Waduh! Gibran Rakabuming Dinilai Buruk Dalam 'Mengelola Emosi' Oleh Pakar Psikologi Forensik - DEMOCRAZY News
POLITIK

Waduh! Gibran Rakabuming Dinilai Buruk Dalam 'Mengelola Emosi' Oleh Pakar Psikologi Forensik

DEMOCRAZY.ID
Desember 23, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Waduh! Gibran Rakabuming Dinilai Buruk Dalam 'Mengelola Emosi' Oleh Pakar Psikologi Forensik

Waduh! Gibran Rakabuming Dinilai Buruk Dalam 'Mengelola Emosi' Oleh Pakar Psikologi Forensik


DEMOCRAZY.ID - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri menilai calon wakil presiden nomor urut 2 yakni Gibran Rakabuming buruk dalam mengolah emosi.


Reza Indragiri mengatakan Gibran Rakabuming adalah cawapres yang ia nilai buruk dalam mengelola emosi sebab menurutnya wali kota Solo itu selalu tampil seolah-olah ekspetasi tenang dengan ekspetasi yang datar yang menganggap itu adalah indikasi kematangan seseorang.


"Padahal mengingat dia adalah tokoh publik lebih-lebih dia adalah seorang pemimpin maka dia harus mempertontonkan emosinya ke khalayak publik," kata Reza Indragiri soal ekspresi Gibran Rakabuming.


"Emosi justru sebagai pertanda keseriusan dia penghayatan dia tentang isu yang lagi di perbincangan itu." kata Reza, dilansir dari kanal Youtube Metrotv.


Reza juga menabahkan kalau Gibran di pada semacam situasi dan di segala tempat selalu menampilkan ekspetasi emosi yang sama justru hal ini mengidentifikasikan seolah-olah Gibran tidak peduli.


Menurut Reza Gibran Rakabuming mungkin salah kaprah dalam menganggap bahwa emosional adalah sama dengan temperamental.


"Dia barang kali salah kaprah dalam menganggap bahwa emosional adalah sama dengan temperamental," selanjutnya.


"Seorang pemimpin memang tidak sepatutnya temperamental tapi emosional tidak ada yang salah dengan itu." kata Reza.


Tidak hanya itu Reza Indragiri juga mengomentari reaksi Gibran Rakabuming yang memberi semangat kepada penduduknya waktu debat Perdana capres lalu.


"Saya pikir dalam psikologi ini istilahnya kompensatoris hidup adalah perjuangan kompensatoris artinya saya membayangkan Gibran," selanjutnya.


"Pada saat itu dalam kecemasan yang luar biasa tetapi cara dia mengkompensasinya dengan cara menampilkan perilaku ekspresif luar biasa." ujar Reza.


Yang disayangkan Reza cara Gibran yang mengekspresikan seolah-olah kepercayaan diri itu justru mengidentifikasikan Gibran melakukan perilaku yang niretik.


Mendengarnya hal itu di kesempatan yang sama Dahnil Azhar Simanjuntak sebagai justru bicara TKN Prabowo-Gibran, ikut menanggapi pertanyaan dari Reza tersebut.


Dahnil mengaku senang ada orang yang sebegitu perhatiannya kepada Gibran itu sudah membuktikan bahwa cawapres nomer urut 2 itu luar biasa.


Tapi disisi lain hal tersebut menunjukan ada underdogs mentaliti yang di sisi Gibran Rakabuming, artinya didalam rival politik meremehkan, merendahkan, nyinyir, itu jadi kekuatan anak-anak muda sekarang misalnya banyak yang meremehkan bahkan ada orang tuanya sendiri yang meremehkan.


Menurut Dahnil pada saat momentum itulah kemudian dia ingin menunjukan dirinya bahwasanya dia unggul, saya bisa melakukan lebih baik tidak seperti tuduhan underestimate itu, jadi Dahnil yakin ini adalah momentum Gibran dalam menunjukan hal tersebut. 



Sumber: Kilat

Penulis blog