Tak Hanya Mahfud, Rocky Gerung Juga Beri Cak Imin A Plus, Tetapi Karena Ini... - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Tak Hanya Mahfud, Rocky Gerung Juga Beri Cak Imin A Plus, Tetapi Karena Ini...

Tak Hanya Mahfud, Rocky Gerung Juga Beri Cak Imin A Plus, Tetapi Karena Ini...

Tak Hanya Mahfud, Rocky Gerung Juga Beri Cak Imin A Plus, Tetapi Karena Ini...


DEMOCRAZY.ID - Pengamat Politik tersohor Indonesia, Rocky Gerung tak hanya memberikan nilai A plus ke Cawapres nomor urut 03, Mahfud Md saja. 


Namun, Rocky Gerung juga berikan nilai A plus kepada cawapres nomor urut 01, Cak Imin. 


Ia memberikan nilai itu, lantaran penampilan Cak Imin di debat kedua menyampaikan konsep kepemimpinan, pradigma dan kebijakan publik.


Bahkan tak hanya itu saja, Rocky Gerung beri nilai A plus ke Cak Imin karena mampu mampu berbicara hal-hal yang fundamental, termasuk konsep etika lingkungan dan kebijakan publik.  


Baginya, ketika masuk ke dalam ruang debat, seorang pemimpin bukan hanya kemampuan teknis atau menguasai data, tapi lebih dari itu memiliki keahlian konseptual melalui abstraksi dan paradigma.  


"Mahfud tidak maksimalkan ledekan dia tapi itu sudah berbekas, termasuk soal ledekan ijazah palsu dari Cak imin, itu juga saya kasih pujian. Jadi Mahfud dan Cak Imin berbagi dua soal A plus," ungkapnya. 


Namun berbanding terbalik sama Gibran, Rocky Gerung awalnya malah sudah menduga akan memainkan teatrikal dan gimmick dalam debat, seperti halnya debat pertama. 


Gibran beberapa kali menimpali Mahfud dan Cak Imin lewat gimmick dan gestur.


"Akhirnya orang menilai masih terlalu muda buat Gibran untuk masuk dalam pengetahuan yang paradigmatik. Kesulitan kita mencari pemimpin yang paham masalah tapi mampu mengabstrasikan, bahkan kalau becanda pun dia tidak bisa mengabstrasikan, susah tuh," beber Rocky Gerung.


"Saudara Gibran menang soal gimmick, tapi gimmick yang konyol," imbuhnya. 


Sebelumnya diberitakan, Rocky Gerung memberikan nilai A Plus (+) kepada Cawapres nomor urut 1 dan 3, Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md pada debat cawapres kedua yang digelar di JCC, Senayan, Minggu (22/1/2024) lalu.   


Rocky menyebutkan, bahwa penampilan Mahfud dan Cak Imin di debat kedua cawapres sama-sama menyampaikan tentang konsep kepemimpinan, paradigma dan kebijakan publik.


Selain itu, Rocky menilai Mahfud tampil apik ketika menolak menjawab pertanyaan 'receh' Gibran.  


"Betul, Mahfud menganggap receh ini sebetulnya apa poinnya disitu untuk debat kebijakan. Pak Mahfud dapat A plus dari saya untuk debat kemarin. A untuk kejujurannya menegur Gibran, plusnya untuk keberaniannya menegur Jokowi," ucap Rocky Gerung seperti yang dikutip dari Youtube Rocky Gerung Official, Selasa, (23/1/2023).


Di samping itu, Rocky juga katakan, Mahfud pantas dapat nilai 'A Plus' karena menegur dua kali. Pertama, menegur Gibran karena pertanyaannya receh. 


Kemudian yang kedua, menegur Presiden Jokowi yang gagal menerapkan prinsip yang awalnya dia janjikan (red.impor pangan). 


"Jadi, pak Mahfud Anda saya kasih A plus, apalagi kalau menghasilkan konferensi pers untuk mundur dari kabinet," pungkas Rocky Gerung.


Sumber: TvOne

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: