Andi Arief Anggap Debat Cawapres Pepesan Kosong: Wapres Itu Cuma Ban Serep! - DEMOCRAZY News
POLITIK

Andi Arief Anggap Debat Cawapres Pepesan Kosong: Wapres Itu Cuma Ban Serep!

DEMOCRAZY.ID
Desember 19, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Andi Arief Anggap Debat Cawapres Pepesan Kosong: Wapres Itu Cuma Ban Serep!

Andi Arief Anggap Debat Cawapres Pepesan Kosong: Wapres Itu Cuma Ban Serep!


DEMOCRAZY.ID - Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief menilai gelaran debat calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024 tak ubahnya sebagai pepesan kosong. Sebab ia menilai posisi wapres dalam pemerintahan adalah sebagai ban serep.


Pernyataan itu Andi sampaikan melalui unggahan di akun sosial media X, Selasa (19/11).


"Menurut UUD, wapres itu ban serep. Tidak punya tanda tangan kebijakan. Kalau Presiden menugaskan kewenangan itu bagian kewenangan Presiden," kata Andi.


"Debat Cawapres itu pepesan kosong," imbuhnya.


Adapun debat cawapres akan dilangsungkan pada 22 Desember. Gelaran debat akan diikuti oleh tiga cawapres yaitu dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD.


Tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.


Debat itu akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (22/12).



Prediksi Debat Cawapres, Akademisi Unpad: Menunggu Gibran Setelah Beberapa Kontroversi Saat Kampanye


Setelah debat capres cawapres pertama telah digelar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat calon wakil presiden (cawapres). Sesi debat cawapres perdana dijadwalkan pada Jumat, 22 Desember 2023.


Debat cawapres akan mengangkat tema-tema krusial terkait pembangunan ekonomi Indonesia, di antaranya investasi, ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, pajak digital, perdagangan, perkotaan, serta infrastruktur. 


Diskusi juga akan mencakup pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).


Prediksi Debat Cawapres


Para cawapres yang akan berpartisipasi dalam debat adalah Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka untuk nomor urut 2, dan Mohammad Mahfud Mahmodin atau Mahfud MD untuk nomor urut 3.


Adapun dalam debat cawapres mendatang, dosen Ilmu Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Siti Witianti memiliki pandangan tersendiri. Ia menilai bahwa Cak Imin dan Mahfud Md akan lebih siap ketimbang Gibran.


“Jika berdasarkan pengalaman politik dan birokrasi, cawapres Mahfud dan Cak Imin pasti lebih siap dalam menghadapi debat cawapres,” kata Witianti melalui pesan teks pada Kamis, 14 Desember 2023.


Dosen yang memiliki fokus pada isu partisipasi pemuda, politik lokal, dan Pemilu ini menyebut bahwa Gibran cenderung mengkhawatirkan.


“Penonton, terutama pendukung Prabowo-Gibran menurut saya justru akan khawatir dengan jawaban-jawaban dan pertanyaan yang (akan) dilontarkan Gibran, karena kesalahan-kesalahan pernyataan Gibran pada saat kampanye tatap muka dengan masyarakat sebelumnya,” ungkap Witianti.


Belum lama ini, Gibran pernah viral karena salah menyebut bahwa ibu hamil harus terpenuhi asam sulfat, padahal yang dibutuhkan adalah asam folat. 


Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara 'Diskusi Ekonomi Kreatif Bersama Mas Gibran' pada 3 Desember 2023 di Jakarta.


Gibran membahas program kerja bersama Prabowo Subianto dan menyinggung isu stunting di Indonesia. 


Pernyataan keliru tersebut kembali diutarakan dalam acara di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang pada 4 Desember 2023, saat membahas harapan pendidikan dan program untuk generasi milenial. 


Gibran menekankan pentingnya menyelesaikan masalah stunting, mengacu pada program Indonesia Emas.


Selain itu, putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut juga pernah mencuri perhatian publik akibat aksi Gibran bagi-bagi susu di car free day (CFD). 


Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Benny Sabdo menyebutkan, CFD tidak boleh dimanfaatkan untuk kampanye.


Namun Gibran membantah, “Kan tanpa alat peraga kampanye (APK),” ujar Gibran di kawasan Jalan MH Thamrin, Minggu, 10 Desember 2023.


Sederet blunder Gibran diperparah dengan sikapnya pada debat capres pertama. Gibran sebagai cawapres pasangan Prabowo Subianto kian disorot sebab memperlihatkan reaksi yang meluap ketika mendengar jawaban pasangan pemilunya.


Ketika Prabowo menjawab pertanyaan Anies perihal putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) dan menyinggung soal orang dalam, Gibran terlihat berdiri dari kursinya sembari memancing para pendukung agar lebih keras bersorak. Aksi ini menuai komentar dari banyak warganet yang menganggap perilaku Gibran kurang etis.


Pada debat cawapres mendatang, Siti Witianti menjelaskan, para capres dan cawapres harus lebih siap menghadapi pertanyaan dan serangan yang mungkin terjadi. 


Sebab para calon tentu sudah mengetahui tema-tema yang akan dibahas dalam setiap sesi debat, maka mereka beserta timnya harus sudah menyiapkan berbagai informasi dan data yang terkait dengan permasalahan strategis yang penyelesaiannya.


“Seorang pemimpin memang seringkali dituntut berpikir cepat dan tepat, begitu juga halnya dengan debat capres (dan cawapres). Ini membutuhkan kesiapan capres untuk dapat merangkum semua permasalahan dan solusinya dalam waktu singkat tersebut,” kata Witianti. [Democrazy/CNN]

Penulis blog