Disebut Tukang Fitnah Sama Ketua KPU, Roy Suryo Tak Terima, Bakal Ambil Langkah Hukum! - DEMOCRAZY News
HUKUM

Disebut Tukang Fitnah Sama Ketua KPU, Roy Suryo Tak Terima, Bakal Ambil Langkah Hukum!

DEMOCRAZY.ID
Desember 24, 2023
0 Komentar
Beranda
HUKUM
Disebut Tukang Fitnah Sama Ketua KPU, Roy Suryo Tak Terima, Bakal Ambil Langkah Hukum!

Disebut Tukang Fitnah Sama Ketua KPU, Roy Suryo Tak Terima, Bakal Ambil Langkah Hukum!


DEMOCRAZY.IDPakar Telematika Roy Suryo menganggap serius ucapan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang menyebut dirinya sebagai tukang fitnah terkait mikrofon cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres pekan lalu.


"Jadi itu tuduhan serius dan sedang dipertimbangkan oleh tim saya," kata Roy, Minggu (24/12).


Roy mengatakan tim hukumnya sedang mengkaji dan membahas tudingan 'tukang fitnah' dari Ketua KPU tersebut terhadapnya.


Ia mengatakan akan membuat langkah soal tudingan Ketua KPU tersebut. Namun, Roy enggan menjelaskan langkah apa yang akan dilakukannya.


"Bahwa dalam waktu dekat akan ada tindakan dari tim hukum saya, pertanyakan ketua KPU soal tuduhan tukang fitnah itu," kata dia.


Roy menjelaskan diksi 'fitnah' dan 'tukang fitnah' merupakan dua hal yang berbeda. 


Ia mengatakan diksi 'tukang' ditujukan untuk menggambarkan orang berpengalaman dan sering melakukan.


"Misal tukang kayu, tukang mebel. Orang yang biasa membuat mebel. Tukang bohong sudah sering berbohong atau ada putusan pengadilan yang mengatakan dia suka bohong," kata dia.


"Saya lagi membahas, ya, ada tim hukum saya lagi kaji ucapan tukang fitnah itu. Itu serius," tambahnya.


Polemik ini bermula ketika Roy mencuitkan soal jumlah mikrofon yang digunakan Gibran saat debat cawapres Jumat lalu. 


Ia menyebut Gibran mengenakan tiga alat yakni clip on, hand held, dan earphone.


Menurutnya, jumlah mikrofon yang digunakan Gibran berbeda dengan jumlah mikrofon yang digunakan oleh Cak Imin dan Mahfud MD. Roy pun meminta agar KPU berlaku adil kepada semua peserta debat.


"Untuk menghindari cheating, sebaiknya next KPU adil. Apa gunanya juga ada earphone ? Siapa yang bisa feeding ke telinganya? Mengapa dua calon yang lain beda?" tulis Roy dalam akun X, Jumat (22/12).


Merespons ucapan itu, Hasyim Asy'ari menyebut Roy telah menyebarkan fitnah buntut pernyataannya terkait mikrofon Gibran dalam debat Pilpres 2024 hingga membuat gaduh di media sosial.


Hasyim mengatakan debat berlangsung secara spontan, sehingga tidak ada contekan maupun bisikan yang diterima cawapres saat debat berlangsung.


"Debat spontan, enggak mungkin didikte, dengerin bisikan atau baca contekan. Roy suryo memang tukang fitnah," kata Hasyim dalam keterangannya, Minggu (24/12).


Calon presiden Ganjar Pranowo mengakui ada tiga mikrofon yang disematkan padanya saat debat capres. Hal serupa juga tersemat pada dua capres lain. 


Ganjar menyebut tiga mikrofon sengaja disematkan untuk berjaga jika salah satu mic mengalami gangguan teknis. Dia pun mengaku terkejut dengan pernyataan Roy Suryo tersebut.  [Democrazy/PojokSatu]

Penulis blog