Balaskan 'Dendam' Gaza ke Israel, Siapakah Kelompok Houthi? - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

Balaskan 'Dendam' Gaza ke Israel, Siapakah Kelompok Houthi?

DEMOCRAZY.ID
Desember 20, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Balaskan 'Dendam' Gaza ke Israel, Siapakah Kelompok Houthi?

Balaskan 'Dendam' Gaza ke Israel, Siapakah Kelompok Houthi?


DEMOCRAZY.ID - Nama kelompok Houthi akhir-akhir ini kembali menguat ke publik. Ini disebabkan langkah militan Yaman itu dalam membajak dan menyerang kapal-kapal yang memiliki kaitan dengan Israel di Laut Merah.


Dalam sebuah pengumuman terbaru, Houthi menegaskan tidak akan menghentikan serangan terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah. 


Serangan akan tetap dilakukan meskipun AS mengumumkan pasukan perlindungan maritim baru untuk melawan mereka.


"Bahkan jika Amerika berhasil memobilisasi seluruh dunia, operasi militer kami tidak akan berhenti... tidak peduli seberapa besar pengorbanan yang harus kami lakukan," Mohammed Al Bukhaiti, seorang pejabat senior Houthi, mengatakan dalam sebuah unggahan di X pada hari Selasa (19/12/2023).


"Houthi hanya akan menghentikan serangan mereka jika kejahatan Israel di Gaza berhenti dan makanan, obat-obatan dan bahan bakar diizinkan menjangkau penduduk yang terkepung."


Kelompok Houthi diyakini dipersenjatai dan dilatih oleh Iran, dan ada kekhawatiran bahwa serangan mereka dapat meningkatkan perang Israel melawan Hamas menjadi konflik regional yang lebih luas.


Siapakah Kelompok Houthi?


Balaskan 'Dendam' Gaza ke Israel, Siapakah Kelompok Houthi?


Gerakan Houthi, juga dikenal sebagai Ansarallah (Pendukung Tuhan), adalah salah satu pihak dalam perang saudara Yaman yang telah berkecamuk selama hampir satu dekade. 


Gerakan ini muncul pada tahun 1990-an, ketika pemimpinnya, Hussein Al Houthi, meluncurkan "Believing Youth," sebuah gerakan kebangkitan agama untuk sub-sekte Islam Syiah yang berusia berabad-abad yang disebut Zaidisme.


Zaidi memerintah Yaman selama berabad-abad namun terpinggirkan di bawah rezim Sunni yang berkuasa setelah perang saudara tahun 1962. 


Gerakan Al Houthi didirikan untuk mewakili Zaidi dan melawan radikal Sunni, khususnya ide-ide Wahabi dari Arab Saudi. Pengikut terdekatnya dikenal sebagai Houthi.


Mengambil Tampuk Kekuasaan


Ali Abdullah Saleh, presiden pertama Yaman setelah penyatuan Yaman Utara dan Selatan pada tahun 1990, awalnya mendukung Believing Youth. 


Namun seiring meningkatnya popularitas gerakan tersebut dan meningkatnya retorika anti-pemerintah, gerakan ini menjadi ancaman bagi Saleh.


Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika Saleh mendukung invasi Amerika Serikat ke Irak, yang ditentang oleh banyak warga Yaman.


Bagi Al Houthi, keretakan ini adalah sebuah peluang. Memanfaatkan kemarahan publik, Houthi mengorganisir demonstrasi massal. Setelah berbulan-bulan kekacauan, Saleh mengeluarkan surat perintah penangkapannya.


Al Houthi dibunuh pada bulan September 2004 oleh pasukan Yaman, namun gerakannya tetap hidup. Sayap militer Houthi tumbuh seiring dengan semakin banyaknya pejuang yang bergabung dalam perjuangan tersebut. 


Didorong oleh protes awal Musim Semi Arab pada tahun 2011, mereka menguasai provinsi utara Saada dan menyerukan diakhirinya rezim Saleh.


Penguasaan Houthi atas Yaman



Saleh setuju pada tahun 2011 untuk menyerahkan kekuasaan kepada Wakil Presidennya Abd-Rabbu Mansour Hadi, namun pemerintahan ini tidak lagi populer. 


Kelompok Houthi kembali melancarkan serangan pada tahun 2014, mengambil alih sebagian wilayah Sanaa, ibu kota Yaman, sebelum akhirnya menyerbu istana presiden pada awal tahun berikutnya.


Hadi melarikan diri ke Arab Saudi, yang melancarkan perang melawan Houthi atas permintaannya pada bulan Maret 2015. Apa yang diperkirakan akan menjadi kampanye cepat berlangsung bertahun-tahun.


Gencatan senjata akhirnya ditandatangani pada tahun 2022. Walau begitu, gencatan senjata tersebut berakhir setelah enam bulan namun pihak-pihak yang bertikai belum melakukan hal tersebut.


PBB mengatakan perang di Yaman telah berubah menjadi krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Hampir seperempat juta orang telah terbunuh selama konflik tersebut.


Sejak gencatan senjata, Houthi telah mengkonsolidasikan kendali mereka atas sebagian besar wilayah utara Yaman. 


Mereka juga mengupayakan kesepakatan dengan Saudi yang akan mengakhiri perang secara permanen dan memperkuat peran mereka sebagai penguasa negara tersebut.


Sekutu Houthi


Kelompok Houthi didukung oleh Iran, yang mulai meningkatkan bantuannya kepada kelompok tersebut pada tahun 2014 ketika perang saudara meningkat dan persaingan dengan Arab Saudi meningkat.


Iran telah memberi kelompok itu senjata dan teknologi, antara lain, ranjau laut, rudal balistik dan jelajah, serta kendaraan udara tak berawak (UAV, atau drone), menurut laporan tahun 2021 dari Pusat Studi Strategis dan Internasional.


Houthi merupakan bagian dari apa yang disebut "Poros Perlawanan" Iran, sebuah aliansi milisi regional anti-Israel dan anti-Barat yang dipimpin Iran dan didukung oleh Republik Islam.


Bersama dengan Hamas di Gaza dan Hizbullah di Lebanon, Houthi adalah salah satu dari tiga milisi terkemuka yang didukung Iran yang melancarkan serangan terhadap Israel dalam beberapa pekan terakhir.


Kekuatan Houthi



Para pejabat Amerika telah melacak peningkatan berulang dalam jangkauan, akurasi, dan tingkat mematikan rudal-rudal Houthi yang diproduksi di dalam negeri. 


Awalnya, senjata Houthi buatan dalam negeri sebagian besar dirakit dari komponen Iran yang diselundupkan ke Yaman dalam bentuk potongan.


Namun mereka telah melakukan modifikasi progresif yang menghasilkan perbaikan besar secara keseluruhan. 


Dalam perkembangan baru, Houthi telah menggunakan rudal balistik jarak menengah melawan Israel, menembakkan proyektil ke wilayah selatan Israel, Eilat, pada awal Desember, yang menurut Israel telah dicegat.


Meskipun Houthi mungkin tidak dapat menimbulkan ancaman serius bagi Israel, teknologi mereka dapat menimbulkan kekacauan di Laut Merah. Mereka telah menggunakan drone dan rudal anti-kapal untuk menargetkan kapal-kapal komersial.


Respons Dunia


Serangan-serangan tersebut mungkin dimaksudkan untuk menyeret lebih banyak negara ke dalam konflik. 


Israel telah memperingatkan bahwa mereka siap mengambil tindakan melawan Houthi jika komunitas internasional tidak melakukan hal tersebut.


Penasihat Keamanan Nasional Israel Tzachi Hanegbi mengatakan bulan ini bahwa perlu ada "pengaturan global" untuk mengatasi ancaman tersebut "karena ini adalah masalah global," merujuk pada serangan Houthi sebagai "pengepungan laut."


Seorang pejabat senior militer AS mengatakan setidaknya 12 kapal komersial dan pedagang di Laut Merah telah menjadi sasaran selama sebulan terakhir, dan menambahkan bahwa serangan tersebut berada pada skala yang belum pernah terjadi dalam "dua generasi."


Washington pada hari Senin mengumumkan satuan tugas angkatan laut multinasional baru yang terdiri dari Inggris, Bahrain, Kanada, Perancis, Norwegia dan lainnya, untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh Houthi.


Sumber: CNBC

Penulis blog