Hampir Pasti! Prabowo Kembali 'Dikeroyok' Anies & Ganjar di Debat Capres Nanti Malam, Kata Pengamat - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Hampir Pasti! Prabowo Kembali 'Dikeroyok' Anies & Ganjar di Debat Capres Nanti Malam, Kata Pengamat

Hampir Pasti! Prabowo Kembali 'Dikeroyok' Anies & Ganjar di Debat Capres Nanti Malam, Kata Pengamat

Hampir Pasti! Prabowo Kembali 'Dikeroyok' Anies & Ganjar di Debat Capres Nanti Malam, Kata Pengamat


DEMOCRAZY.ID - Debat terakhir capres Pilpres 2024 akan berlangsung pada Minggu (4/2/2024) pukul 19.00 WIB nanti malam. Debat kelima alias pamungkas ini bakal mempertemukan para calon presiden.


Sebelumnya, tiga capres ini telah dipertemukan dalam debat ketiga pada 7 Januari lalu.


Segala persiapan telah dilakukan oleh Anies Baswedan, Prabowo hingga Ganjar Pranowo terkait dengan tema debat yakni Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi..


Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs, Ahmad Khoirul Umam memprediksi calon presiden (capres) nomor urut 03 dan 01, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan akan menggunakan strategi menyerang dalam debat terakhir Pilpres 2024.


Khoirul menilai, Ganjar dan Anies akan menyerang capres nomor urut 2, Prabowo Subianto untuk mendegradasi kredibilitasnya.


"Dalam debat terakhir ini, kubu 01 dan 03 tampaknya masih tetap akan menggunakan strategi yang sama, yakni strategi offensive atau menyerang, untuk mendegradasi kredibilitas kubu 02," kata Khoirul dalam keterangannya, Jumat (2/1/2024).


Di sisi lain, kata dia, Prabowo tampaknya sudah harus menyiapkan mental untuk kembali dikeroyok Anies dan Ganjar.


Menurut Khoirul, Prabowo tampaknya akan menggunakan pola strategi defensif untuk menghadapi Ganjar dan Anies.


"Jika Prabowo mampu bertarung secara efektif, tidak hanya pasrah diserang seperti yang terjadi di debat ketiga lalu, maka ia berpotensi menciptakan lompatan kecil elektabilitas untuk menggenapi target menang satu putaran yang ia harapkan," ujarnya.


Dia menjelaskan, debat terakhir sangat penting untuk mengonsolidasikan basis dukungan masing-masing capres-cawapres menjelang pencoblosan pada 14 Februari 2024.


Khoirul menerangkan, umumnya pemilih sudah punya iman politik yang tinggi, loyalitas dan militansi dukungan sudah terbentuk.


"Namun, pukulan terakhir benar-benar dibutuhkan untuk memastikan apakah benar target 02 untuk menang satu putaran bisa diwujudkan?" ucapnya.


"Apakah benar kubu 01 dan 03 bisa tampil kompetitif untuk menahan proses konsolidasi kekuatan 02 dan memaksanya untuk masuk ke permainan yang lebih panjang melalui putaran kedua?" ungkap Khoirul menambahkan.


Persiapan Anies, Prabowo, Ganjar Jelang Debat Terakhir


Minggu (4/2/2024) malam nanti Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan kembali menggelar debat Pilpres 2024 untuk yang kelima kalinya.


Debat kelima ini menjadi debat terakhir sekaligus penutup dari seluruh rangkaian debat selama kontestasi Pilpres 2024.


Tema debat nanti akan mengusung soal kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.


Bagaimana persiapan tiga calon presiden jelang debat nanti malam?


Prabowo Subianto Banyak Baca Buku


Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani mengatakan persiapan dilakukan capres Prabowo di antaranya memperdalam isu debat.


Menurut Rosan, Prabowo lebih banyak membaca buku sehingga pemahaman mengenai isi debat sudah sangat komprehensif.


Rosan menyampaikan kepada capres Prabowo bahwa waktu sekitar 2-4 menit dalam debat adalah sangat singkat.


"Beliau orangnya ini kan juga sangat detail dalam memberikan pemaparan dalam sesuatu hal yang sangat penting, tapi beliau akan paling siap, lebih tepat," ujarnya, Sabtu (3/2/2024).


Sebelum debat, Prabowo pun mempersiapkan fisiknya untuk banyak beristirahat.


Rosan menyebut pada Sabtu (3/2/2024), capres nomor urut 2 itu menyapa industri kreatif karena perhatiannya pada industri kreatif sangat besar.


Sementara itu Prabowo Subianto mengaku sedikit cemas untuk melakoni debat kelima pilpres 2024.


Prabowo berkelakar kalau dirinya merasa khawatir akan diberikan nilai jelek lagi oleh dua rivalnya Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.


"Tanggal 4 saya mau debat lagi nih, aku mau debat lagi tapi aku agak was-was," kata Prabowo.


Pernyataan Prabowo itu menyinggung soal pemberian nilai 11/100 dari capres 1 Anies dan nilai 5/10 dari capres 3 Ganjar.


Dirinya belum mengetahui berapa nilai yang akan didapatkan di dalam debat pamungkas nanti.


"Debat kemarin aku dikasih nilai 11 dari 100, aku gak tau nilai berapa kali ini, emang gua pikirin," ujar Prabowo yang membuat relawan tertawa.


Anies Istirahat Cukup


Menjelang debat terakhir nanti malam, capres nomor urut 01, Anies Baswedan mengaku tak ada persiapan khusus.


Ia mengatakan, hanya perlu istirahat yang cukup agar kondisinya tetap prima dalam debat terakhir itu.


"Persiapan debat, ya baik-baik saja. Mau istirahat cukup untuk besok. Tidak ada yang khusus," ungkapnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (2/2/2024) dikutip dari Wartakotalive.com.


Lantaran tak ada persiapan khusus karena dirinya tak tahu pertanyaan seperti apa yang akan diajukan, Anies mengaku akan menjawab pertanyaan secara mengalir.


Di mana, pada saat itu pula, ia juga akan memformulasikan gagasan.


Hal yang terpenting bagi Anies adalah dirinya sudah memiliki pengalaman dan gagasan yang bakal diungkapkan dalam debat nanti.


"Ketika masuk ke ruang debat itu ada pengalaman, ada gagasan, ada yang pernah dibicarakan. Itu kan stok yang ada di masing-masing kita," ujar Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut.


"Jadi setiap kali muncul pertanyaan, muncul aspek, ya diambil dari apa yang sudah kita miliki. Karena itu tidak bisa dihafalkan, dan memang bukan hafalan," imbuhnya.


Ganjar Bawa KTP Sakti


Sementara itu calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa debat capres terakhir bertemakan pendidikan hingga kebudayaan penting untuk masyarakat. Termasuk, soal bantuan bagi masyarakat.


Apalagi, pasangan Ganjar-Mahfud punya salah satu program unggulan yakni KTP Sakti untuk memastikan data bantuan bagi masyarakat tepat sasaran.


"Nanti kan intinya (Debat ke-5) ada pendidikan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan rakyat. Maka penting untuk disampaikan kepada publik, satu data Indonesia untuk memastikan bantuan sampai ke rakyat jadi begitu penting," kata Ganjar.


Menurut Ganjar, jika itu belum juga diselesaikan, maka pihaknya akan selesaikan hal tersebut.


"Termasuk kemudian akses pendidikan yang sangat inklusi dan penuh dengan kesetaraan. Ini cerita-cerita yang barangkali besok akan sesuai dengan tema yang ada," tegasnya.


Diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan kembali menggelar debat Pilpres 2024 untuk yang kelima kalinya.


Debat kelima menjadi debat terakhir sekaligus penutup dari seluruh rangkaian debat selama kontestasi Pilpres 2024.


Artinya, ini adalah kali terakhir publik menyaksikan penampilan calon presiden (capres) Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo di debat Pilpres 2024.


Sesuai dengan jadwal yang telah dirilis KPU, debat capres 2024 untuk yang kelima sekaligus yang terakhir digelar pada Minggu, 4 Februari 2024.


Adapun tema yang diusung adalah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.


Debat akan berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Debat capres 2024 juga akan kembali ditayangkan secara live di beberapa stasiun televisi tanah air yaitu TV One, ANTV, dan Net TV.


Sumber: Tribun

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: