HEBOH Truk Berisi Ratusan Anjing Dikirim ke Jateng Untuk Konsumsi - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

HEBOH Truk Berisi Ratusan Anjing Dikirim ke Jateng Untuk Konsumsi

DEMOCRAZY.ID
Desember 28, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
HEBOH Truk Berisi Ratusan Anjing Dikirim ke Jateng Untuk Konsumsi

HEBOH Truk Berisi Ratusan Anjing Dikirim ke Jateng Untuk Konsumsi


DEMOCRAZY.ID - Sebuah truk yang mengangkut ratusan anjing dengan kondisi memprihatinkan melaju di jalan tol. Anjing-anjing itu diduga akan dikirim untuk dikonsumsi.


Video ratusan anjing itu diunggah oleh Instagram Animals Hope Shelter. Ketua Yayasan dan Pendiri Animals Hope Shelter Christian Joshua Pale mengatakan, truk itu sebelumnya melintas di jalan tol dari arah Jawa Barat menuju Jawa Tengah.


"Truk bermuatan ratusan anjing yang kami kejar itu berhenti di Sragen, di tempat mafia sindikat penjagalan daging anjing terbesar di Jateng. Jadi dari Sragen mereka distribusikan lagi ke Semarang, Solo, Karanganyar, Sukoharjo dan Salatiga," ujar Pale kepada kumparan, Rabu (27/12).


Pale yang mengutuk aksi penjagalan anjing untuk konsumsi itu lalu melaporkan kasus ini ke Polres Sragen. Pengaduan ini sudah diterima oleh SPKT Sragen dengan STPP/675/XII/2023/SPKT. 


Lokasi penjagalan anjing itu ada di daerah Mijahan, Ngambatpadas, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen.


"Kami langsung melaporkan dengan bukti-bukti hasil investigasi kami ke Polres Sragen," jelas dia.


Namun, ia kecewa lantaran, menurutnya, respons Polres Sragen amat lambat. Polres juga menolak mengambil tindakan tegas atas keberadaan rumah jagal anjing itu.


"Tetapi ternyata oleh Polres Sragen memperlambat perjuangan kami tidak mau menggerebek. Untuk itu saya melaporkan Polres Sragen ke Propam Polda Jateng," tegas dia.


Ia juga melayangkan surat terbuka kepada Wali Kota Solo sekaligus cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka terkait masih maraknya konsumsi daging anjing di wilayahnya.


"Saya melayangkan surat terbuka untuk Gibran karena di debat cawapres, ia menyinggung soal SGIE sementara di Solo 13.000 anjing dipotong tiap bulannya. Saya juga akan melayangkan gugatan ke pengadilan untuk pelarangan konsumsi daging anjing," kata Pale.



Polres Sragen Buka Suara


Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam mengatakan sudah menindaklanjuti laporan tersebut. Pihaknya juga sudah mengecek lokasi yang diduga penjagalan anjing itu. 


Ia mengatakan dari pemeriksaan itu tidak ditemukan truk pengangkut anjing seperti yang dilaporkan.


"Sudah kita tindaklanjuti. Penyidik dan pelapor langsung ke lokasi dan tidak ditemukan truk yang mengangkut anjing," kata Jamal saat dikonfirmasi.


Pemeriksaan itu menurut Jamal dilakukan usai polisi menerima laporan.


"Langsung hari itu juga setelah laporan, langsung ke lokasi yang dimaksud tadi, tidak ditemukan truk maupun anjing," ujarnya.


Sumber: Kumparan

Penulis blog