KPU Izinkan Bawa Alat Tulis dan Kertas Dalam Debat Cawapres, Demi Gibran? Netizen: Langsung Aja Lantik! - DEMOCRAZY News
POLITIK

KPU Izinkan Bawa Alat Tulis dan Kertas Dalam Debat Cawapres, Demi Gibran? Netizen: Langsung Aja Lantik!

DEMOCRAZY.ID
Desember 21, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
KPU Izinkan Bawa Alat Tulis dan Kertas Dalam Debat Cawapres, Demi Gibran? Netizen: Langsung Aja Lantik!



DEMOCRAZY.ID - Debat perdana cawapres untuk Pilpres 2024 akan dilaksanakan Jumat (22/12/2023) besok. KPU pun mengizinkan para kandidat untuk membawa alat tulis dan kertas.


Debat juga nantinya akan menggunakan podium. Agenda ini akan berlangsung di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.


"Di podium itu (cawapres) diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, bolpen dan kertas," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari, di Jakarta, Kamis (21/12/2023).


Namun, kata dia, pihaknya melarang para cawapres menggunakan alat bantu seperti teleprompter dan gawai. 


"Hanya saja alat bantu yang lain, teleprompter atau ipad atau yang lain-lain tidak diperbolehkan," jelasnya.


Hasyim juga menyampaikan, kesepakatan debat cawapres menggunakan podium merupakan usulan dari semua tim pasangan calon.


"Mengusulkan agar dalam perdebatan nanti, mulai debat kedua sampai terakhir disiapkan semacam podium untuk masing-masing capres maupun capres yang akan debat," jelasnya.


Terkait hal tersebut, sejumlah warganet X memberikan komentar atas kebijakan dari KPU itu.


Mayoritas di antaranya menduga bahwa kebijakan KPU ini adalah demi kepentingan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.


"Boleh bawa orang tua ga pak?" tulis @woi***.


"Atur aja gimana baiknya demi kenyamanan mas Gibran," @itsqua***.


"Dipermudah buat sang pangeran," @luckyluc***.


"Langsung lantik aja boleh kok, masyarakat gak ada yg protes, klo di demo kan tgl semprot aja pk water canon, trus pemimpinnya tgl di framing radikalisme atau kadrun," tulis @Revaldi***. 


Diketahui debat kedua Pilpres 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) pukul 19.00 WIB. 


Debat kedua pilpres ini bertema Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.


Debat cawapres mendatang akan dipandu oleh dua moderator yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. Ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.


Berdasarkan keterangan KPU, terdapat 6 segmen dalam jalannya debat cawapres 2024. 


Segmen 1 yakni penyampaian visi-misi dan program kerja. Lalu, segmen 2, 3, 4 dan 5 yakni pendalaman visi-misi, dan program kerja. 


Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan. Kemudian, para peserta debat lain akan saling menanggapi. 


Segmen 6 adalah penutup atau closing statement. Masing-masing peserta debat atau capres akan memberikan pernyataan penutup. [Democrazy]

Penulis blog