POLITIK

Bagikan Tips Menang Debat Cawapres, Rocky Optimis Gibran Bisa Bikin Lawan Tak Berkutik Jika Lakukan Ini

DEMOCRAZY.ID
Desember 18, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Bagikan Tips Menang Debat Cawapres, Rocky Optimis Gibran Bisa Bikin Lawan Tak Berkutik Jika Lakukan Ini

Bagikan Tips Menang Debat Cawapres, Rocky Optimis Gibran Bisa Bikin Lawan Tak Berkutik Jika Lakukan Ini


DEMOCRAZY.ID - Menjelang debat calon wakil presiden (cawapres), pengamat politik Rocky Gerung bagikan tips jitu untuk Gibran Rakabuming Raka agar bisa menang beradu argumen dengan dua rivalnya.


Meski publik banyak menduga Gibran akan direndahkan oleh Mahfud MD maupun Muhaimin Iskandar, namun Rocky Gerung menilai sebaliknya.


Hal ini tentu tidak lepas dari sosok Gibran yang merupakan putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).


"Saya kasih tips lah buat Gibran untuk mematahkan argumen Mahfud, jadi kalimat pertama Gibran kira-kira mesti bunyi begini, "Pak Mahfud jangan cemas karena saya tidak akan menyengsarakan Pak Mahfud"," ujar Rocky.


Terlebih lagi, jabatan Mahfud MD saat ini berada di bawah kepemimpinan Jokowi.


Maka dari itu, serangan yang dilontarkan kepada Gibran bisa menjadi senjata makan tuan untuk Mahfud MD sendiri.


"Sangat mungkin terjadi sebaliknya, Mahfud itu nggak bisa mengucapkan hal yang akan bersebrangan dengan pikiran Jokowi, karena nanti akan dikatakan oleh Gibran "Anda kritik saya, itu artinya anda mengkritik diri sendiri"," ucap Rocky.


Hal inilah yang menurut Rocky akan menjadi kesulitan bagi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam) itu.


"Jadi kesulitannya di situ, jadi teknik semacam itu yang mesti dipelajari oleh Mahfud, kalau Gibran saya kira mau di-brief apapun tetap yang akan keluar adalah standar kapasitas dia," ucapnya lagi.


Meski kapasitas Gibran dinilai minim jika disandingkan dengan kedua rivalnya, namun Rocky meyakini Wali Kota Solo itu sudah diatur sedemikian rupa untuk membuat kedua rivalnya diam tak berkutik.


"Kita jangan underestimate karena nggak mungkin gibran diem-diem aja, mungkin dia sudah di-brief data negatif campaign untuk Mahfud atau Cak Imin ABCDE, mungkin itu yang dihafal-hafalkan," tutur dia.


"Jadi nggak mungkin ada perdebatan ide, hanya ada perdebatan untuk saling menjatuhkan secara personal," sambungnya.


Lebih lanjut, mantan dosen Universitas Indonesia itu pun menyebut Gibran berpotensi besar untuk menang di debat perdananya itu.


Tentunya jika Gibran mampu melakukan tips yang diberikan Rocky yakni dengan cara mencari kesalahan-kesalahan Mahfud MD maupun Muhaimin Iskandar.


"(Potensi menangnya) besar," imbuhnya.


"Karena itu saya dorong Gibran untuk cari aja kesalahan Cak Imin dan Mahfud MD, kan cuma itu, itu yang sebetulanya akan menyelamatkan Gibran , supaya tontonannya jadi enak," terangnya. [Democrazy/Kilat]

Penulis blog