Israel Paling Takut Sama Negara Ini, Auto Tak Berkutik! - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

Israel Paling Takut Sama Negara Ini, Auto Tak Berkutik!

DEMOCRAZY.ID
November 19, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Israel Paling Takut Sama Negara Ini, Auto Tak Berkutik!



DEMOCRAZY.ID - Israel terus menerus membombardir Jalur Gaza dan banyak masyarakat Palestina yang menjadi korbannya.


Sebenarnya, sampai kapan perang antara Israel dengan Hamas akan berakhir? Apakah ada negara yang ditakuti oleh Israel?


Ternyata ada loh beberapa negara yang lumayan ditakuti oleh Israel karena negara-negara tersebut sangat mengecam zionis sebagai musuh.


Melansir dari laman Defece Street, berikut 5 negara yang ditakuti oleh Israel:


1. Iran


Konflik Iran-Israel awalnya terjadi pada tahun 1947 karena Iran menjadi satu-satunya negara yang tidak mengakui keberadaan Israel ke PBB pada tahun 1949.


Terlebih pemimpin t ertinggi Khomeini menyebut bahwa Israel sebagai musuh dari umat Islam.


Israel bahkan sampai memberhentikan semua aspek hubungan diplomatik dengan Iran karena Iran tak mau mengakui legitimasi Israel.


2. Mesir


Negara Mesir menjadi salah satu negara yang ditakuti oleh Israel karena mereka secara tegas menolak pembentukan negara berdaulat Israel di wilayah Palestina pada tahun 1948.


Apalagi pernah terjadi konflik antara Mesir dengan Israel yang dimulai dari Perang Israel-Arab pada tahun 1948, 1956, dan 1967.


Akibat perang itu menimbulkan adanya sengketa wilayah dan berujung pada konflik politik.


Akan tetapi Mesir dan Israel kini sudah mulai memperbaiki hubungannya sejak tahun 1079 pasca menandatangani perjanjian perdamaian.


Isi dari perjanjian itu adalah menjalin hubungan diplomatik dan menormalisasi hubungan ekonomi dan budaya.


Meski demikian Mesir dan Israel masih sering menghadapi tantangan selama ingin menjaga kestabilan hubungan.


Apalagi penjajahan Israel atas Palestina dan geopolitik regional menimbulkan adanya konflik antara kedua negara.


3. Pakistan


Pakistan dulu sempat enggan mengakui legitimasi Israel pada tahun 1947 hingga pada akhirnya sentimen anti-Israel berkembang di Pakistan.


Bahkan sentimen anti-Israel itu sampai ke telinga dari kalangan partai politik besar dan kecil di Pakistan. Apalagi Pakistan ogah mengakui keberdaulatan Israel di PBB.


Selain itu ada laporan bahwa Israel ditolak mengikuti program senjata nuklir di Pakistan yang dimulai pada tahun 1970an.


Ada operasi rahasia dari Badan intelijen Israel, Mossad demi memperlambat pengembangan nuklir Pakistan.


Israel ingin adanya bantuan datang dari India sebagai landasan peluncuran jet tempur pasca Israel diduga menyerang pangkalan nuklir Kahuta di Pakistan pada 1980.


4. Yordania


Pemberontakan Arab Spring pada tahun 2011 menjadi awal dari adanya konflik Israel dan Yordania.


Israel merasa tidak suka karena Yodrania mengakui kedaulatan atas daerah Enklave Naharayim yang dikuasai kedua negara selama 25 tahun.


5. Turki


Dulu hubungan Israel dengan Turki memang baik-baik saja karena Turki menjadi negara Muslim pertama yang menyepakati adanya hubungan luar negeri pertama dengan Israel, seperti hubungan militer, keuangan, dan diplomatik.


Akan tetapi hubungan kedua negara merenggang lantraran Turki dengan tegas mengecam adanya serangan militer Israel di Jalur Gaza, Operasi Cast Lead pada tahun 2007.


Konflik semakin memanas ketika ada 9 warga Turki dibunuh pasukan Israel saat hendak menaiki armada yang mencoba mendobrak blokade Gaza.


Sejak saat itu Presiden Turki Erdogan menganggap Israel sebagai negara teroris hingga hubungan diplomatik dan militer Turki dan Israel mulai menurun pada tahun 2011.


Sumber: DW

Penulis blog