EKBIS HUKUM ISLAMI POLITIK

MUI Sudah Ada Fatwa Haram Kripto, Gibran Ngotot Siapkan Ahli Kripto Demi Hilirisasi Digital

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
HUKUM
ISLAMI
POLITIK
MUI Sudah Ada Fatwa Haram Kripto, Gibran Ngotot Siapkan Ahli Kripto Demi Hilirisasi Digital

MUI Sudah Ada Fatwa Haram Kripto, Gibran Ngotot Siapkan Ahli Kripto Demi Hilirisasi Digital


DEMOCRAZY.ID - Gibran Rakabuming Raka menggagas hilirisasi digital saat Debat Cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023 kemarin.


Adapun cara Gibran Rakabuming agar hilirisasi digital ini terwujud salah satunya dengan menyiapkan anak muda sebagai ahli kripto.


Padahal jauh sebelum debat cawapres itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menegluarkan fatwa haram kripto.


Ketua MUI bidang Fatwa Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan kripto itu haram ketika forum ijtima ulama pada tahun 2021 silam.


“Cryptocurrency sebagai mata uang hukumnya haram karena mengandung dhoror dan bertentangan dengan undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 dan peraturan BI nomor 17 tahun 2015 ketika itu dimaknai sebagai mata uang,” katanya, dikutip dari YouTube BeritaSatu pada Rabu, 27 Desember 2023.


“Yang kedua Cryptocurrency sebagai komoditi atau aset digital tidak sah diperjualbelikan karena mengandung gharar, dharar, qimar dan tidak memenuhi syarat hasil ah secara syar'i,” sambungnya.


Menurut Ketua MUI tersebut syar’i di sini berarti ada wujud fisik memiliki nilai diketahui jumlahnya secara pasti hak milik dan bisa diserahkan ke pembeli.


“Yang ketiga Cryptocurrency sebagai komoditi atau aset yang berbasis kepada underlying dan manfaat yang jelas hukumnya boleh,” tandasnya.


Sementara itu, gagasan Gibran Rakabuming untuk menekan hilirisasi digital itu diucapkan ketika di panggung Debat Cawapres.


“Untuk menuju Indonesia emas dibutuhkan generasi emas kita harus mampu merubah future challenge menjadi future opportunity,” jelasnya, dikutip dari YouTube KPU RI.


“Kita harus punya future talents yang dilengkapi dengan future skills untuk itu hilirisasi digital akan kami genjot,” tambahnya.


Untuk mewujudkan gagasan hilirisasi digital itu, Gibran Rakabuming mengatakan akan menyiapkan anak-anak muda yang menunjang hal tersebut.


“Kita akan siapkan anak-anak muda yang ahli artificial intelligence, anak-anak muda yang ahli blockchain, anak-anak muda yang ahli robotik, anak-anak muda yang ahli perbankan syariah, anak-anak muda yang ahli kripto,” tandasnya.


Oleh karena gagasan itulah Cawapres nomor urut 2 tersebut mulai menjadi pembicaraan karena banyak pro dan kontra terkait kripto.


Apalagi Gibran dengan terbuka akan mempersiapkan anak muda untuk menjadi ahli kripto demi gagasannya tercapai. 



[Democrazy/Kilat]

Penulis blog