JEJAK Safari Jokowi di 'Kandang Banteng' Saat Musim Pilpres 2024 - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

JEJAK Safari Jokowi di 'Kandang Banteng' Saat Musim Pilpres 2024

JEJAK Safari Jokowi di 'Kandang Banteng' Saat Musim Pilpres 2024

JEJAK Safari Jokowi di 'Kandang Banteng' Saat Musim Pilpres 2024


DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bolak-balik mengunjungi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak Desember 2023. Sejumlah pihak mengaitkan kunjungan Jokowi dengan Pilpres 2024.


Sebab, dua provinsi itu dikenal sebagai basis massa PDIP alias "kandang banteng". PDIP saat ini bersama PPP, Perindo, dan Hanura mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD.


Sementara itu, putra sulung Jokowi, yaitu Gibran Rakabuming Raka jadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto. Pasangan itu diusung Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, Garuda, Prima, PBB, Gelora.


Kunjungan Jokowi ke Jawa Tengah meliputi beberapa kegiatan berulang. Beberapa di antaranya adalah pembagian bantuan sosial (bansos) dan pertemuan dengan petani serta kepala desa.


13 Desember

Kunjungan pertama Jokowi dilakukan pada 13 Desember 2023. Ia berkunjung ke Pekalongan dan Salatiga.


Di Pekalongan, ia meninjau penanaman padi di Kecamatan Kesesi. Lalu Jokowi mengumpulkan petani dan penyuluh pertanian se-Jawa Tengah di Alun-Alun Kabupaten Pekalongan.


Jokowi sempat menengok SMKN 1 Kedungwuni sebelum membagikan bantuan sosial tunai untuk masyarakat terdampak El Nino di Kantor Pos Pekalongan. Lalu ia membagikan bantuan beras 10 kilogram untuk masyarakat kurang mampu.


Di Salatiga, Jokowi meresmikan Terminal Tingkir. Di kesempatan itu, ia juga meresmikan Terminal Paya Ilang Takengon di Kabupaten Aceh Tengah dan Terminal Anak Air di Kota Padang.


31 Desember

Di malam pergantian tahun, Jokowi bertolak ke Surakarta. Dia jalan-jalan di Pasar Pon sekaligus menyapa masyarakat sekitar.


2 Januari

Di hari pertama tahun 2024, Jokowi berkeliling ke Purworejo, Cilacap, dan Banyumas. Ia mengecek harga pangan di Pasar Tradisional Purworejo bersama Ibu Negara Iriana.


Lalu, ia ke Cilacap untuk meresmikan Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo, Terminal Purboyo di Kota Madiun, dan Terminal Patria di Kota Blitar.


Jokowi juga membagikan 2.000 sertifikat tanah untuk warga Cilacap. Selain itu, ia membagikan bantuan beras 10 kilogram di Gudang Bulog Gumilir, Kabupaten Cilacap.


Di Banyumas, Jokowi mengumpulkan petani se-Jawa Tengah. Dia memberi sejumlah pengarahan, termasuk kebijakan pendampingan petani yang melibatkan penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).


3 Januari

Pada 3 Januari, Jokowi Purwokerto untuk meresmikan kampus baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Lalu ia bertolak ke Banyumas untuk membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino.


Jokowi sempat mampir di Banjarnegara untuk menemui semua kepala desa di sana. Lalu dia ke Tegal untuk bagi-bagi bantuan beras 10 kilogram. Ia menutup kunjungan ke Jawa Tengah dengan meresmikan enam jembatan pengganti Jembatan Callendar Hamilton.


22 Januari

Jokowi kembali ke Jawa Tengah di akhir Januari. Dia menyalurkan bantuan beras 10 kilogram ke warga Salatiga pada 22 Januari. Di hari yang sama, ia membagikan sertifikat tanah di Wonosobo.


Ia pun menyempatkan hadir di Apel Santri dan Pelajar Emas 2045 serta Silaturahmi dengan para guru ngaji se-Pulau Jawa di Lapangan Sepak Bola Taman Rekreasi Kalianget, Wonosobo.


23 Januari

Keesokan harinya, Jokowi mengunjungi Sragen, Grobogan, Blora, dan Kota Semarang. Pada hari itu, publik menyoroti sindiran Jokowi terhadap pembangunan jalanan Jateng yang tak beres selama bertahun-tahun.


"Kita ngecek pembangunan perbaikan jalan Solo-Purwodadi yang sudah bertahun-tahun enggak pernah beres-beres. Bener?" ujar Jokowi di Grobogan, Selasa (23/1).


Jokowi membagikan bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar di Blora hari itu. Ia pun sempat bersilaturahmi dengan penerima bantuan BPJS Kesehatan.


27 Januari

Jokowi kembali kunjungi kandang banteng jelang pergantian bulan. Sabtu, 27 Januari, kegiatan Jokowi bermain bola dengan Kaesang Pangarep dan Raja Juli Antoni di Sleman menarik perhatian publik.


28 Januari

Esok harinya, Jokowi kembali menjadi sorotan publik karena menjamu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mereka sempat bersepeda dan sarapan bareng.


29 Januari

Pada 29 Januari, Jokowi berkunjung ke Magelang dan Sleman. Agenda-agenda Jokowi di kabupaten itu adalah menemui nasabah program Mekaar dan bagi-bagi beras 10 kilogram.


Hari itu, Jokowi juga berkegiatan bersama Prabowo yang kini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Keduanya makan bakso di Magelang.


30 Januari

Pada 30 Januari, ia kembali menyalurkan bantuan beras 10 kilogram di Bantul. Selain itu, ada pula silaturahmi Jokowi dengan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).


Dia juga menemui nasabah program Mekaar. Jokowi melakukan kegiatan serupa di sejumlah daerah untuk menyapa para pelaku UMKM yang dapat bantuan modal dari negara.


31 Januari

Jokowi menghabiskan hari terakhir bulan Januari di Yogyakarta. Dia menerima Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas.


Dia mampir di Universitas Nahdlatul Ulama dan Universitas Aisiyah Yogyakarta hari itu. Lalu bertolak ke Klaten untuk bagi-bagi bantuan sosial berupa beras 10 kilogram.


1 Februari

Pada awal Februari, Jokowi kembali ke Jawa Tengah. Kali ini, Jokowi mampir ke Wonogiri dan Sukoharjo.


Di Wonogiri, Jokowi mengecek stok dan harga pangan di Pasar Kota Wonogiri. Jokowi sekalian bagi-bagi bantuan modal kerja kepada sejumlah pedagang pasar.


Ia juga menemui para nasabah program Mekaar dari BUMN PT Permodalan Nasional Madani (PNM).


Kemudian, Jokowi ke Sukoharjo. Di daerah tersebut, Jokowi membagikan bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP). Ia sempat mengecek cadangan beras di gudang Bulog sebelum membagikan bantuan beras 10 kilogram ke masyarakat miskin.


Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menegaskan serangkaian kunjungan kerja Jokowi ke Jawa Tengah bukan untuk memenangkan capres-cawapres tertentu.


Ari mengatakan Jokowi hendak memastikan kebutuhan pokok rakyat tersedia. Jokowi mengecek apakah program-program prioritas pemerintah sampai ke rakyat.


"Enggaklah (ada tujuan pemenangan kandidat tertentu). Ini sesuatu yang juga sama kegiatan yang sudah dilakukan Presiden di berbagai tempat sama Beliau," kata Ari di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (29/1).


Sumber: CNN

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: