Gimik Gibran Cari Jawaban Mahfud di Debat Sudah Disetting? - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Gimik Gibran Cari Jawaban Mahfud di Debat Sudah Disetting?

Gimik Gibran Cari Jawaban Mahfud di Debat Sudah Disetting?

Gimik Gibran Cari Jawaban Mahfud di Debat Sudah Disetting?


DEMOCRAZY.ID - Tingkah cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres dinilai tidak sopan dan tak beretika. 


Kritik pedas juga dilayangkan kepada Gibran baik dari Muhaimin Iskandar maupun Mahfud MD. 


Sepanjang debat, Gibran memang jarang melihat catatan. Dia menyampaikan jawaban dengan lantang, seperti sudah dihapalkan. 


Begitu juga dengan pertanyaan berbau singkatan yang masih juga muncul di debat keempat Pilpres itu.


Muncul pertanyaan kemudian, apakah gimik mencari-cari jawaban Mahfud juga bagian dari skenario yang sudah direncanakan?


"Spontanitas anak muda saja," ujar Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, saat dikonfirmasi, Selasa (23/1).


Tampaknya Gibran memang sudah menyiapkan dengan baik debat kali itu. Dia cuti dan berada di Jakarta, tapi tidak berkampanye jelang debat.


Saat debat berlangsung, ada sejumlah tokoh yang duduk di belakangnya Gibran. Sebut saja, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, dan sang adik yang juga Ketum PSI Kaesang Pangarep.


 Nusron menyebut, gaya Gibran yang jadi sorotan di debat tak ubahya seperti guyonan. Itu merupakan gaya orang Jawa dalam memecah ketegangan.


"Itu gaya guyonan komunikasi orang Jawa saja. Dalam rangka memecahkan kebekuan sehingga suasana debat tidak terlihat kaku dan monoton," ujar Nusron.


Lebih lanjut, Nusron juga mengatakan bahwa Gibran tidak bermaksud mengejek Mahfud MD.


Menurutnya, Gibran justru sangat hormat kepada cawapres nomor urut 3 tersebut.


"Nggak ada. Mas Gibran sangat respect sama Pak Mahfud, buktinya begitu selesai langsung sungkem dan cium tangan," pungkasnya.


Sebelumnya, cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka bertingkah seperti orang yang mencari-cari barang hilang: Dia menunduk-melongok ke arah cawapres 03 Mahfud MD.


Gibran lalu bicara, "Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari di mana ini jawabannya, kok enggak nemu jawabannya," kata Gibran di debat cawapres yang diselenggarakan KPU, Minggu (21/1).


Gibran melanjutkan, "Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau. Prof Mahfud, yang namanya greenflation atau inflasi hijau itu kita kasih contoh yang simpel saja, demo rompi kuning di Prancis bahaya sekali, sudah memakan korban. Harus kita antisipasi jangan sampai ke Indonesia, kita belajar dari negara maju."


Melihat Gibran bertingkah begitu dan menjawab begitu, Mahfud pun merespons:


"Saya juga ingin mencari itu jawabannya ngawur juga itu. Ngarang-ngarang gak karuan mengaitkan dengan sesuatu yang tidak ada," kata Mahfud.


"Gini loh kalau akademis itu kalo yang bertanya seperti itu, recehan, oleh sebab itu tidak layak dijawab. Oleh sebab itu saya kembalikan ke moderator. Ndak layak dijawab, ndak ada ini jawabannya. Saya kembalikan, ndak ada gunanya menjawab," pungkasnya.


Sumber: Kumparan

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: