Guru Besar UI Dituding Partisan, Geisz Chalifah: Justru Menteri dan Pejabat Yang Partisan! - DEMOCRAZY News
POLITIK

Guru Besar UI Dituding Partisan, Geisz Chalifah: Justru Menteri dan Pejabat Yang Partisan!

DEMOCRAZY.ID
Februari 05, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Guru Besar UI Dituding Partisan, Geisz Chalifah: Justru Menteri dan Pejabat Yang Partisan!

Guru Besar UI Dituding Partisan, Geisz Chalifah: Justru Menteri dan Pejabat Yang Partisan!


DEMOCRAZY.ID - Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Harkristuti Harkrisnowo dituding menajdi bagian dari partisan. Hal ini terkait pernyataan sikap dan kritik kepada pemerintah.


Awalnya Komandan Relawan TKN Prabowo-Gibran, Immanuel Ebenezer atau Noel menyoroti soal gerakan sejumlah guru besar dari sivitas akademika yang melontarkan kritik terhadap pemerintah. 


Noel lalu menuding ada kecenderungan dari akademisi yang merupakan dari partisan salah satu paslon.


"Ini saya jujur, saya menjadi prihatin dengan sikap para akademisi-akademisi, yang sebagian tahu kecenderungan partisannya kepada siapa," kata Noel seperti dilihat dalam video di kanal YouTube Metro TV, Sabtu (3/2/2024).


Harkristuti Harkrisnowo merespons tudingan yang menyebut akademisi yang melayangkan kritik merupakan partisan.


"Kami itu guru besar mas, kami tidak punya kepentingan untuk mendapatkan posisi tertentu, mendukung paslon tertentu we dont have that i'm sorry," ucapnya.


Menurutnya, para guru besar dan sivitas akademika menginginkan negara Indonesia dan bangsanya menjalani suatu proses demokrasi yang jujur dan adil. 


Dirinya mengaku sangat tersinggung dengan tudingan partisan.


"Jadi saya sangat tersinggung sekali, suara dari Istana mengatakan ini adalah partisan, tunjukkan, buktikan kalau kami adalah partisan, jadi Anda ngomong jangan sembarangan," cetusnya.


"Kalau orang dari Istana bisa ngomong sembarangan kami akademisi juga bisa marah. Tidak pernah kami berpihak, apalagi kami ASN kita sudah diminta untuk netral. Walaupun menteri dan pejabat-pejabatnya tidak netral," sambungya.


Lebih jauh Harkristuti mengatakan sungguh tidak adil mengatakan para guru besar partisan.


"Kami tu guru besar, kami tu punya tugas tertentu di negara ini, kami tu menegakkan etika di negara ini, kami mendidik generasi muda," jelasnya.


Video yang menyebut gerakan guru besar mengkritik pemerintah sebagai sikap partisan juga dikomentari oleh Geisz Chalifah.


Dirinya menyinggung soal etika terkait dengan mudahnya Noel menyebut partisan.


"Bahkan seorang guru besar pun dengan tanpa canggung, tanpa etika. Dituduh sebagai partisan. Sekian banyak guru besar dari berbagai kampus seolah olah dengan mudah dikatakan sebagai partisan. Mereka adalah kompas moral bangsa. Di mana salah dan benar dinyatakan," kata Geisz.


Sementara, Geisz Chalifah menyebut kalau para menteri dan pejabatlah yang sebenarnya partisan.


"Guru besar UI marah dituduh partisan oleh istana, justru para menteri & pejabat yang partisan serta terang-terangan mendukung salah satu calon yang seharusnya netral, Silahkan rakyat menilai!!" tukasnya.



Sumber: Suara

Penulis blog