Soal Pelanggaran Pilpres 2024, Rocky Gerung Menyalahkan Pernyataan TPN Ganjar-Mahfud - DEMOCRAZY News
POLITIK

Soal Pelanggaran Pilpres 2024, Rocky Gerung Menyalahkan Pernyataan TPN Ganjar-Mahfud

DEMOCRAZY.ID
Desember 18, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Soal Pelanggaran Pilpres 2024, Rocky Gerung Menyalahkan Pernyataan TPN Ganjar-Mahfud

Soal Pelanggaran Pilpres 2024, Rocky Gerung Menyalahkan Pernyataan TPN Ganjar-Mahfud


DEMOCRAZY.ID - Buntut Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menceritakan barbagai pelanggaran di pemilihan presiden atau Pilpres 2024 lebih buruk dari Pemilu 1999. 


Sontak, hal itu langsung ditanggapi Pengamat Politik, Rocky Gerung. Dia katakan, bahwa Todung Mulya Lubis salah untuk membuat perbandingan.


"98, itu jelas-jelas untuk kelas etis antara tuntutan reformasi dan sisa-saia politik orde-orde baru," jelas Rocky Gerung dalam komentarnya di kanal YouTube Rocky Gerung Official. 


"Jadi, kalau pemilu 99 itu lebih secara etik itu lebih jujur, ya emang kita maksudkan itu. Karena itu, jangan bandingkan 99, karena 99 itu revolusi atau semi revolusi untuk mengubah etik yang ototeritian berhenti ke etik reformasi itu," sambung Rocky Gerung. 


Nah setelah reformasi, Rocky Gerung katakan makanya dinilai saat ini, apakah di era reformasi, PDIP lebih baik dari 2024 dengan 2019. 


Kata Rocky Gerung, itu bukan, mestinya dibandingkan PDIP hari ini dan kemarin. Baik pemilu yang berurutan ini. 


"Begitu perbandingannya. Jadi saudar Todung sebagi tim hukum, dia ingin mendapatkan poin dengan membandingkan pilpres 2024 dengan Pemilu 1999 itu," jelas Rocky Gerung. 


"Itu perbandingan yang ngaco sebetulnya, ibarat membandingkan apple busuk dan apple busuk," pungkas Rocky Gerung. 


Sebelumnya diberitakan, Deputi Bidang Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar- Mahfud Md, Todung Mulya Lubis, menceritakan barbagai pelanggaran di pemilihan presiden atau Pilpres 2024 ini lebih buruk. 


Dia membandingkan situasi ini dengan Pemilu 1999 yang hampir tidak ada problem seperti dihadapi saat ini.


"Hampir tidak ada pelanggaran, tidak ada manipulasi dalam Pemilu 1999. Itu Pemilu pertama setelah Orde Baru," kata Todung dalam keterangan pers di Sekretariat TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 16 Desember 2023.


Pemilu 1999, Todung mengatakan, menjadi awal dari suatu proses demokrasi di Indonesia yang lebih sehat dan lebih terkonsolidasi. Diikuti pada Pemilu berikutnya, yang menurut dia, berlangsung sangat baik. 


"Tapi kali ini, kita dihadapkan pada Pemilu dan Pilpres yang membuat hati kita terguncang," ujar dia.


Perbandingan itu muncul setelah ia menyaksikan begitu banyak tindakan kecurangan terjadi belakangan ini. Seperti pencopotan baliho pasangan Ganjar-Mahfud. 


Dia mengatakan, beberapa waktu lalu ada 70 baliho pasangan nomor 3 ini dicopot pada dinihari.


Jauh sebelum itu, ada spanduk pasangan Ganjar-Mahfud dicopot di Bali, saat ada kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 


"Karena begitu banyak dan begitu sistematik pelanggaran yang terjadi di lapangan," tutur dia.


Todung menjelaskan, jika proses Pemilu 2024 ini bisa dijaga supaya berjalan jujur dan adil, tidak ada orang yang akan mengadu ke Mahkamah Konstitusi untuk menyelesaikan sengketa Pemilu. 


Dia menyatakan, di TPN sendiri berharap tidak menuju ke MK, jika proses dan integritas Pemilu berjalan dengan baik.  


Namun, dia optimistis setelah melihat banyak kejadian yang terjadi belakangan ini, terutama pencopotan baliho pasangan Ganjar-Mahfud. 


"Tapi apakah semua pihak, pemerintah, ASN, dan lain-lain itu mau menjaga integritas Pemilu dan Pilpres ini?" kata dia. 


"Tidak ada gunanya kita punya Pemilu dan Pilpres kalau tidak punya integritas."


Todung mengaku semakin khawatir, curiga, bahwa pencopotan dan pemasangan baliho itu merupakan kerja satu "kekuatan" yang tidak ingin Ganjar-Mahfud memenangkan Pemilu 2024.


Dia juga mengajak supaya siapa pun ikut berjuang. Berusaha menegakkan hukum, etika, moral, dan menjalankan proses Pilpres dan Pemilu yang fair.  


"Yang obyektif, independen, dan tidak memihak," ucap Todung.


Sumber: TvOne

Penulis blog