Mengumpat ‘Ndasmu Etik’, Pakar Komunikasi Sebut Prabowo Tunjukkan Sifat Asli Anti-Kritik - DEMOCRAZY News
POLITIK

Mengumpat ‘Ndasmu Etik’, Pakar Komunikasi Sebut Prabowo Tunjukkan Sifat Asli Anti-Kritik

DEMOCRAZY.ID
Desember 17, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Mengumpat ‘Ndasmu Etik’, Pakar Komunikasi Sebut Prabowo Tunjukkan Sifat Asli Anti-Kritik

Mengumpat ‘Ndasmu Etik’, Pakar Komunikasi Sebut Prabowo Tunjukkan Sifat Asli Anti-Kritik


DEMOCRAZY.ID - Pakar komunikasi politik sekaligus Direktur Nusakom Pratama Institute Ari menilai ucapan Prabowo, yang mengeluarkan umpatan ‘ndasmu etik’ di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerindra, menunjukan sifat asli Prabowo yang antikritik. 


Ia juga menilai, pola komunikasi yang terbangun di otak Prabowo dan persepsi ucapan Prabowo tidak singkron.


“Pernyatan-pernyataan Prabowo baik dalam forum debat maupun dalam forum resmi dan internal partai semakin menunjukkan adanya ketidaksingkronan pola komunikasi yang terbangun di otaknya dengan persepsi ucapannya,” kata Ari saat dihubungi, Minggu (17/12/2023).


Dalam psikologi komunikasi, sambung Ari, kondisi seperti Prabowo sangat tidak layak untuk dijadikan pemimpin karena ketidakmampuan olah verbalnya.


“Pelarian dari jawaban yang harus diberikan dalam debat dengan berjoget dan mencibir serta emosinal yang tidak tertahankan, sudah lebih dari cukup dari indikasi dari ketidakberesan pengolahan verbal dan non-verbal,” ucap Ari yang juga sebagai pengajar di berbagai universitas di tanah air ini.


Seperti diketahui, beredar potongan video Prabowo Subianto di acara rakernas Gerindra yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2023). 


Dalam video tersebut, Prabowo seolah-olah menyinggung pertanyaan dari capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat debat perdana yang mempertanyakan perasaan Prabowo soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang meloloskan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres pendampingnya.


“Bagaimana perasaan Mas Prabowo? Soal etik, etik, etik, ndasmu (kepalamu) etik,” kata Prabowo dalam potongan video tersebut yang disambut tepuk tangan keras dari seluruh kader gerindra yang hadir di Rakornas tersebut.


Ini Arti 'Ndasmu Etik' Yang Diucapkan Prabowo Subianto, Murni Candaan atau Sindir Anies Baswedan?


Istilah 'ndasmu' berasal dari bahasa Jawa yang menggambarkan konsep 'kepalamu'.


Secara etimologi, kata etik dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai kumpulan asas atau nilai yang berkaitan dengan akhlak; nilai-nilai yang menentukan benar dan salah yang dianut oleh suatu kelompok atau masyarakat.


Dalam konteks bahasa Jawa, terdapat berbagai tingkatan kesopanan dalam berkomunikasi.


Kata "ndasmu" termasuk dalam ragam tutur ngoko, yang merupakan tingkatan paling rendah dalam tata krama bahasa Jawa.


Umumnya, kata ini digunakan saat berbicara dengan teman sebaya, orang yang lebih muda, atau orang yang memiliki hubungan akrab.


Penggunaan kata ini juga dapat mencerminkan status atau kekuasaan yang lebih tinggi dari pihak yang berbicara, atau menunjukkan kedekatan hubungan dengan lawan bicara.


Lebih dari sekadar mengandung makna harfiah sebagai 'kepala', kata 'ndasmu' juga dapat menyampaikan sikap penolakan, ketidaksetujuan, keluhan, sindiran, atau bahkan candaan.


Klarifikasi Jubir


Sementara itu, juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar telah mengklarifikasi maksud dari 'ndasmu etik' yang diucapkan oleh Menteri Pertahanan itu.


Menurut dia, itu merupakan candaan Prabowo Subianto di forum internal Gerindra.


"Pak Prabowo senang bercanda, itu bercandaan Pak Prabowo ke kader-kader Gerindra. 1.000 persen becanda," ujar Dahnil. [Democrazy/Fajar]

Penulis blog