POLITIK

Ada Satu Cara Agar Gibran Rakabuming Berhenti Diolok-Olok Netizen, Putra Jokowi Perlu Lakukan Ini!

DEMOCRAZY.ID
Desember 26, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Ada Satu Cara Agar Gibran Rakabuming Berhenti Diolok-Olok Netizen, Putra Jokowi Perlu Lakukan Ini!

Ada Satu Cara Agar Gibran Rakabuming Berhenti Diolok-Olok Netizen, Putra Jokowi Perlu Lakukan Ini!


DEMOCRAZY.ID - Rocky Gerung menilai, Gibran Rakabuming akan terus menjadi bahan olok-olok netizen jika tidak membuktikan dirinya sendiri.


Hal ini berkaitan dengan debat cawapres Gibran Rakabuming yang dicurigai curang oleh sejumlah warganet.


Cara Gibran Rakabuming menjadi cawapres yang melibatkan kontroversi pengobrak-abrikan konstitusi membuat rakyat sulit menaruh percaya padanya.


Rocky Gerung menilai, kecurigaan itu semakin besar setelah netizen menemukan materi debat cawapres Gibran Rakabuming tak seluruhnya benar, meskipun ia menguasai panggung.


"Kecurigaan berdasarkan dugaan itu akhirnya ditemukan oleh netizen, lalu dipastikan Gibran waktu di panggung menang, tapi sehari kemudian kalah lagi karena dibongkar data-datanya," kata Rocky Gerung di kanal YouTubenya, dikutip pada Selasa, 26 Desember 2023.


Hersubeno Arief lantas menyentil gagasan Gibran Rakabuming soal hilirisasi digital, yang menurutnya tidak dibutuhkan oleh petani Indonesia.


"Termasuk hilirasi digital itu ya apa urusannya itu dengan petani-petani kita," sebut dia.


Menurut Rocky, Gibran Rakabuming ingin terlihat pintar hingga tak sadar bahwa banyak logika yang keliru dalam penyampaiannya saat debat cawapres.


"Istilahnya Gibran ingin pamer kalau dia tahu semua tuh. Bahaya dari pidentik ini orang dengan mudah menemukan logika terbalik. Orang yang ingin pamer pengetahuan musti hati-hati juga dengan logikanya," tegas Rocky.


Apalagi kragu-raguan masyarakat soal kemurnian debat cawapres yang dilakukan Gibran masih menjadi perdebatan.


Lebih lanjut, Rocky Gerung menilai untuk membuktikan keotentikan dalam berdebat, Gibran perlu terlibat dalam adu gagasan di kampus-kampus dengan metode seperti small group discussion (SGD).


Ia yakin diskusi di kampus bisa memulihkan nama Gibran dari bahan olok-olok, sebab diskusi kampus cenderung tidak bisa dimanipulasi.


Bukan itu saja, Rocky Gerung juga menyarankan KPU untuk memfasilitasi para paslon berdebat di kampus.


"Justru di situ yang paling jujur, orang nggak bisa bohong di situ," tegasnya.


Rocky juga mengimbau kepada Gibran untuk berani dan siap berdebat di forum mana pun, agar ia tidak terus-terusan menjadi bahan olok-olok netizen.


"Untuk fairness, daripada Gibran kena gibah terus kena kecurigaan terus mending Gibran bilang bersedia dikalibrasi di forum manapun, kan lebih fair," tandas Rocky. [Democrazy/Kilat]

Penulis blog