3 Perkara Yang Membahayakan Dunia Kata Mbah Moen, Waspada! - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

3 Perkara Yang Membahayakan Dunia Kata Mbah Moen, Waspada!

3 Perkara Yang Membahayakan Dunia Kata Mbah Moen, Waspada!

3 Perkara Yang Membahayakan Dunia Kata Mbah Moen, Waspada!


DEMOCRAZY.ID - Ulama kharismatik Nahdlatul Ulama (NU) KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen mengungkapkan tiga perkara yang bisa membahayakan dunia. 


Hal itu disampaikan Mbah Moen ketika mengatakan sebuah pepatah “Inna syababa wal-faragha wal-jadah mafsadatun lil-mar’i ayya mafsadah” dalam suatu ceramahnya.


Pertama adalah hanya menuruti hawa nafsu saat masih muda. Menurut Mbah Moen, orang yang menuruti hawa nafsu hanya mengutamakan kesenangan sesaat. Ia tidak memikirkan bagaimana hari-hari kedepannya


“Jadi sekarang tahu bahwa kenikmatan adalah kemewahan. Dia hanya mencari kemewahan saja, tidak mau memikirkan anak cucu,” kata Mbah Moen dikutip dari YouTube Muhibbin Api Tegalrejo Channel, Rabu (24/1/2024).


Mbah Moen menambahkan, orang yang selalu menuruti hawa nafsu cenderung mengikuti perintah setan. 


Ia menuruti ajakan-ajakan terhadap perkara yang tidak cocok dengan hukum syariat. 


“(Orang seperti itu) akan menjadikan kerusakan yang sangat besar,” ujar Mbah Moen.


Pengangguran dan Tidak Punya Kemauan


Kedua adalah pengangguran. Mbah Moen mengatakan, orang pengangguran bisa menimbulkan kerusakan. Hal ini karena orang-orang seperti itu kerap pikirannya tidak baik.


“Gak punya uang, tapi pengen uang. Kerja tidak bisa, karena terbiasa pengangguran. Terus kalau sudah gitu pikirannya mau mencuri atau bagaimana? Mencuri, menipu,” tuturnya.


Ketiga adalah tidak punya kemauan. Mbah Moen menjelaskan, orang yang tidak punya kemauan akan repot. 


Hidupnya tidak mau maju. Ketika diajak untuk mencari ilmu selalu merasa sudah cukup dengan apa yang didapatkannya.


“Jangan sampai orang tidak mempunyai keinginan. Eh, apa adanya saja lah, lillahi ta'la. Yang seperti ini banyak,’ katanya.


Pesan dan Kesimpulan


Mbah Moen berpesan, umat Islam harus mau maju, kreatif, dan jangan cukup puas dengan apa yang didapatkannya sehingga ada keinginan menjadi lebih baik lagi. Langkah umat Islam harus mengarah ke kemajuan, bukan kemunduran.


"Harus mempunyai kaidah, bagaimana langkah untuk membawa manusia ini maju, bukan malah melangkah membawa manusia ini pada kemunduran," pesannya.


Jadi, berdasarkan penjelasan Mbah Moen dapat disimpulkan bahwa tiga perkara yang membahayakan dunia adalah orang yang selalu menuruti hawa nafsu, pengangguran, dan orang yang tidak punya kemauan. Wallahu a’lam.


Sumber: Liputan6

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: