Nih! Sejumlah Aksi Gibran Lawan Cak Imin & Mahfud Yang Bikin Heboh - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Nih! Sejumlah Aksi Gibran Lawan Cak Imin & Mahfud Yang Bikin Heboh

Nih! Sejumlah Aksi Gibran Lawan Cak Imin & Mahfud Yang Bikin Heboh

Nih! Sejumlah Aksi Gibran Lawan Cak Imin & Mahfud Yang Bikin Heboh


DEMOCRAZY.ID - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka baru saja tampil untuk kedua kalinya dalam debat yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, Minggu malam (21/1/2024).


Aksinya melawan Muhaimin Iskandar Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 dan Mahfud MD Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 menjadi sorotan publik.


Apa saja? Simak ulasan CNBC Indonesia berikut!


Jaket Samsul


Di debat capres cawapres keempat, Gibran terlihat menggunakan jaket berwarna biru muda khas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Jaket tersebut ternyata terinspirasi dari komentar yang sempat viral soal Gibran.


Jaket berwarna biru yang dikenakan Gibran dihias dengan tulisan "Samsul" di bagian belakangnya. 


Samsul adalah kata yang viral di internet sebagai respons atas peristiwa Gibran yang salah bicara, menyebut asam sulfat untuk asam folat. Samsul adalah singkatan dari asam sulfat.


Namun, bukan hanya kata Samsul yang jadi pusat perhatian di jaket Gibran. Di bagian dada sebelah kanan jaket Gibran ada logo lingkaran spiral berwarna oranye.


Ternyata, logo tersebut terinspirasi dari komik dan anime Naruto. Walaupun warnanya agak berbeda, lambang spiral tersebut mirip dengan lambang klan Uzumaki.


Sindir Catatan Cak Imin


Gibran Rakabuming Raka sempat menyindir Muhaimin Iskandar alias 'Cak Imin'. Menurut Gibran, pemaparan Cak Imin soal kelangkaan pupuk dan kesejahteraan petani merupakan hasil dari contekan catatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.


"Baik terima kasih. Enak banget ya Gus jawabnya sambil baca catatan tadi," ujar Gibran sebelum memberikan tanggapan.


Ucapan tersebut langsung disambut sorak penonton yang hadir langsung di tempat. Selain itu, terdengar pula suara ketawa dari barisan audiens.


Bilang Cak Imin Lucu


Cak Imin menanyakan strategi Gibran dalam melakukan pembangunan berbasis bioregional agar keadilan iklim hingga keadilan sosial terjaga. 


Menjawab pertanyaan Cak Imin, Gibran menyindir botol minum plastik yang dibawa Cak Imin.


"Gus Muhaimin ini lucu ya. Menanyakan lingkungan hidup tapi itu kok pakai botol-botol platik itu. Padahal saya, Pak Ganjar, Prof Mahfud pakai botol kaca. Itu bagaimana itu komitmennya, botol plastik semua itu," kata Gibran.


Menurut dia, Prabowo-Gibran berkomitmen menjalankan pembangunan yang tidak lagi Jawasentris, melainkan Indonesiasentris.


"Sekarang Gus Imin menolak IKN, tidak apa-apa. Akan kita lanjutkan dan akan kita perkuat IKN itu. Sekali lagi yang namanya pembangunan yang masif harus memperhatikan aspek lingkungan sosial dan keberlanjutannya. Kita pastikan mencari titik tengah, titik keseimbangan membangun hilirisasi industri," ujar Gibran.


Tanya Greenflation & Cari Jawaban Mahfud


Gibran, melontarkan pertanyaan ke Mahfud, cawapres nomor urut 3, soal greenflation. Gibran meminta pendapat Mahfud soal kata yang merupakan gabungan dari frasa "green inflation."


Mahfud menjawab pertanyaan Gibran dengan menjelaskan soal ekonomi sirkuler.


"Apapun diproduksi kemudian dimanfaatkan kemudian di-recycle," katanya. "Karena saya punya cerita kalau bicara recycle ekonomi hijau saya bangga sebagai orang Madura. Karen orang Madura yang pertama dulu yang pelopori ekonomi hijau, ekonomi sirkular. Orang Madura pungut sampah plastik kemudian diolah."


Jawaban Mahfud sepertinya tidak memuaskan Gibran. Merespons jawaban Mahfud, Gibran bergaya seperti sedang mencari sesuatu di kejauhan dan menunduk seperti mencari sesuatu yang jatuh di lantai.


Setelah bertingkah mencari-cari sesuatu di kejauhan, Gibran menjelaskan bahwa ia sedang mencari jawaban Mahfud.


"Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud. saya nyari-nyari di mana ini jawabannya kok enggak ketemu jawabannya, saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau," kata Gibran.


Sumber: CNBC

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: