Sering Meledak, DPR Minta Pemerintah Hentikan Smelter Nikel Asal China di Indonesia! - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

Sering Meledak, DPR Minta Pemerintah Hentikan Smelter Nikel Asal China di Indonesia!

DEMOCRAZY.ID
Desember 24, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Sering Meledak, DPR Minta Pemerintah Hentikan Smelter Nikel Asal China di Indonesia!

Sering Meledak, DPR Minta Pemerintah Hentikan Smelter Nikel Asal China di Indonesia!


DEMOCRAZY.ID - Anggota Komisi VI DPR Mulyanto meminta pemerintah menghentikan sementara semua operasional smelter nikel asal Cina di Indonesia.


Hal ini buntut insiden ledakan di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) pada Minggu, 24 Desember 2023.


"Beberapa waktu sebelumnya juga terjadi kecelakaan di smelter PT GNI yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia, pemerintah perlu mengaudit semua smelter tersebut secara ketat," kata Mulyanto dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).


Mulyanto juga mengatakan audit tersebut mesti dilakukan secara profesional, objektif, dan menyeluruh terhadap aspek keamanan dan keselamatan kerja.


"Jangan sampai karena ada pertimbangan politik, Pemerintah mengabaikan aspek keamanan dan keselamatan kerja di perusahaan-perusahaan itu," ujarnya.


Menurut Mulyanto, kualitas barang yang digunakan untuk menunjang operasional smelter juga mesti dicek. Apalagi, kata dia, sebagian besar alat kerja di smelter milik cina diimpor dari cina juga.


"Kita perlu tahu. Jangan-jangan barang dan suku cadang yang dipakai tidak memenuhi syarat yang ditentukan," tuturnya.


Lebih lanjut, Mulyanto mengatakan insiden di PT ITSS pagi ini mesti menjadi pelajaran berharga yang benar-benar dipahami.


Apalagi, ledakan ini menjadi ledakan terbesar dalam sejarah pengoperasian smelter milik perusahaan Cina di Indonesia. Karena itu, pemerintah harus bersungguh-sungguh menindaklanjuti kasus ini sehingga penyebab ledakan bisa diketahui.


"Pemerintah harus mencari akar-masalahnya sehingga dapat dicegah kejadian seperti ini berulang di masa depan," tutur Mulyanto.


Sebelumnya, dilaporkan sebanyak 12 korban jiwa yang meninggal akibat ledakan tungku smelter nikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS).


Ledakan tersebut terjadi di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12/2023).


Kepala Divisi Media Relations PT IMIP Dedy Kurniawan merinci 12 korban jiwa tersebut di antaranya, 5 dari tenaga kerja negara asing atau WNA dan 7 asal pekerja Indonesia.


"Korban meninggal dunia terdiri atas 7 tenaga kerja asal Indonesia, dan 5 tenaga kerja asing," ujar Dedy dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).


Selain itu, banyak juga korban luka berat dan luka ringan yang kini dalam perawatan pihak kesehatan.


"39 lainnya mengalami luka berat hingga luka ringan," ujar Dedy.


Cairan pemicu ledakan diduga menjadi penyebab ledakan hebat tungku smelter nikel yang terjadi pada Pukul 05:30 Wita pagi tadi.


"Hasil investigasi awal, penyebab ledakan diperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Saat proses perbaikan tersebut, terjadi ledakan," ujar Dedy.


Banyaknya tabung oksigen di sekitar lokasi menambah parah ledakan di lokasi kejadian. [Democrazy/PojokSatu]

Penulis blog