Jelang Pemilu Rajin Bagi-Bagi Bansos, Amnesty Internasional: Jokowi Rendahkan Jabatan Kepresidenan Demi Gibran! - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Jelang Pemilu Rajin Bagi-Bagi Bansos, Amnesty Internasional: Jokowi Rendahkan Jabatan Kepresidenan Demi Gibran!

Jelang Pemilu Rajin Bagi-Bagi Bansos, Amnesty Internasional: Jokowi Rendahkan Jabatan Kepresidenan Demi Gibran!

Jelang Pemilu Rajin Bagi-Bagi Bansos, Amnesty Internasional: Jokowi Rendahkan Jabatan Kepresidenan Demi Gibran!


DEMOCRAZY.ID - Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII) Usman Hamid menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merendahkan jabatan kepresidenan demi anaknya Gibran Rakabuming Raka yang maju sebagai Cawapres pada Pilpres 2024.


Usman mengatakan, kegiatan Jokowi yang akhir-akhir ini kerap turun ke daerah terutama di Jawa Tengah untuk membagikan bantuan sosial (Bansos) kepada rakyat merupakan bentuk penyalahgunaan sumber daya negara.


“Harusnya sadar diri, pembagian bansos adalah urusan Kementerian Sosial bukan Presiden. Dia merendahkan jabatan kepresiden untuk kepentingan Gibran,” kata Usman, Kamis (1/2/2024).


Dia mengatakan, bansos  berasal dari uang rakyat dan ditujukan untuk rakyat, sehingga bukan milik partai politik (parpol) atau perorangan.


Lebih lanjut, Usman menyebut bahwa saat ini cukup banyak lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memantau jalannya pemilu seperti Perludem.


Menurutnya, lembaga itu menunjukkan ada temuan awal kecurangan pemilu, sehingga berinisiatif untuk menjaga pemilu dan menjaga suara rakyat menjelang Pilpres 2024.


Sebelumnya, Jokowi menyatakan,  menteri hingga presiden bisa memihak dan berkampanye sesuai UU Pemilu.


Akhir-akhir ini menjelang pemilu, Jokowi sering berkegiatan di wilayah DI Yogayakarta dan Jawa Tengah. 


Dia berkunjung ke Jawa Tengah pada 22-23 Januari 2024 atau sepekan setelah Ganjar Pranowo berkeliling ke wilayah itu.


Melansir laman resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Jokowi didampingi Iriana Joko Widodo berkunjung ke Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin (22/1/2024) untuk memastikan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) telah diterima dengan baik.


Jokowi juga meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga, Jawa Tengah, untuk mengecek kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


Selanjutnya, berkunjung ke DI Yogyakarta pada Sabtu (27/1/2024) hingga Minggu (28/1/2024) dan sempat bermain sepak bola bersama anak-anak.


Di sana, dia bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mereka naik sepeda dan sarapan  bersama.


Sehari kemudian, Jokowi berkunjung ke Magelang, Jateng, dalam rangka peresmian di Akademi Militer (Akmil),  didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.


Sumber: TvOne

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: