Simak! PAN Samakan Guyonan Zulhas Dengan UAS dan UAH, Begini Fakta Sebenarnya - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

Simak! PAN Samakan Guyonan Zulhas Dengan UAS dan UAH, Begini Fakta Sebenarnya

DEMOCRAZY.ID
Desember 20, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Simak! PAN Samakan Guyonan Zulhas Dengan UAS dan UAH, Begini Fakta Sebenarnya

Simak! PAN Samakan Guyonan Zulhas Dengan UAS dan UAH, Begini Fakta Sebenarnya


DEMOCRAZY.ID - Menteri Perdagangan RI, Zulfikli Hasan atau Zulhas, mendapat sorotan dan kontroversi usai videonya viral di media sosial.


Dalam acara tersebut, Zulhas bercerita tentang peristiwa saat sholat Maghrib, di mana beberapa jamaah tidak mengaminkan doa imam dan ia mengaitkannya dengan rasa cintanya terhadap Prabowo Subianto.


"Jadi kalau sholat Maghrib, baca Al-Fatihah, ada yang diam sekarang, Pak, banyak, saking cintanya sama Pak Prabowo," ungkap Zulhas.


Bahkan, Zulhas juga menyebutkan ketika gerakan akhir sholat, tasyahud akhir, banyak jamaah yang tidak menunjuk dengan satu jari, tetapi dua jari.


Pernyataannya ini pun mendapatkan reaksi dari Kiai Cholil Nafis, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah.


Melalui cuitannya, Cholil Nafis menyatakan bahwa candaannya dianggap kering, tak lucu, dan dapat dianggap melecehkan agama.


"Candaannya kering dan tak lucu. Mungkin bagi sebagian orang merasa agamanya dilecehkan. Tak pas disampaikan anda ituuuhhh," tulis Cholil Nafis seperti dilansir dari @cholilnafis pada Rabu, 20 Desember 2023.


Lebih lanjut, Kiai Cholil Nafis mengajak Ketua Umum PAN tersebut untuk menggunakan candaan dan humor yang tidak melibatkan isu agama.


"Pak @ZUL_Hasan cari candaan dan humor yg lucu aja daahh. Jangan nyerempet2 agama gitu ya," tegasnya.



Reaksi netizen pun bermacam-macam, sebagian menyayangkan penggunaan humor yang menyangkut agama, menganggapnya tidak elok dan tidak etis.


Namun, ada yang menunjukkan perbandingan dengan video Anies Baswedan dan Ustadz Abdul Somad yang juga menggunakan unsur humor dalam situasi yang serupa.


Hal ini dikutip dari akun twitter @Partono_ADjem pada Rabu, 20 Desember 2023.


Komentar netizen mengenai video ini mencerminkan adanya keraguan terhadap penyampaian pesan Zulhas.


Beberapa orang menganggapnya sebagai kampanye politik yang tidak pantas di tempat yang seharusnya serius seperti acara Kementerian Perdagangan.


"Yang dimasalahin itu lg di acara kementerian perdagangan. Malah kampanye 02. Haduwwww," komen @Kimi***.


"Diksi kalimatnya beda.....UAS sama Zulkifli Hasan jauh ...bedanya...." tulis @hjsu***.


"Kalo saya bacanya, malah omongan Zulhas membenarkan kalo umat jadi ngaco karena saking cintanya sama Prabowo seperti yg Zulhas bilang, kurang gila apalagi ini pilpres, sampai sholat pake dimodifikasi, kagak mau pake Amin." komen @mang***.


[VIDEO]



Sementara Zulhas memang dikenal dengan gaya bicaranya yang santai dan sering kali mengocok perut.


Pernyataannya kali ini menunjukkan bahwa sebaiknya para pejabat publik lebih berhati-hati dalam menggunakan unsur humor, terutama jika melibatkan isu agama yang dapat sangat sensitif. [Democrazy/Kilat]

Penulis blog