[BREAKING] Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

[BREAKING] Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

DEMOCRAZY.ID
Desember 26, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
[BREAKING] Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

[BREAKING] Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia


DEMOCRAZY.ID - Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe dikabarkan tutup usia di Rumah Sakit Pusat TNI AD (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (26/12/2023) PUKUL 10.45 WIB atau pukul 12.45 WIT. 


Kabar duka tersebut beredar luas melalui jejaring media sosial seperti Watshapp dan grup-grup media sosial lainnya. Termasuk yang diterima awak redaksi Tribun-Papua.com. 


Sayangnya tim Tribun-Papua.com belum bisa menghubungi pihak keluarga, kolega, dan tim pengacara mantan orang nomor satu di Tanah Papua ini untuk memastikan kabar tersebut. 


Namun sejumlah sumber yang dapat dipercaya menyebutkan, bahwa Lukas Enembe menghembuskan napas terakhir di rumah sakit saat menjalani perawatan medis. 


Saat yang bersamaan, beredar imbauan dari Presiden Gereja Injili Indonesia (GIDI), Pdt Dorman Wandikbo yang juga mengabarkan kalau mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe meninggal dunia di Jakarta. 


Berikut isi imbauan Presiden GIDI, Pdt Dorman Wandikbo: 


Kepada yg terhormat Rakyat Papua yang dikasihi Tuhan Jesus, Hari ini tgl 26-12-2023 Jam 10 Pagi waktu WIB. Telah di panggil Oleh Tuhan Bpk Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jakarta. Dan Rencana diterbangkan Jkr- Papua Besok Malam.     


Oleh karena itu saya Memberitahukan seluruh Umat Tuhan di tanah Papua @ TIDAK BOLEH MEMBUAT KERIBUTAN, MERUSAK FASILITAS UMUM dan  NGANGGUAN JALAN saat Pemimipin Peradaban Papua tiba di Sentani. 


Karena LUKAS ENEMBE adalah :  Pemimipn berhati rakyat, Pemimpin Simpati Rakyat , Bapak Pembangunan, berhati tulus dan jujur,  juga Meninggalkan Memori  yg sangat dalam kepada Generasih muda Papua.   


Krn itu dalam bulan Natal ini  kita  semua tdk mengganggu kedamaian hati orang lain. Sedang Merayakan Natal- Natal .  


Terima kasih atas kerja sama ini , bagian dari KEHORMATAN kita kepada Bapak Orang Papua . Demikian seruan dan himbauan dari. (Presiden GIDI Pdt Dorman Wandikbo).



Kuasa Hukum Ceritakan Detik-detik Saat Lukas Enembe Meninggal


"Menurut keterangan keluarga mendiang, yang setia mendampingi dan merawat beliau, Bapak Pianus Enembe, sebelum meninggal, Bapak Lukas minta berdiri, kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas menghembuskan nafas terakhirnya," ujar Antonius dalam keterangan tertulis.


Antonius mengatakan, menurut sang kerabat Pianus, sikap Lukas yang minta berdiri, ingin menunjukkan bahwa ia kuat dan tidak bersalah.


"Begitu, Bapak Lukas tidak bernafas lagi, langsung kami tidurkan dan memanggil dokter. Sudah diberikan tindakan, namun Bapak sudah meninggal," kata Antonius.


Menurut keterangan adik Lukas, Elius Enembe, mendiang akan dibawa ke Jayapura, pada Rabu (27/12) malam besok.


Lukas Enembe merupakan terpidana kasus suap dan gratifikasi sebesar Rp19,6 miliar.


Pada November lalu, ia divonis dengan pidana 8 tahun penjara dan dicabut hak politik selama 5 tahun


Lukas dinyatakan terbukti melanggar Pasal 12 huruf a UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat 1 KUHP dan Pasal 12 huruf B UU Tipikor.


Selain itu, majelis hakim juga menghukum terdakwa membayar uang pengganti Rp19,6 miliar (Rp19.690.793.900) paling lama satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap.


Sumber: Tribun

Penulis blog