Dari Sosmed hingga Media Online, JIS Kalahkan GBK Soal Pemberitaan dan Perbincangan Netizen - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Dari Sosmed hingga Media Online, JIS Kalahkan GBK Soal Pemberitaan dan Perbincangan Netizen

Dari Sosmed hingga Media Online, JIS Kalahkan GBK Soal Pemberitaan dan Perbincangan Netizen

Dari Sosmed hingga Media Online, JIS Kalahkan GBK Soal Pemberitaan dan Perbincangan Netizen


DEMOCRAZY.ID - KAMPANYE akbar dua pasangan calon yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang dilakukan di Jakarta International Stadium (JIS) dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gelora Bung Karno (GBK) tanggal 10 Februari 2024 telah mendominasi percakapan di media sosial serta pemberitaan di media online selama lebih dari 24 jam terakhir.


Berbagai tagar yang membela masing-masing paslon hingga yang membandingkan dua kegiatan tersebut, salah satunya yakni #JISvsGBK sempat menjadi trending topic.


Dari dua kegiatan tersebut, kampanye akbar pasangan Anies-Cak Imin di JIS diketahui mendominasi perbincangan netizen dan pemberitaan di media online. 


Pembahasan tentang JIS mengalahkan GBK, meski diketahui kampanye pasangan Prabowo-Gibran di GBK tersebut telah melibatkan puluhan seleb hingga influencer ternama.


Berdasarkan riset yang dilakukan Drone Emprit di media sosial Twitter/X, Instagram, YouTube, dan Media Online pada 7 hingga 10 Februari, JIS mendapatkan jumlah mention dan interaksi yang lebih tinggi dibandingkan GBK.


Hasil itu memperlihatkan minat netizen di platform media sosial tersebut dan media online yang lebih tinggi tentang JIS yang menjadi lokasi kampanye terakhir paslon Anies-Cak Imin dibandingkan GBK yang menjadi lokasi paslon Prabowo-Gibran.


Dalam analisis ini, lokasi kampanye paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Simpang Lima, Semarang, tidak diikutkan. 


Itu karena dalam percakapan netizen yang ada adalah upaya membandingkan lokasi JIS dan GBK saja.


Total mention di Twitter/X untuk JIS selama periode riset tersebut mencapai angka 187.526 cuitan. Sementara untuk GBK, jumlah cuitannya hanya sebesar 64.940.


Secara keseluruhan, unggahan di Twitter/X yang mencuit soal JIS baik menyebut secara langsung maupun me-retweet mencapai 310.242 atau 77%. Sementara untuk GBK angkanya sebesar 92.666 atau 33%.


Tak hanya cuitan bernada serius atau yang dibuat oleh tokoh terkait masing-masing paslon yang mendapat banyak respon dari netizen di Twitter/X. 


Beberapa cuitan juga bernada lelucon yang tetap membanggakan pasangan Anies-Cak Imin.


“Both Anies and Imin has a great stamina istg. selama kampanye tur sana sini bukan hanya orasi fafifu tapi juga dialog dan nerima pertanyaan2 dari rakyat yang tentu mereka butuh berpikir, belum lagi prepare debat, tapi semua mereka jalankan, keliling sana sini hampir setiap hari dan sekarang ke lokasi kampanye akbar pun jalan kaki. emang ini dua orang aktif yang gak tau apa arti rebahan dari dulu, jadi sudah terbiasa kuat,” tulis akun @chitattooes, yang menjadi salah satu cuitan paling banyak di-retweet terkait JIS.


“Untuk Pak @Aniesbaswedan, Rumor yang beredar jika bapak menyanyi saat acara di JIS nanti, maka pendukung bapak akan segera membawa bapak ke rengasdengklok. Sekian peringatan kami dari hasil memantau timeline, terimakasih,” bunyi cuitan akun @partaimedsos, yang direspon dengan banyak candaan oleh para pengikutnya.


Di Instagram, jumlah unggahan yang me-mention JIS mencapai 60%, dan sisanya sebanyak 40% membahas GBK. Sementara interaksi yang dihasilkan untuk JIS mencapai angka 72% dan 28% untuk GBK.


Di YouTube, jumlah video yang membahas soal JIS mencapai 77% dan yang membahas GBK sebesar 33%.


Tren Berita di Media Online


Sama halnya dengan yang terjadi di media sosial, tren pemberitaan soal kampanye akbar di JIS dan GBK di media online juga dimenangkan oleh JIS.


Selama periode riset terdapat setidaknya 7.494 pemberitaan soal JIS di media online. Sementara pemberitaan soal GBK hanya sebanyak 1.886 artikel.


Sumber: MediaIndonesia

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: