Menohok! Pandji Pragiwaksono Sebut Ganjar Pranowo 'Aneh' Gegara Pernyataan Kritik Para Komika, Begini Katanya - DEMOCRAZY News
POLITIK

Menohok! Pandji Pragiwaksono Sebut Ganjar Pranowo 'Aneh' Gegara Pernyataan Kritik Para Komika, Begini Katanya

DEMOCRAZY.ID
Desember 25, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Menohok! Pandji Pragiwaksono Sebut Ganjar Pranowo 'Aneh' Gegara Pernyataan Kritik Para Komika, Begini Katanya

Menohok! Pandji Pragiwaksono Sebut Ganjar Pranowo 'Aneh' Gegara Pernyataan Kritik Para Komika, Begini Katanya


DEMOCRAZY.ID - Stand up comedian Pandji Pragiwaksono melontarkan kritikan pedasnya kepada Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.


Beberapa komika cukup sering menyampaikan kritik saat nge-roasting calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo.


Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah ketika komika Kiky Saputri nge-roasting Ganjar Pranowo di salah satu acara televisi swasta. 


Momen Kiky Saputra roasting Ganjar Pranowo. Kiky lantang menyuarakan kekecewaannya. 


"Udah ya besok2 ga akan ada roasting lagi. Cape mikirnya doang," katanya di akun X pada Selasa (24/10/2023). 


Kiky juga menyinggung sikap Ganjar Pranowo yang baperan saat di roasting. Pasalnya, Kiky mencuit kekecewaannya.  


"Hahaha sudah kuduga. Maafkan saya ya teman-teman. Nextnya gausah lagi-lagi dah," tulisnya.


Meski tak menyebut secara gamblang siapa sosok yang ia singgung, namun warganet di kolom komentar membagikan video saat Kiky Saputri me-roasting Ganjar Pranowo di acara Lapor Pak.  


Dalam video tersebut, Kiky sempat mengeluarkan candaan untuk Ganjar yang memakai pakaian ojek online.  


"Kalau ojol biasa kan baunya bau matahari, kalau ini bau-baunya mau nyari suara." katanya.


Diduga banyak adegan yang dipotong dalam acara tersebut. Wajah Ganjar Pranowo seketika tampak datar mendengar celetukan tersebut. 


Sementara itu, Pandji Pragiwaksono dalam acara bincang di kanal Youtube Kemal Palevi membahas soal kritikan terhadap Ganjar Pranowo.


"Jadi keingat sama Komika Kiky Saputri, gua juga mau nanya soal ini, kemarin pak Ganjar ada yang bilang kalau Stand Up Comedian mau kritik saya, ya kritik aja. Tapi saya boleh kritik kalian juga, dan kalian juga marah," ungkap Kemal Palevi di kanal Youtube pribadinya.


Mendengar soal statement dari Ganjar Pranowo itu, Pandji Pragiwaksono menilai kalau Capres nomor urut 3 dari PDI Perjuangan itu aneh.


"Aneh pak Ganjar, pak Ganjar aneh ah, aneh banget. Tapi gua ngerti maksudnya dia,'lu boleh ngomong, tapi bertanggung jawab ya,' poinnya kan itu, dan benar semua stand up comedian kalau ngomong juga harus tanggung jawab, gua setuju," ujar Pandji.


Mantan juru bicara Anies Baswedan ini di Pilkada DKI Jakarta 2017 itu menceritakan bahwa ada salah seorang komedian yang terjerat kasus, Pandji tak menyebutkan namanya.


"Gua gak mau sebut karena waktu itu dia ngomong sama gua tolong ji jangan dinaik-naikin lagi soalnya udah surut gitu, tapi kontroversial sekali ini komika," ungkapnya.


"Oke ditelepon sama Bang Dedi Gumelar alias Bang Miing, oke dia ngomong panjang jam 12 malam dia, dia merasa gua adalah abang-abangan stand up, dan gua disuruh ingetin anak-anak stand up," sambungnya.


Pandji kemudian mengingat soal percakapannya dengan Bang Miing saat itu sehingga muncul kalimat yang membekas.


"Kalimat bagus banget dia bilang gini, menjadi pelawak itu tidak ngasih li hak untuk ngomong semaunya, sebaliknya menjadi pelawak itu harusnya membuat lu berhati-hati dengan pilihan kata lu, dan benar kan kita di Stand Up kan percaya kalau diksi itu penting ya," jelasnya.


"Kalau kita pakai diksi tepat efek tawanya lebih keras, berarti sebagai komedian itu harusnya lu spesifik dengan kata-kata lu,'jangan ah gua kan pelawak, gua bisa semaunya, nggak kayak gitu," sambungnya.


Dari hal itulah, Pandji mengaku lebih mengerti dan tercerahkan bahwa jadi pelawak itu jangan sembarangan.


"Emang di sini harus bikin ketawa, betul. Tapi lu hidup di planet apa sih, berpikir ketika lu bisa ngomong, dan nggak ada konsekuensi, lu ngomong ngomong aja asal bertanggung jawab," ujarnya.


"Nah gua ngerti pak Ganjar maunya gitu, ngomong tapi bertanggung jawab, tapi ketika dia bilang silakan kritik saya tapi saya boleh kritik balik ya," ungkapnya.


Menurut Pandji, Ganjar sebagai Calon Presiden harus siap.


Mencontohnya nama pelawak tunggal terkenal di Amerika Serikat, seperti Chris Rock yang ngomongin George W Bush.


"Lalu Will Ferrell bikin One Man Show, impersonating George W Bush menjelek-jelekan kasarnya menertawakan. George W Bush tidak pernah sekali pun mengungkit itu karena dia tahu it's just a joke," pungkasnya. [Democrazy/TvOne]

Penulis blog