Respons Tom Lembong Usai Namanya Trending Disebut Gibran Beri Contekan ke Cak Imin, Warganet Auto-Riuh - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Respons Tom Lembong Usai Namanya Trending Disebut Gibran Beri Contekan ke Cak Imin, Warganet Auto-Riuh

Respons Tom Lembong Usai Namanya Trending Disebut Gibran Beri Contekan ke Cak Imin, Warganet Auto-Riuh

Respons Tom Lembong Usai Namanya Trending Disebut Gibran Beri Contekan Ke Cak Imin, Warganet Auto-Riuh


DEMOCRAZY.ID - Debat cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada Minggu (21/1/2024) malam tadi berlangsung cukup panas. 


Salah satu momen adalah ketika Gibran Rakabuming Raka melempar pertanyaan 'menjebak' kepada cawapres o1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.


Mulanya, Gibran menanyakan mengenai pandangan Cak Imin mengenai pemanfaatan nikel sebagai bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik. 


Dia bilang, selama ini Co-Captain Timnas AMIN Thomas Lembong atau Tom Lembong getol menggaungkan penggunaan baterai berbasis lithium iron phosphate (LFP) untuk kendaraan listrik tanpa nikel.


"Akan saya gunakan apabila pertanyaannya belum jelas. Bagaimana Gus? Saya jelaskan juga gak papa? lithium ferro phosphate. Itu sering digaungkan Pak Thomas Lembong itu," kata Gibran melempar pertanyaan di panggung debat semalam.


Mendapat pertanyaan yang 'menjebak', Cak Imin mencoba berkelit. Dia bilang dalam berdiskusi semua ada etikanya. Termasuk diskusi dalam debat Cawapres malam ini.


"Di sini bukan tebak-tebakan defisnisi bukan tebak-tebakan singkatan kita levelnya policy dan kebijakan, prinsipnya sederhana semua kembali pada etika," bilang Cak Imin.


Oleh Gibran lantas dibalas, dia menyebut Cak Imin tak memahami pertanyaannya sendiri. 


Bahkan ia menuding Cak Imin sekadar mendapat contekan pertanyaan dari Tom Lembong selaku Co-Captain Timnas AMIN.


"Mungkin Gus Muhaimin juga tak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya. Mungkin dapat contekan dari Pak Tom Lembong itu," kata Gibran.


Respons Tom Lembong


Tak berselang lama, bahkan ketika debat cawapres belum selesai, nama Thomas Lembong atau Tom Lembong langsung trending di X (dulu Twitter). 


Banyak pengguna X yang menyinggung Gibran dengan peran sentral Tom Lembong semasa menjadi menteri Jokowi.


Bahkan Tom Lembong langsung mencuit di akun X-nya.


Lewat akun pribadinya Tom Lembong mencuitkan soal 'kenangan indah' sambil menyematkan sebuat cuitan video yang menunjukkan dirinya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan dalam forum Brookings Institution Amerika pada tahun 2015 silam. Kala itu dirinya masih menjabat sebagai Menteri Perdagangan.


"Ah, the good ol' memories..." cuit Tom, sebagaimana dikutip, Minggu (21/1/2024) malam.


Sontak cuitan itu langsung dibalas bahkan diretweet banyak netizen. Mereka ramai-ramai menyindir Gibran yang membawa-bawa nama Tom Lembong saat debat.


"Gibran lu sirik ya 01 punya jubir Tom Lembong, lu punyanya zarry Hendrik," tulis akun @wander****


Akun lainnya juga mengingatkan Gibran bahwa Tom Lembong merupakan orang yang kerap menulis beberapa pidato Jokowi.


"Gibran lu tau gak sih bapak lu kalo pidato catetannya dari isi kepala siapa? Tom Lembong," cuit akun @chita****.



Perlu diketahui, semasa menjadi menteri Jokowi, Tom Lembong adalah orang di balik layar yang menulis sejumlah pidato Presiden Joko Widodo. 


Salah satu yang ikonik adalah pidato 'Game of Thrones' yang dibacakan Jokowi pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali 2018 lalu.


Ada lagi juga soal pidato 'Thanos' yang dibacakan Jokowi di Forum Ekonomi Dunia.


Sementara saat ini, Tom Lembong duduk sebagai Dewan Penasihat Internasional Institut Kajian Strategis Internasional (IISS) di London dan Dewan Penasihat Internasional Plastic Omnium, perusahaan komponen otomotif di Perancis.


Sumber: Suara

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: