Pakar Ekonomi UI Anggap Pertanyaan SGIE Gibran ke Cak Imin Tak Lengkap, Begini Katanya - DEMOCRAZY News
EKBIS POLITIK

Pakar Ekonomi UI Anggap Pertanyaan SGIE Gibran ke Cak Imin Tak Lengkap, Begini Katanya

DEMOCRAZY.ID
Desember 23, 2023
0 Komentar
Beranda
EKBIS
POLITIK
Pakar Ekonomi UI Anggap Pertanyaan SGIE Gibran ke Cak Imin Tak Lengkap, Begini Katanya

Pakar Ekonomi UI Anggap Pertanyaan SGIE Gibran ke Cak Imin Tak Lengkap, Begini Katanya


DEMOCRAZY.ID - Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Teguh Dartanto, mengaku kaget dengan pertanyan Gibran Rakabuming Raka kepada Muhaimin Iskandar soal State of the Global Islamic Economy (SGIE) karena Gibran tidak menyertakan penjelasan di awal terkait topik tersebut.


Teguh mengatakan, konteks isu dan persoalan menjadi penting dalam melontarkan pertanyaan.


"Menurut saya orang bertanya harus memberikan konteks isu dan persoalan," jelas Teguh.


Pria yang meraih gelar PhD bidang pembangunan dari Universitas Nagoya itu juga mengatakan, model pertanyaan yang disampaikan harus jelas, bukan model singkatan.


Pada sesi tanya jawab di debat cawapres, Jumat (22/12) malam, Cak Imin harus bertanya balik kepada Gibran mengenai kepanjangan SGIE, sehingga waktu dua menit yang diberikan kepada cawapres nomor urut 1 itu menjadi berkurang.


Namun demikian, Teguh menegaskan jawaban yang disampaikan Cak Imin sudah masuk ke isu persoalan meski waktu berkurang.


"Menurut saya jawaban Cak Imin sudah masuk ke isu persoalan walaupun karena keterbatasan waktu jadi kurang terelaborasi. Jawaban Cak Imin terkait dengan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia sudah cukup oke," pungkasnya.


Anies Soal SGIE: Bisa Dijawab Google Sebenarnya, Pemimpin Harus Substantif


Capres nomor urut 01 Anies Baswedan menanggapi pertanyaan SGIE (State of the Global Islamic Economy) yang ditanyakan cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka saat debat dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.


Dalam debat cawapres yang digelar KPU di JCC Senayan, Jumat (22/12) malam, Gibran menanyakan terkait upaya Cak Imin untuk menaikkan Indonesia dalam SGIE. 


Pertanyaan ini tidak bisa dijawab langsung Cak Imin karena wapres Anies Baswedan tersebut tidak tahun apa itu SGIE.


Usai debat, Anies menyampaikan pembelaan untuk cawapresnya itu.


"Jadi, ketika pertanyaan adalah soal terminologi teknis bisa dijawab dengan Google sebenarnya. Karena yang dibutuhkan di tingkat kepemimpinan nasional adalah hal-hal substantif. Ini yang sesungguhnya dibawa," kata Anies.


Anies mengatakan pertanyaan itu sah saja diajukan. Tapi ia menilai kualitas pertanyaannya tidak substansi.


"Padahal semakin tinggi posisi semakin berfokus pada substansi. Dan di tingkat kepemimpinan nasional pada tingkat substansi. Tapi sebagai aspek pertanyaan sah saja," kata Anies.


"Tapi nanti publik menilai apakah memang ini format cerdas cermat untuk hafalan atau ini format tentang gagasan ideologi dan nilai yang diwujudkan dalam kebijakan." -- Anies Baswedan


Pada kesempatan yang sama Cak Imin juga ikut menanggapi pertanyaan Gibran tersebut. Ia mengaku saat debat lupa dengan istilah itu.


"Namanya istilah banyak sekali, ada yang saya hafal, ada yang kebetulan kita lupa singkatannya. Tapi ini biasa pertanyaan-pertanyaan yang dimunculkan setiap saat," kata Cak Imin.


"Yang penting akhirnya kita ngerti substansinya sehingga kita bisa jawab dengan tepat. Ekonomi syariah yang menjadi kekuatan bangsa kita," pungkasnya. [Democrazy/Kumparan]

Penulis blog