Klaim Kuasai Debat KPU, Gibran Sesumbar: Hanya Saya Yang Punya Pengalaman Mengikuti Debat Resmi! - DEMOCRAZY News
POLITIK

Klaim Kuasai Debat KPU, Gibran Sesumbar: Hanya Saya Yang Punya Pengalaman Mengikuti Debat Resmi!

DEMOCRAZY.ID
Desember 24, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Klaim Kuasai Debat KPU, Gibran Sesumbar: Hanya Saya Yang Punya Pengalaman Mengikuti Debat Resmi!

Klaim Kuasai Debat KPU, Gibran Sesumbar: Hanya Saya Yang Punya Pengalaman Mengikuti Debat Resmi!


DEMOCRAZY.ID - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengomentari jalannya debat bidang ekonomi yang digelar Komisi Pemilihan Umum di JCC, Jakarta Jumat (22/12) lalu. 


Gibran menyebut banyak pendukungnya yang khawatir atas debat kemarin karena dikenal dengan sosok yang irit bicara. 


Padahal, menurut Gibran, dari tiga kontestan, hanya dia lah yang pernah mengikuti debat resmi ketika maju sebagai Wali Kota Solo. 


"Saya mengerti formatnya, sudah ngerti triknya, cara menyanggah, ngerti cara menjawab, ngerti cara bertanya. Bapak ibu enggak perlu takut, jadi semuanya framing-framing media," ujar Gibran di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (23/12)


Kendati demikian, Gibran tetap meminta kepada para pendukungnya untuk terus bekerja keras membantu memenangkannya dalam kontestasi politik mendatang.


"Bapak ibu juga jangan terpengaruh dengan berita-berita negatif di internet. Mungkin banyak yang was-was, takut, saya debat," ujar Gibran.


Miliki Latar Belakang Ekonomi dan Bisnis Jadi Poin Penampilan Apik Gibran Belenggu Lawan Debat


Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Ferry Latuhihin mengungkap penampilan apik dari Gibran pada perhelatan debat perdana Cawapres 2024 kemarin.


Hal itu diungkapkan Ferry dalam kegiatan Diskusi Evaluasi Debat Cawapres bertajuk Rumus Kemajuan Ekonomi ala Prabowo-Gibran di TKN Fanta HQ, Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (23/12/2023)


"Gibran dengan begitu lincahnya, dengan begitu cerdas dan lugasnya memaparkan visi-misinya. Dengan cantiknya merespons pertanyaan-pertanyaan dan menjawabnya juga sangat tajam," kata Ferry di lokasi.


Ferry menuturkan Gibran memiliki latar belakang sebagai pelaku ekonomi dan bisnis selain menjabat Wali Kota Solo.


Karenanya, Gibran dapat memberi penampilan apik dalam perhelatan debat perdana Cawapres dengan paparan dan pertanyaan yang dikuasainya.


"Karena latar belakang Gibran itu ekonomi dan bisnis. Kalaupun Mas Gibran itu angkatan milenial yang usia 30-35 itu otaknya beda dengan angkatan baby boomers. Angkatan baby boomers itu angkatan Cak Imin dan Mahfud," kata Ferry.


"Mereka lebih paham atau orientasinya lebih ke arah bisnis sehingga kita lihat generasi baby boomers yang menjadi lawan Mas Gibran itu keteteran," sambungnya.


Media Asing Sorot Kepiawaian Gibran Dominasi Panggung Debat Cawapres


Beberapa media asing menyorot penampilan Gibran Rakabuming Raka, cawapres nomor urut 2 yang dinilai menguasai dan mendominasi panggung debat cawapres yang diselenggarakan oleh KPU di Jakarta Convention Center, Jumat malam (22/12/2023).


Media asing itu diantaranya, Al Jazeera, yang menyorot putra sulung Presiden Jokowi ini berhasil melenyapkan stigma tak berpengalaman dan nepotisme yang selama ini dilekatkan padanya.


“Saat calon wakil presiden (Gibran) tampil di panggung debat kedua yang disiarkan televisi pada hari Jumat, semua mata tertuju pada Gibran Rakabuming Raka yang mungkin merupakan calon wakil presiden paling kontroversial dalam sejarah Indonesia,” dikutip dari Al Jazeera.


Terlebih, Gibran berhasil menjadi sorotan mata para penonton untuk mendominasi panggung debat saat berhadapan dengan lawan politiknya Cawapres Muhaimin Iskandar dan Muhaimin Iskandar.


“Gibran menolak tuduhan kurangnya pengalaman dan nepotisme putra presiden indonesia saat ini Joko Widodo, yang berusia 36 tahun mendominasi panggung meskipun menghadapi kandidat yang lebih berpengalaman,” kutip Al Jazeera.


Kemudian, media asing lainnya yakni Nikkei juga turut menyorot keberhasilan Gibran dalam melakukan Debat Cawapres lantaran Gibran dapat menjawab pertanyaan dan menanggapi sanggahan lawan dengan singkat, padat dan jelas.


Serta, satu-satunya kandidat Cawapres yang berbicara mengenai pentingnya menyediakan dan memfasilitasi generasi muda yang lihai akan AI (Artificial Intelligence), Blockchain, Crypto hingga Perbankan Syariah. [Democrazy/TvOne]

Penulis blog