa jika Presiden Jokowi sedang ke Yogya dan ada waktu akan menemui Sultan HB X. 


"Biasanya kalau ke Yogya memang (Presiden Jokowi) bersilaturahmi kepada Ngarsa Dalem (Sultan HB X)," kata dia.


Pertemuan biasanya hanya dilakukan empat mata alias berdua saja seperti hari ini. "Kecuali saat hari raya seperti lebaran begitu baru mengajak keluarga," kata dia. 


"Tadi ada pesan, dari kami, mohon jangan dinarasikan yang enggak-enggak, karena memang (Jokowi) sering bersilaturahmi," imbuh dia.


Saat ditanya kapan Jokowi terakhir menyambangi atau bertemu Sultan HB X, Notonegoro mengatakan pada momen lebaran tahun 2023 lalu. 


"Ya mungkin juga waktunya (padat saat itu) kan kita kan tidak tahu," kata Notonegoro.


Setelah lebaran tahun lalu Jokowi juga beberapa kali tercatat melakukan kunjungan ke Yogya. Namun tak ada informasi Jokowi melakukan pertemuan dengan Sultan HB X. 


Misalnya pada penghujung September 2023 lalu, Jokowi ke Yogyakarta dan menyapa warga di Malioboro. 


Presiden Jokowi juga mengisi masa libur Idul Adha bersama keluarganya di Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Juni 2023. Selain itu, pada Juli 2023, Jokowi juga kembali berkunjung ke Jalan Malioboro, Yogyakarta.


Sumber: Tempo

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: