KISAH Bocah Palestina Yang Mendadak Tenar di YouTube Usai Terbunuh Dalam Serangan Israel - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

KISAH Bocah Palestina Yang Mendadak Tenar di YouTube Usai Terbunuh Dalam Serangan Israel

DEMOCRAZY.ID
Desember 26, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
KISAH Bocah Palestina Yang Mendadak Tenar di YouTube Usai Terbunuh Dalam Serangan Israel

KISAH Bocah Palestina Yang Mendadak Tenar di YouTube Usai Terbunuh Dalam Serangan Israel


DEMOCRAZY.ID - Kisah seorang bocah Palestina bernama Awni Eldous menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Mimpinya mendadak menjadi kenyataan setelah dirinya terbunuh dalam serangan Israel di Gaza.


Dalam video yang diposting pada Agustus 2022, ia memegang mikrofon dan tersenyum saat menyatakan ambisinya untuk saluran game YouTube-nya.


“Jadi sekarang teman-teman, izinkan saya memperkenalkan diri: Saya seorang Palestina dari Gaza, berusia 12 tahun. Tujuan dari saluran ini adalah untuk mencapai 100.000 pelanggan, atau 500.000, atau satu juta,” katanya.


Dia mengakhiri video pendeknya dengan mengatakan "damai" kepada 1.000 pelanggannya sebelum menghilang dari pandangan.


Setahun kemudian, Awni menjadi salah satu anak Palestina pertama yang terbunuh dalam perang tersebut.


Kerabatnya mengatakan rumah keluarga Awni terkena serangan Israel pada tanggal 7 Oktober, hanya beberapa jam setelah kelompok bersenjata Hamas menyerbu melintasi perbatasan ke Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 240 orang.


Video Awni sekarang ditonton jutaan kali - dan video lain yang menampilkan dia bermain game komputer tanpa suara ditonton jutaan kali lagi. Hampir 1,5 juta orang telah berlangganan saluran YouTube-nya.


Bagi bibinya, Ala'a, dia adalah seorang anak laki-laki yang bahagia, percaya diri dan suka membantu yang akan membukakan pintu untuknya. Anggota keluarga lainnya memanggilnya "insinyur Awni" karena kecintaannya pada komputer.


Bibinya menceritakan, pada saat serangan Hamas, ketika Israel mulai membalas, Ala'a membayangkan sebuah bom menghancurkan rumah keluarganya di Kota Gaza. 


Malam itu, sekitar pukul 20.20, ponselnya menyala dan berisi pesan dari temannya: Rumah keluarga Awni telah diserang.


Ala'a tidak mau mempercayai pesan yang diterimanya. Namun setelah terhubung ke wi-fi tersebut, dia melihat teman dekat keluarga tersebut telah membagikan foto kakaknya di media sosial dengan tulisan: "Beristirahatlah dengan damai." Dia berlari ke rumah sakit.


“Mereka meminta saya untuk melihat jenazah namun suami saya menolak, dia ingin saya mengingat wajah cantik mereka ketika mereka masih hidup,” katanya melalui pesan Facebook, yang dikirim dari selatan Gaza, tempat dia sekarang mengungsi.


Ala'a mengatakan 15 anggota keluarganya dibunuh malam itu, di antaranya Awni.


Dia menggambarkannya sebagai anak yang tenang dan suka membantu. Ayahnya adalah seorang insinyur komputer dan Ala'a mengatakan bahwa sepanjang ingatannya, Awni akan meniru ayahnya, membongkar laptop dan kemudian mencoba menyatukannya kembali.


Dalam foto yang dibagikan Awni di halaman Facebook-nya, dia berdiri di depan papan tulis sambil memegang motherboard komputer kepada sesama siswa, saat dia memimpin pelajaran teknologi yang diselenggarakan sebagai bagian dari skema “guru kecil”. 


Gambar yang dipublikasikan di halaman Facebook sekolahnya menunjukkan dia memenangkan banyak penghargaan.


Tak lama setelah kematiannya, salah satu gurunya berbagi foto dengan Awni, menggambarkan "senyum abadi" anak laki-laki tersebut.


Di luar sekolah, Ala'a mengatakan Awni senang menghabiskan waktu bersama keluarganya. Pada suatu "malam yang sangat indah", Ala'a mengatakan dia menonton film bersama Awni dan saudara-saudaranya, berbagi keripik dan coklat.


Terakhir kali dia melihatnya adalah saat sarapan keluarga tiga minggu sebelum kematiannya, di mana dia menatap keponakannya dan berkata: "Awni telah menjadi seorang laki-laki."


Awni diketahui menyukai komputer dan game, dan dia mengidolakan para YouTuber yang berkarier dari hobinya.


“Dia ingin menjadi seperti mereka – memiliki pengikut dan penggemar,” kata Ala'a.


Awni memulai salurannya pada Juni 2020. Videonya menunjukkan dia bermain Pro Evolution Soccer, game balap mobil Blur, dan game menembak orang pertama Counter-Strike.


Keterangan panjang memberikan detail tentang game tersebut, perusahaan yang membuatnya, dan tanggal rilisnya.


Dalam video Awni dengan seorang pamannya, pasangan tersebut menjanjikan serangkaian konten "khusus" di saluran tersebut, dan secara serempak menyatakan: "Ini akan menjadi ledakan."


Mereka menyeringai dan menggerakkan tangan saat mereka berbicara secara bergiliran. Mereka mengatakan mereka berencana memperluas saluran tersebut dengan memasukkan vlog dan wawancara.


Anggota keluarga yang berbeda tinggal di setiap lantai gedung tiga lantai di lingkungan Zeitoun. Awni tinggal di lantai bersama ibu dan ayahnya, dua kakak perempuannya, dan dua adik laki-lakinya.


Serangan itu juga didokumentasikan pada bulan Oktober oleh kelompok hak asasi manusia (HAM) Amnesty International.


“Dua bom tiba-tiba jatuh di atas gedung dan menghancurkannya. Saya dan istri beruntung bisa selamat karena kami tinggal di lantai paling atas,” kata paman Awni, Mohammed.


Baik dia maupun seorang tetangga mengatakan mereka tidak menerima peringatan. “Tiba-tiba, boom,” kata tetangga itu.


Bagi yang lain, gamer berusia 13 tahun ini telah menjadi semacam simbol yang mewakili hilangnya anak-anak di Jalur Gaza. "Tolong maafkan kami," demikian bunyi salah satu komentar di videonya. "Kuharap kami mengenalmu sebelum kamu meninggal,” lanjutnya.


Sementara itu, Ashraf Eldous, kerabat jauh Awni yang bekerja sebagai programmer dan membantu menjalankan beberapa saluran YouTube, mengatakan remaja tersebut sering menghubunginya untuk meminta nasihat.


Dalam pesan dari Agustus 2022, yang dibagikan kepada BBC, Awni menyapa “saudara Ashraf” sambil meminta tips dari YouTube. Dia bahkan diam-diam mengambil telepon ayahnya untuk meminta nasihat, kenang Ashraf.


Ashraf mengatakan terakhir kali dia berbicara dengan ayah Awni, dia diberitahu: "Jaga Awni. Jawab pertanyaannya. Dia ambisius."


“Ambisinya adalah menjadi pesaing atau kolega saya,” kata Ashraf. "Dia membuat saluran YouTube. Salurannya tidak terlalu besar, dan jumlah penayangannya tidak banyak. Setiap start-up pada awalnya sulit,” lanjutnya.


Namun setelah kematian Awni pada bulan Oktober, pandangan tersebut meningkat ketika saluran barunya menarik perhatian para YouTuber mapan, termasuk gamer asal Kuwait, AboFlah.


Dalam video emosional yang kini ditonton hampir sembilan juta kali, AboFlah menangis dan menjauh dari kamera.


Dia baru saja mengetahui pesan yang dikirimkan Awni kepadanya di media sosial.


Salah satu pesan tersebut berbunyi: "Tidak ada yang sebanding dengan musim dingin Palestina di Gaza; suasananya legendaris. 


Kami minum sahlab [minuman susu manis]. Enak sekali. Kami juga makan chestnut panggang. Saya harap Anda datang ke Palestina . Banyak cinta."


Di foto lain, Awni menulis kepada AboFlah: "Anda adalah legenda dan panutan."


Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan lebih dari 20.000 orang telah tewas di sana sejak perang dimulai – lebih dari sepertiganya adalah anak-anak. 


Badan anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau Unicef menggambarkannya sebagai “tempat paling berbahaya di dunia bagi anak-anak”.


Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak mengomentari serangan spesifik ini namun mengatakan bahwa serangan tersebut menyerang sasaran militer dan bahwa Hamas memiliki praktik yang terdokumentasi dalam beroperasi dari dekat, di bawah, dan di dalam wilayah padat penduduk.


“Serangan IDF terhadap sasaran militer tunduk pada ketentuan hukum internasional yang relevan, termasuk pengambilan tindakan pencegahan yang layak dan setelah penilaian bahwa kerugian yang diperkirakan terjadi pada warga sipil dan properti sipil tidak berlebihan dibandingkan dengan keuntungan militer yang diharapkan dari serangan tersebut. serangan itu,” terangnya.


IDF menambahkan bahwa pihaknya menyesalkan segala kerugian yang ditimbulkan terhadap warga sipil atau properti sipil sebagai akibat dari operasinya, dan memeriksa semua operasinya untuk mempelajari dan meningkatkan serta memastikan semua aktivitas sesuai dengan prosedur operasional dan hukum.



Sumber: Okezone

Penulis blog