Ahok Ungkap Taufiq Kiemas Tolak Jokowi Maju di Pilgub DKI 2012: Apa-Apaan Ini? - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Ahok Ungkap Taufiq Kiemas Tolak Jokowi Maju di Pilgub DKI 2012: Apa-Apaan Ini?

Ahok Ungkap Taufiq Kiemas Tolak Jokowi Maju di Pilgub DKI 2012: Apa-Apaan Ini?

Ahok Ungkap Taufiq Kiemas Tolak Jokowi Maju di Pilgub DKI 2012: Apa-Apaan Ini?


DEMOCRAZY.ID - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membeberkan cerita di balik layar ketika dirinya dan Jokowi maju di Pilgub DKI 2012. 


Terungkap jika almarhum Taufiq Kiemas yang merupakan suami dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menolak pencalonan Jokowi.


Ahok menuturkan, Taufiq Kiemas menolak Jokowi dicalonkan maju di Pilgub DKI oleh PDIP karena sosoknya tidak familiar. Terlebih dia akan melawan petahana Fauzi Bowo yang diusung koalisi besar.


"Pak Jokowi bukan siapa-siapa, karena rakyat menghendaki waktu itu Pak Jokowi jadi Gubernur DKI, Ibu Mega putuskan, Pak Taufiq Kiemas nggak setuju, 'ini orang dari Solo apa-apaan ini, terus wakilnya siapa?'" kata Ahok ketika menyampaikan pidato di rumah pemenangan Cemara, Minggu (4/2).


Eks Wagub DKI ini lantas membeberkan sejumlah nama besar sempat masuk bursa cawagub DKI untuk mendampingi Jokowi. Mulai dari Deddy Mizwar hingga Sandiaga Uno.


Namun pada akhirnya, setelah berbagai pertimbangan, Jokowi memutuskan memilih Ahok sebagai wakilnya.


"Maunya Pak Jokowi itu Deddy Mizwar, biar ada Betawi, yang udah bikin surat ini sama mau masukin surat, nama Sandiaga Uno. Tapi Pak Jokowi bilang, 'jangan, jangan, masukin Ahok saja'," ucap dia.


Lebih jauh, Ahok menyebut, keputusan itu juga disetujui oleh Megawati. Hasilnya, pasangan yang ikon dengan baju kotak-kotak ini terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2012.


"Saya mau cerita ini bukan mau jelekkan siapa pun tapi saya mau kasih tahu gambaran seorang Ibu Megawati," ucap Ahok.


"Ibu Megawati sadar partai PDIP kalau tidak menganut meritokrasi pasti ditinggalkan rakyat, pasti. Saya pun akan meninggalkan PDI Perjuangan," tutup dia.


Sumber: Kumparan

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: