Gibran Ingin Dirikan Badan Penerimaan Negara, INDEF: Langkah Yang Keliru! - DEMOCRAZY News
EKBIS

Gibran Ingin Dirikan Badan Penerimaan Negara, INDEF: Langkah Yang Keliru!

DEMOCRAZY.ID
Desember 24, 2023
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Gibran Ingin Dirikan Badan Penerimaan Negara, INDEF: Langkah Yang Keliru!

Gibran Ingin Dirikan Badan Penerimaan Negara, INDEF: Langkah Yang Keliru!


DEMOCRAZY.ID - Upaya Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka untuk mendirikan Badan Penerimaan Negara dinilai keliru oleh Ekonom Indef, Nailul Huda.


“Tentang penerimaan negara yang banyak disinggung oleh Gibran dengan cara mendirikan Badan Penerimaan Negara. Satu langkah yang keliru,” ucap Nailul, Minggu (24/12).


Pandangannya, jika Gibran ingin menaikkan penerimaan pajak dan bea cukai maka harus membenahi dulu masalah internal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan juga Bea Cukai yakni marak korupsi.


“Jika ingin menaikkan penerimaan pajak dan bea cukai tapi tidak diberesi masalah utama dari pajak ini. Pertama, korupsi masalah utama dari DJP,” jelasnya.


Menurutnya, praktik korupsi di lingkungan DJP dan Bea Cukai perlu dibereskan Gibran. 


Pasalnya, akibat dari tindak korupsi di DJP penerimaan pajak yang dominan adalah pajak yang sudah tersistem.


“Pajak Orang Pribadi masih sangat rendah,” imbuhnya.


Kedua, lanjut Nailul Huda, Badan Penerimaan Negara yang langsung di bawah presiden akan menimbulkan kekuatan yang sangat kuat dari Badan tersebut.


“Sekarang di bawah Kemenkeu plus ada BPK saja mereka masih bisa “bermain” apalagi nanti jadi badan sendiri?” tanyanya.


Nailul malah mengapresiasi Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar yang bakal mengimplementasikan pajak bagi orang kaya.


“Sangat menarik jika melihat pernyataan Cak Imin mengenai pajak untuk orang kaya yang apabila diimplementasikan dalam program “Wealth Tax” itu sangat bagus sekali. Masalah penerimaan pajak yang kurang plus redistribusi kekayaan sekaligus,” tutupnya. 


Diketahui, Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berjanji akan mendirikan Badan Penerimaan Negara jika kelak terpilih dalam Pilpres 2024.


Pernyataan itu diungkapkan Gibran saat Debat Pertama Cawapres. Gibran juga mengatakan Badan Penerimaan Negara itu akan dipimpin langsung oleh Presiden RI.


"Kita ke depan harus bisa menambah penerimaan negara. Untuk itu, kami dari paslon 2 akan membentuk lembaga Badan Penerimaan Negara yang dikomandoi langsung oleh presiden," ujar Gibran di JCC Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (22/12).


"Sehingga nanti ketika berkoordinasi dengan kementerian-kementerian, ini bisa menjadi lebih luwes," lanjutnya.


Dalam kesempatan itu, Gibran menegaskan pentingnya memprioritasikan penerimaan negara. 


Ia mengatakan penerimaan negara nantinya dapat dimanfaatkan untuk sektor pendidikan, kesehatan, dan sektor lainnya.


Gibran juga mengatakan bahwa ia bersama Prabowo akan menaikkan rasio pajak demi menambah penerimaan negara.


"Sekali lagi, kami ingin menaikkan rasio pajak, sehingga penerimaan negara nanti bisa kita gunakan untuk pendidikan, kesehatan, dan lain-lain," lanjut Gibran. [Democrazy/RMOL]

Penulis blog